Ini Tips Perawatan Kecantikan untuk Kulit Cerah

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Ini Tips Perawatan Kecantikan untuk Kulit Cerah

Halodoc, Jakarta – Setiap orang pasti punya persepsi standar kecantikan yang berbeda-beda. Namun, banyak orang yang menganggap wanita cantik adalah wanita yang memiliki kulit yang cerah. Standar kecantikan tersebut yang membuat banyak wanita yang berlomba-lomba merawat diri untuk mendapatkan kulit yang cerah dan bersinar.

Baca Juga: 5 Perawatan Kulit Kering yang Patut Dicoba

Terlebih, saat ini tren kecantikan di dunia sedang berkembang pesat, sehingga para produsen make up, skincare dan bodycare bersaing meluncurkan produk terbaiknya. Kalau dibandingkan dengan kondisi 10 tahun kebelakang, sekarang kamu bisa mendapatkan produk kecantikan dengan mudah. Selain mendapatkan berbagai produk kecantikan, seperti masker, serum atau pelembap yang cocok, kamu perlu mencoba tips perawatan berikut untuk mendapatkan kulit yang cerah.

  1. Bersihkan Secara Teratur

Membersihkan kulit secara teratur adalah kunci utama dalam mencerahkan kulit. Mandi dan mencuci muka menghilangkan minyak dan partikel polusi yang dapat menyumbat pori-pori,  sehingga kulit tampak kusam. Biasakan untuk mandi minimal satu hari sekali. Kamu juga wajib mencuci wajah saat pagi dan malam menggunakan pembersih yang berbahan ringan. Saat mencuci wajah, pijat wajah menggunakan jari-jari tangan dengan gerakan memutar.

  1. Eksfoliasi Kulit

Salah satu cara terbaik untuk mencerahkan kulit secara instan maupun jangka panjang adalah dengan pengelupasan kulit. Eksfoliasi kulit mampu menghilangkan lapisan luar sel-sel kulit mati, sehingga permukaannya tampak lebih halus dan membuat kulit lebih cerah.

Gunakan scrub badan dan scrub wajah setidaknya 2-3 kali per minggu. Kamu juga bisa menggunakan eksfoliator kimia untuk mengeksfoliasi wajah. Kalau kamu punya kulit yang sensitif dan kering, gunakan eksfoliator kimia sekali seminggu saja.

Baca Juga: 60 Seconds Rule, Teknik Cuci Muka Agar Lebih Glowing

  1. Pilih Produk Berlabel Mencerahkan

Sebelum membeli skincare atau bodycare, jangan lupa untuk melihat kemasannya terlebih dulu. Produk yang mencerahkan biasanya mengandung vitamin C atau niacinamide. Vitamin C adalah antioksidan yang mencerahkan kulit dengan memblokir enzim yang menghasilkan pigmen. Sedangkan niacinamide atau vitamin B3 bekerja memperlambat produksi pigmen untuk menyamarkan bintik-bintik gelap.

  1. Tetap Terhidrasi

Faktanya, kurangnya hidrasi membuat kulit tampak kusam dan bahkan dapat menonjolkan kerutan. Oleh karena itu, pastikan untuk rajin mengonsumsi air putih agar kulit tetap terhidrasi.  Kamu juga perlu mengoleskan pelembap saat pagi dan sore agar kulit tetap lembap. Moisturizer wajah dan handbody merupakan emulsi, yaitu campuran komponen minyak dan air yang mampu membantu menjaga kelembapan kulit.

Jika kamu ingin bertanya tentang bahaya kulit yang tidak terhidrasi dengan baik, kamu bisa bertanya langsung kepada dokter kulit melalui aplikasi Halodoc. Melalui aplikasi, kamu bisa menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call.

  1. Suntik Vitamin C

Kalau kamu ingin mendapatkan kulit cerah secara instan, kamu bisa mencoba suntik vitamin C. Sebenarnya, pemberian suntik vitamin C sering dilakukan untuk menangani sejumlah masalah kesehatan. Namun, beberapa tahun belakangan, suntik vitamin C sedang marak digunakan untuk memutihkan kulit. 

Baca Juga: Ini 3 Jenis Senam Wajah untuk Meniruskan Pipi

Kalau kamu tertarik melakukannya, pastikan prosedur yang akan kamu jalani dan dosis telah lulus pemeriksaan dan pertimbangan dokter terlebih dahulu. Dosis harian vitamin C yang disuntikkan untuk orang dewasa sehat adalah 70-150 mg. Lebih dari itu, suntik vitamin C bisa meningkatkan masalah ginjal, termasuk batu ginjal. Patikan untuk suntik vitamin C dilakukan oleh profesional dan di bawah pengawasan dokter untuk mencegah efek samping.

Itulah perawatan yang  bisa dilakukan untuk mendapatkan kulit yang cerah. Tetap sesuaikan perawatan yang dilakukan dengan jenis kulit kamu masing-masing, ya! 

Referensi:
Good House Keeping. Diakses pada 2019. 7 Tips to Get Glowing Skin, According to Skin Care Experts.