02 November 2018

Ini Penyebab Sakit Perut Bawah Sebelah Kiri pada Wanita

Ini Penyebab Sakit Perut Bawah Sebelah Kiri pada Wanita

Halodoc, Jakarta - Semua orang pasti pernah mengalami sakit perut, karena ini menjadi gejala paling umum dari sebagian besar penyakit. Namun, sakit perut yang dirasakan ini beragam, seperti sakit biasa, nyeri, hingga terasa seperti melilit. Tentu saja, gambaran ini kurang spesifik untuk menegaskan yang sebenarnya sedang kamu alami.

Oleh karena itu, dokter biasanya mempersempit dugaan penyebab sakit perut yang kamu rasakan dengan melihat dari letak sakit yang kamu alami. Sakit perut bawah sebelah kiri menjadi lokasi paling umum yang sering dialami oleh wanita. Lalu, apa saja sebenarnya yang menyebabkan terjadi sakit perut pada bagian ini?

  • Sakit Ginjal

Sakit ginjal yang paling sering terjadi adalah batu ginjal, yang disebabkan karena asam urat atau kadar kalium dalam darah yang terlalu tinggi. Meski begitu, dehidrasi bisa menyebabkan kamu mengalami gangguan kesehatan ini. Gejala yang bisa terlihat adalah mual, demam, muntah, sakit pada bagian paha dan nyeri pada perut bagian bawah.

  • Hernia

Sakit perut bawah sebelah kiri bisa menjadi indikasi bahwa kamu mengalami hernia. Penyakit ini terjadi ketika jaringan lunak menonjol keluar hingga menembus bagian tubuh lain yang lemah. Hernia ada dua jenis, yaitu hernia inguinalis yang terjadi ketika jaringan merobek bagian bawah dinding perut pada lipatan paha.

Lalu, hernia hiatal yang terjadi ketika jaringan lunak menusuk atau merobek diafragma. Tonjolan ini menimbulkan rasa sakit yang cukup mengganggu, terlebih jika kamu terbatuk, mengangkat benda berat, atau ketika kamu membungkuk. Meski tidak berbahaya, kondisi ini tetap perlu penanganan untuk mengurangi komplikasi. Biasanya, dokter akan menganjurkan tindakan operasi.

  • Ulcerative Colitis

Ulcerative Colitis (UC) adalah gangguan kesehatan yang menyebabkan terjadinya peradangan pada saluran pencernaan bagian dinding. Selain sakit perut bawah sebelah kiri, UC ditandai dengan gejala berupa diare dengan feses berdarah dan mengeluarkan lendir, demam, dan penurunan berat badan. Penyakit ini bisa menimbulkan komplikasi yang membahayakan jiwa, sehingga harus segera ditangani.

  • Kehamilan Ektopik

Embrio yang tertanam pada bagian luar rahim bisa disebut dengan kehamilan ektopik. Posisi embrio biasanya tertanam di saluran penghubung tuba falopi dan leher rahim. Oleh dokter, kehamilan ini dikategorikan sebagai kehamilan yang tak layak dan berisiko. Tak hanya sakit pada perut bawah, ibu yang mengalami kehamilan ektopik mengalami gejala seperti mual, nyeri punggung bawah, hingga perdarahan pada vagina yang sifatnya abnormal.

  • Kista Indung Rahim

Kista terjadi ketika ada pertumbuhan tumor yang sifatnya jinak pada permukaan indung rahim. Meski sebagian besar kasus kista bisa sembuh tanpa pengobatan dalam jangka waktu beberapa bulan, ketika pecah kista menimbulkan dampak nyeri yang cukup mengganggu kenyamanan. Jika terjadi, kamu harus segera mendapatkan penanganan.

Itu tadi beberapa penyebab mengapa wanita sering mengalami sakit perut bawah sebelah kiri. Apabila kamu mengalaminya dan tidak tahu penyakit apa yang mungkin menyerang, kamu bisa menanyakan langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc, yang bisa kamu download melalui App Store dan Play Store. Yuk, pakai Halodoc!

 

Baca juga: