30 October 2017

Ini Pentingnya Pemanasan Sebelum Olahraga

Ini Pentingnya Pemanasan Sebelum Olahraga

Halodoc, Jakarta – Kamu mungkin pernah berpikir untuk apa melakukan pemanasan sebelum olahraga, padahal tubuh kita bisa langsung melakukan olahraga. Tapi ternyata pemanasan sebelum berolahraga sangat penting lho. Tidak peduli seberapa terampilnya kamu berolahraga, tubuh tetap perlu menyesuaikan diri sebelum melakukan aktivitas yang lebih berat daripada biasanya. Berikut manfaat-manfaat yang bisa kamu dapatkan dari melakukan pemanasan sebelum berolaharaga.

Pemanasan penting untuk dilakukan sebelum berolahraga, agar tubuh tidak kaget saat melakukan aktivitas fisik yang berat. Bayangkan otot yang masih dalam kondisi dingin dan rileks, tiba-tiba digunakan untuk berlari kencang. Ototpun akan kaget dan bisa menyebabkan cedera ringan atau bahkan kram. Otot yang kram akan terasa sakit, tertarik, dan terjepit, sehingga membuat kegiatan olahragamu menjadi terhambat. Karena itu, lakukan pemanasan terlebih dahulu selama 10-15 menit sebelum berolahraga untuk mendapatkan manfaatnya berikut:

  • Mencegah Risiko Cedera

Otot yang sudah menjalani pemanasan akan menjadi lebih lentur dan tidak kaku lagi, sehingga ketika melakukan gerakan-gerakan olahraga yang cukup ekstrem, seperti mengangkat beban berat atau melakukan tendangan tinggi, kamu akan terhindar dari potensi otot kram, cedera, atau bahkan sobek. Otot sobek merupakan cedera serius yang sangat menyakitkan dan membutuhkan proses pemulihan yang cukup lama.  

  • Memperlancar Peredaran Darah

Melakukan pemanasan juga dapat membuat aliran darah menjadi lebih lancar dan suplai oksigen dapat tersebar dengan baik ke seluruh tubuh, sehingga meningkatkan performa kamu dalam berolahraga.  

  • Menjaga Kesehatan Tulang Dan Persendian

Selain menjaga agar otot tidak kram, pemanasan juga dapat menjaga tulang dan persendian kamu agar terhindar dari risiko cedera pada saat berolahraga. Pemanasan membantu meningkatkan cairan yang berguna untuk melumasi persendian, sehingga membuat sendi-sendi lebih licin dan fleksibel. Jadi, kamu akan terhindar dari risiko korosi dan sendi terkunci selama latihan. Jika kamu akan melakukan olahraga yang banyak menggunakan lutut, seperti lari dan squat, pemanasan wajib dilakukan.

  • Mengurangi Asam Laktat Pada Tubuh

Kegiatan olahraga dapat meningkatkan asam laktat dalam tubuh. Asam laktat yang terlalu banyak akan tertimbun di dalam darah dan otot. Walaupun tidak berbahaya, penumpukan asam laktat dapat menyebabkan nyeri otot dan membuat kamu merasa tidak nyaman selama berolahraga. Melakukan pemanasan sebelum berolahraga dan pendinginan sesudah berolahraga dapat mengurangi kadar asam lakat di dalam tubuh.

  • Meningkatkan Mental dan Fokus

Pemanasan juga sangat baik untuk meningkatkan kondisi mental dan fokus kamu, agar dapat berolahraga dengan maksimal, sehingga dapat meningkatkan teknik dan keterampilan. Ketika melakukan pemanasan, fisik dan pikiran kita akan menjadi lebih rileks dan tenang. Kondisi yang rileks akan membuat mental dan fokus kamu lebih terjaga. 


Kegiatan olahraga dapat mengakibatkan risiko ringan sampai serius pada tubuh, jadi pemanasan sebelum olahraga sangat penting untuk dilakukan. Jika kamu mengalami cedera pada saat berolahraga dan rasa sakitnya tidak kunjung hilang, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.  Kini kamu bisa menghubungi dokter dan meminta saran kesehatan melalui aplikasi Halodoc. Caranya sangat praktis, melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa berdiskusi dengan dokter kapan saja dan di mana saja. Kamu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan di Halodoc. Tinggal order dan pesanan kamu akan diantar dalam satu jam. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.