07 September 2018

Ini Perbedaan Antara Komedo dan Jerawat

komedo dan jerawat, mengatasi komedo dan jerawat, penyebab masalah kulit wajah, komedo, jerawat

Halodoc, Jakarta – Membicarakan masalah kesehatan kulit, ternyata komedo dan jerawat adalah masalah kesehatan kulit wajah yang sering ditemui oleh wanita. Terkadang, salah melakukan pengobatan malah berdampak lebih buruk lagi pada wajah.

Komedo dan jerawat bisa tumbuh di mana saja pada bagian tubuh kamu. Namun, jika komedo dan jerawat tumbuh pada bagian wajah kamu, akan sangat mengganggu. Kamu perlu tahu lebih banyak mengenai perbedaan komedo dan jerawat, sehingga kamu bisa melakukan penanganan dengan baik. Tentu dengan penanganan yang baik, kulit tubuh kamu bisa kembali cerah dan terawat.

Perbedaan Komedo dan Jerawat

Komedo adalah benjolan kecil pada wajah yang berwarna hitam. Komedo nyatanya juga masuk dalam kategori jerawat meskipun masih dalam tahap yang sangat ringan. Tidak hanya pada bagian hidung saja, nyatanya komedo juga bisa muncul di bagian tubuh kamu yang lain. Misalnya seperti leher, punggung, dada, dan lengan. Komedo sendiri terbagi dalam beberapa jenis, yaitu komedo hitam, komedo putih, mikrokomedo, makrokomedo, dan komedo raksasa.

Jerawat adalah peradangan yang terjadi pada kulit akibat adanya penyumbatan pada folikel rambut yang disebabkan oleh kulit mati atau minyak. Sama seperti komedo, jerawat juga bisa muncul di bagian tubuh kamu yang lain, khususnya di bagian tubuh yang memiliki banyak komedo. Salah penanganan pada komedo nyatanya bisa menyebabkan peradangan yang lebih parah dan menjadikan komedo sebagai jerawat. Jerawat sendiri juga memiliki beberapa jenis seperti papul, pustul, nodul, dan jerawat kistik.

Penyebab Komedo dan Jerawat

Tentu kedua masalah kulit ini memiliki penyebab yang berbeda. Komedo muncul akibat banyaknya kotoran yang masuk dalam pori-pori kulit dan terjadi penyumbatan. Komedo muncul tidak hanya akibat dari debu polusi saja, sisa makeup yang tidak dibersihkan dengan baik juga akan menumpuk dan menyebabkan komedo.

Supaya terhindar dari komedo dan jerawat, kebersihan tubuh juga perlu dijaga. Sebaiknya saat mandi, kamu harus benar-benar membersihkan tubuh kamu dari sisa sabun atau sampo. Hal ini untuk menghindari sisa sabun dan sampo menjadi komedo pada bagian tubuh kamu yang lain.

Jerawat bisa muncul karena disebabkan oleh penyumbatan folikel rambut yang disebabkan oleh kulit mati, kotoran, sebum, dan minyak berlebih pada wajah kamu. Penyumbatan akan meradang karena adanya infeksi dari bakteri. Komedo bisa menjadi salah satu faktor penyumbatan pada folikel rambut. Sebaiknya bersihkan bagian wajah dan tubuh dengan baik agar kesehatannya selalu terjaga.

Cara Mengatasi Komedo dan Jerawat pada Tubuh

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan kulit kamu dan menghindarkan kamu dari beberapa masalah kulit, seperti komedo dan jerawat. Berikut adalah cara untuk mengatasi masalah kulit seperti komedo dan jerawat:

  1. Jangan lupa untuk membersihkan wajah setiap berkegiatan, apalagi jika kamu menggunakan makeup. Sebaiknya bersihkan wajah dengan benar dan pastikan tidak ada sisa makeup yang tertinggal pada wajah maupun bagian tubuh kamu yang lain.
  2. Kurangi makanan yang memiliki minyak karena bisa menambah produksi minyak pada tubuh kamu, khususnya wajah.
  3. Menjaga kebersihan rambut juga baik dilakukan untuk menghindari komedo dan jerawat pada bagian wajah.
  4. Lakukan perawatan kulit seperti masker wajah maupun tubuh kamu.
  5. Banyak mengonsumsi air putih dan juga makanan sehat yang banyak mengandung vitamin E agar kulit kamu tetap terjaga kesehatannya.

Jika kamu memiliki masalah pada kesehatan kulit, kamu bisa bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: