Ini Resep Kolak Sehat dan Lezat yang Cocok untuk Diet

Ini Resep Kolak Sehat dan Lezat yang Cocok untuk Diet

Halodoc, Jakarta – Menjaga kesehatan di tengah menjalankan ibadah puasa itu penting. Tak jarang pula, banyak yang memanfaatkan bulan puasa untuk menurunkan berat badan. Sebenarnya, tidak ada salahnya untuk menjalankan diet sambil menjalani ibadah puasa.

Namun, kamu tetap harus memerhatikan asupan nutrisi dan vitamin yang tepat, ya. Selain itu, makanan yang kamu konsumsi saat berbuka dan sahur sebaiknya diperhatikan dengan baik agar diet berjalan dengan baik.

Baca juga: Puasa Sambil Diet, Bisa tetap Sehat dengan Menu Ini

Ada manfaat yang bisa kamu rasakan ketika kamu menjalankan diet di bulan puasa, yaitu:

  1. Diet saat puasa membantu untuk membakar lebih banyak lemak. Kondisi ini disebabkan ketika berpuasa, asupan gula dan karbohidrat yang akan diubah menjadi kalori tidak akan terlalu banyak. Kondisi ini membuat tubuh kamu tidak memiliki pilihan lain selain membakar lemak dalam tubuh menjadi energi.

  2. Diet saat puasa meningkatkan metabolisme tubuh.

  3. Diet ketika menjalani ibadah puasa meningkatkan hormon secara alami.

Bagaimana Cara Diet saat Puasa?

Ketahui cara diet yang baik ketika puasa agar kamu terhindar dari gangguan kesehatan, di antaranya:

1. Hindari Makanan dan Minuman Mengandung Gula

Setelah seharian tidak mengonsumsi makanan dan minuman, tentunya tubuh menjadi lemas tak bertenaga. Oleh sebab itu, banyak yang menyarankan untuk berbuka puasa dengan yang makanan atau minuman manis.

Namun, bagi kamu yang menjalankan diet, hindari berbuka dengan makanan maupun minuman yang menggunakan pemanis buatan atau berlebihan. Pilih makanan yang mengandung pemanis alami seperti buah kurma.

2. Hindari Berbuka dengan Gorengan

Gorengan adalah hidangan ringkas untuk menu berbuka puasa. Namun sebaiknya hindari gorengan jika kamu sedang menjalankan program diet. Gorengan mengandung banyak lemak jenuh yang memicu kolesterol. Pilih makanan yang mengandung lemak baik seperti buah alpukat atau kacang-kacangan.

Baca juga: 5 Tips Menurunkan Berat Badan Selama Berpuasa

3. Perbanyak Konsumsi Makanan yang Mengandung Serat dan Protein

Perbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung serat dan protein tinggi ketika sahur. Serat dan protein membutuhkan waktu lama untuk dicerna oleh tubuh. Kondisi ini membuat rasa kenyang lebih lama sehingga ketika berbuka puasa kamu tidak mengonsumsi makanan secara berlebihan.

4. Perbanyak Minum Air Putih

Air putih memiliki manfaat yang penting untuk kesehatan ketika sedang berpuasa. Konsumsi cukup air putih saat puasa menghindarkan dari kondisi dehidrasi. Selain itu, dengan mengonsumsi air putih kamu memiliki tubuh yang lebih sehat karena terhindar dari minuman yang mengandung pemanis.

Kolak Sehat untuk Diet

Kolak menjadi salah satu makanan khas bulan puasa. Rasanya yang manis dan isiannya yang memiliki beragam nutrisi membuat kolak menjadi salah satu makanan yang dicari untuk berbuka puasa.

Bagi kamu yang menjalankan program diet, tidak ada salahnya untuk membuat kolak sendiri agar kebersihan dan kualitas makannya terjamin. Pilih isian yang beragam seperti pisang, ubi merah, kolang-kaling atau labu kuning. Perhatikan juga kandungan nutrisi yang dalam kolak yang akan disajikan untuk berbuka. Semakin banyak asupan serat, semakin baik untuk program diet.

Gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter mengenai kebutuhan nutrisi dan vitamin selama menjalani ibadah puasa. Kamu bisa gunakan Voice/Video Call atau Chat dengan dokter untuk memastikan kondisi kesehatan kamu. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: Tetap Sehat Meski Banyak Makan Manis