12 December 2017

Ini Manfaat Berolahraga saat Haid

Ini Manfaat Berolahraga saat Haid

Halodoc, Jakarta - Saat menstruasi alias haid, terjadi perubahan kadar hormon pada tubuh wanita. Hal ini menyebabkan munculnya gejala seperti rasa lelah, lemas dan pusing bahkan nyeri di sekitar perut dan payudara. Kondisi tersebut pun sering dijadikan alasan kebanyakan wanita untuk menghindari beraktivitas berat, termasuk berolahraga saat haid.

Kebanyakan mereka beranggapan bahwa aktivitas fisik yang tinggi dapat memperparah nyeri haid. Selain itu, rasa lemas dan pusing mungkin benar-benar telah menghilangkan minat untuk berolahraga. Padahal berolahraga adalah hal yang penting untuk dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Mengutip Women’s Health, seorang ahli bernama Greg Justice menyebut berolahraga selama periode datang bulan malah bisa membuat nyeri haid mereda. Hal ini juga bisa membuat kamu merasa lebih nyaman. Sebab berolahraga dapat mengurangi rasa nyeri, perasaan cemas, hingga pusing yang mengganggu. Tak berhenti di situ, berolahraga saat haid juga punya banyak manfaat lain, lho. Mau tahu apa saja?

       1. Meredakan Kram Perut

Nyeri dan kram di sekitar perut adalah satu gejala yang paling sering terjadi saat haid. Namun bukan berarti kamu harus berhenti beraktivitas saat mengalami hal ini. Sebab sebuah penelitian menyebut bahwa berolahraga justru bisa membuat kamu terhindar dari kram perut. Menurut penelitian itu, wanita haid cenderung akan merasa lebih baik saat bergerak.

Seorang ahli fisiologi olahraga, Stacy Sims, PhD, mengatakan bahwa semakin aktif tubuh bergerak, maka rasa nyeri akan semakin berkurang. Bergerak saat datang bulan dapat membantu kamu melewati masa haid dengan baik dan mengurangi kram perut. Namun tetap perlu memperhatikan gerakan, dan membatasinya agar tidak berlebihan.

       2. Lebih Bahagia

Perubahan suasana hati atau mood secara tiba-tiba saat haid adalah hal yang biasa. Ternyata, berolahraga bisa jadi satu cara untuk menghindari mood swing, lho. Alhasil, mood akan lebih terjaga dan membuat kamu lebih bahagia.

Sebab saat berolahraga tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang dapat meningkatkan mood. Berolahraga juga dapat membuat pikiran teralihkan dari rasa nyeri dan perasaan tidak nyaman yang terjadi selama haid. Studi terbaru menunjukkan rutin berolahraga dalam jangka panjang dapat membuat tubuh lebih bugar dan lebih sedikit mengalami gejala PMS setiap bulannya.

       3. Menjaga Suhu Tubuh

Saat menstruasi, tubuh akan mengalami penurunan suhu. Dan rutin berolahraga selagi haid bisa membantu menjaga keseimbangan suhu tubuh. Menurut Sims, tetap berolahraga selama masa haid dapat membantu tubuh menyimpan panas lebih lama.

Hal ini dapat mencegah tubuh semakin terasa lemas dan tak bertenaga saat haid. Karena penurunan suhu tubuh secara drastis tentunya tak akan terjadi.

       4. Haid Lebih Lancar

Nyatanya melakukan olahraga dan aktivitas fisik dapat melancarkan aliran darah dalam tubuh. Dan hal itu juga berlaku saat kamu datang bulan. Penelitian telah mengkonfirmasi fakta di balik olahraga dan kelancaran siklus haid.

Rutin berolahraga secukupnya saat haid akan mengurangi masalah sirkulasi darah, seperti kemacetan di sekitar panggul. Berolahraga dan berkeringat pun dapat benar-benar meredakan nyeri dan memberi efek tenang pada tubuh.

Namun tentu saja perlu untuk memperhatikan jenis-jenis olahraga yang dilakukan selama haid. Yang harus diingat adalah untuk tidak memaksakan diri, dan beristirahatlah jika memang benar-benar lemas. Pilihlah jenis olahraga yang cenderung ringan sepertin berjalan kaki atau lari yang tidak terlalu banyak melibatkan otot, namun tetap menyehatkan.

Jika ragu dan butuh saran ahli, kamu bisa menanyakan seputar olahraga sehat selama haid pada dokter lewat aplikasi Halodoc. Menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat di Halodoc sangat mudah di mana saja dan kapan saja. Kamu juga bisa membeli produk kesehatan dan pesanan akan diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Biar lebih sehat, ayo download Halodoc sekarang!