15 March 2019

Ini Pola Makan Sehat Bagi Pengidap Pankreatitis Kronis

Ini Pola Makan Sehat Bagi Pengidap Pankreatitis Kronis

Halodoc, Jakarta – Memerhatikan dan mengatur pola makan adalah hal yang harus dilakukan pengidap penyakit pankreatitis kronis. Sebab, pola makan yang tepat bisa membantu mengontrol gejala dan mencegah penyakit ini menjadi lebih buruk. Apa sebenarnya hubungan antara pola makan dengan penyakit pankreatitis kronis?

Pankreatitis kronis adalah penyakit yang terjadi karena adanya peradangan pada pankreas. Kondisi ini bisa berbahaya dan menyebabkan kerusakan permanen pada organ tersebut. Pankreatitis kronis adalah peradangan yang terjadi terus-menerus dalam jangka panjang pada pankreas dan menyebabkan terjadinya perubahan struktur jaringan organ tersebut.

Gejala utama dari kondisi ini adalah muncul nyeri perut yang berulang-ulang yang disertai dengan masalah pencernaan setelah nyeri terjadi. Biasanya, nyeri yang muncul karena penyakit ini akan terasa pada perut bagian tengah atau kiri yang dapat menjalar ke punggung. Pada beberapa kasus, nyeri tersebut bisa memicu sensasi rasa panas yang tak tertahankan.

Untuk mengatasi gejala yang menyerang, pengidap penyakit ini harus mengatur pola makan sehari-hari. Sebab, pankreas memiliki fungsi yang sangat erat dengan sistem pencernaan. Maka dari itu, gangguan pada pankreas juga bisa memicu terganggunya proses pencernaan di dalam tubuh. Untuk mengatasinya, dibutuhkan penerapan pola makan yang cocok untuk pengidap penyakit pankreatitis kronis.

Baca juga: 6 Tanda Alami Gangguan Kesehatan pada Pankreas

Pola Makan yang Harus Diterapkan

Cara terbaik menghindari kerusakan pankreas bertambah adalah mengonsumsi jenis makanan yang bisa mengurangi atau tidak menambah beban kerja pada pankreas yang meradang. Jenis makanan yang cocok untuk dikonsumsi adalah makanan yang banyak mengandung protein, rendah lemak, dan makanan yang tinggi kandungan antioksidan. Contoh makanan yang bisa dikonsumsi adalah daging tanpa kulit, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan buah-buahan.

Tips mengatur pola makan yang dianjurkan untuk pengidap pankreatitis kronis adalah membiasakan makan dalam porsi kecil. Cobalah untuk menerapkan cara makan dalam porsi kecil, namun sering, setidaknya 6–8 kali dalam satu hari. Tujuannya agar makanan lebih mudah dicerna dan kerusakan pankreas tidak menjadi lebih parah.

Pengidap penyakit ini juga dianjurkan untuk selalu memenuhi kebutuhan asupan cairan untuk tubuh. Sebab, ini bisa membantu melancarkan proses pencernaan makanan. Pastikan untuk selalu banyak minum air putih dan hindari konsumsi minuman beralkohol dan kafein.

Baca juga: Benarkah Perokok Aktif Rentan Terserang Pankreatitis Akut?

Pola Makan yang Harus Dihindari

Selain pola makan yang harus diterapkan, pengidap penyakit pankreatitis kronis juga memiliki aturan makan yang harus dihindari. Hal itu untuk menghindari kerusakan pada pankreas semakin parah dan bisa membahayakan. Orang yang mengidap penyakit ini sebaiknya menghindari konsumsi daging merah berlemak, jeroan, gorengan, mayones, produk susu tinggi lemak, serta makanan dan minuman yang banyak mengandung gula tambahan.

Selain itu, hindari juga makan terlalu banyak serat sekaligus karena bisa memperlambat pencernaan. Tak hanya itu, berlebihan dalam mengonsumsi serat juga bisa menyebabkan enzim pencernaan tidak maksimal dalam menyerap zat gizi yang masuk ke dalam tubuh. Sebagai gantinya, biasakan untuk mengonsumsi serat dalam porsi-porsi kecil, namun pastikan jumlahnya memenuhi kebutuhan harian tubuh.

Baca juga: Apa yang Menyebabkan Kanker Pankreas?

Masih ragu dan butuh saran ahli? Bicarakan seputar pola makan pengidap penyakit pankreatitis kronis dengan bertanya ke dokter di aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!