Ini Perbedaan Jenis Kolesterol yang Harus Diketahui

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Ini Perbedaan Jenis Kolesterol yang Harus Diketahui

Halodoc, Jakarta - Saat mendengar kata 'Kolesterol', banyak orang yang langsung menganggap apabila zat tersebut identik dengan dampak buruk pada tubuh. Padahal, kolesterol adalah salah satu zat yang dibutuhkan agar tubuh dapat melakukan proses metabolisme. Dengan begitu, kamu dapat menjaga kesehatan tubuh tetap normal.

Memang, tubuh membutuhkan kadar kolesterol, tetapi dalam jumlah yang terbilang terbatas. Semua orang di dalam tubuhnya telah memproduksi kolesterol sendiri, tetapi dapat berlebih karena konsumsi makanan sehari-hari yang masuk ke tubuh. Walau begitu, terdapat beberapa jenis kolesterol yang berada di dalam tubuh. Berikut bahasannya!

Baca juga: Ini Kadar Kolesterol yang Sehat Secara Medis

Perbedaan Jenis-Jenis Kolesterol pada Tubuh

Banyak makanan yang kamu konsumsi telah mengandung kolesterol, sehingga bertumpuk di dalam tubuh. Beberapa makanan yang merupakan sumber kolesterol adalah kuning telur, makanan laut, dan makanan yang terbuat dari bahan dasar susu. Maka dari itu, membatasi konsumsi jenis makanan tersebut dapat berdampak baik bagi tubuh.

Kandungan kolesterol pada tubuh tidak dapat larut di dalam air, sehingga harus digabungkan dengan lemak dan protein terlebih dahulu. Ketika telah bergabung, hal tersebut disebut juga dengan lipoprotein. Jenis kolesterol dapat berbeda-beda dibagi berdasarkan ciri-ciri yang berbeda. Berikut beberapa jenis kolesterol yang terdapat di dalam tubuh setiap orang:

  1. LDL

Salah satu jenis kolesterol yang berada di dalam tubuh adalah Low Density Lipoprotein atau LDL. Zat ini terdiri dari lemak dan hanya mengandung sedikit protein. LDL berfungsi untuk mengangkut kolesterol pada tubuh ke dalam darah dan akan diserap oleh sel-sel tubuh agar dapat memproduksi hormon dan sel-sel tubuh.

Kandungan LDL disebut juga dengan "kolesterol jahat" karena terjadinya penimbunan lemak pada pembuluh darah. Hal tersebut karena tidak semua kandungannya diperlukan sehingga sisanya akan dibuang ke darah. Maka dari itu, penumpukan akan terjadi dan dapat menyebabkan timbulnya radang dan munculnya plak. Penumpukan plak akan berbahaya bagi tubuh.

  1. HDL

Jenis kolesterol lainnya yang terdapat pada tubuh adalah High Density Lipoprotein atau HDL. Kebalikan dari LDL, kolesterol ini termasuk dalam jenis yang baik. Hal tersebut karena kandungannya yang terdiri atas protein dan sedikit lemak. Zat ini juga terbilang stabil sehingga tidak mudah menggumpal dan menyebabkan gangguan.

Jenis kolesterol ini juga dapat memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh LDL. Kolesterol baik ini dapat berperan sebagai "pembersih", yaitu menghilangkan kandungan LDL pada darah yang menyebar untuk dibuang ke hati. Maka dari itu, penimbunan pada dinding arteri akan menurun drastis apabila kadar HDL semakin banyak di dalam tubuh.

Kamu harus menjaga jenis kolesterol yang buruk pada tubuh sangat penting untuk kesehatanmu. Cara lain untuk memastikannya adalah dengan berdiskusi dengan dokter dari Halodoc. Caranya terbilang mudah, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc dari Apps Store atau Play Store di smartphone yang kamu gunakan!

Baca juga: Ketahui 6 Penyebab Kolesterol Tinggi

Cara Mencegah Kolesterol Terlalu Tinggi pada Tubuh

Sangat penting untuk menjaga tubuh kamu dari penumpukan kolesterol, terutama dari jenis kolesterol yang jahat. Dengan begitu, kamu dapat menjaga darah tetap bersih dari penumpukan plak yang dapat menimbulkan komplikasi berbahaya. Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan agar menjaga tubuh kamu tetap sehat:

  1. Berolahraga Secara Rutin

Salah satu cara menjaga tubuh untuk mencapai kadar kolesterol yang seimbang adalah dengan berolahraga secara rutin. Kamu disarankan untuk berolahraga paling tidak 30 menit setiap hari. Hal tersebut karena dengan olahraga, jenis kolesterol LDL akan menurun drastis dan meningkatkan kadar HDL yang menyehatkan.

Kamu juga dapat menurunkan berat badan yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol berlebih. Jika kamu mempunyai berat badan yang berlebih, kamu tidak harus langsung mencapai berat badan ideal. Paling tidak turunkan sekitar 5 hingga 10 persen dari berat tubuh agar berdampak baik bagi penurunan jenis kolesterol yang jahat.

Baca juga: Punya Kolesterol Tinggi, Atasi dengan Cara Ini

  1. Mengonsumsi Makanan yang Sehat

Hal lainnya yang dapat kamu lakukan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Cobalah untuk mengurangi konsumsi jumlah lemak jenuh pada tubuh yang dapat berubah menjadi kolesterol. Hal tersebut terdapat pada susu dan daging berlemak. Maka dari itu, hindari dua makanan tersebut dan perbanyak konsumsi buah dan sayuran.

Referensi:
Health Line. Diakses pada 2019. Facts About LDL: The Bad Kind of Cholesterol
National Jewish Health. Diakses pada 2019. High Cholesterol: Types