29 June 2018

Ini yang Harus Diketahui Tentang Brazillian Wax

brazillian wax, bikini waxing, mencukur

Halodoc, Jakarta – Liburan musim panas adalah saat yang tepat untuk pergi ke pantai menikmati suasana yang menyegarkan di sana. Selain itu, sebelum beraktivitas di pantai, kalangan wanita biasanya mempersiapkannya dengan baik agar bisa tampil sensual. Mengenakan bikini pun sudah bukan hal yang aneh lagi untuk dilakukan.

Agar tampil maksimal pun, tak sedikit wanita yang rela mengocek kantong lebih dalam untuk melakukan bikini waxing atau Brazilian Wax, yakni mencukur bulu-bulu di area kewanitaan. Hal ini dilakukan agar bulu-bulu tersebut tidak tampak saat mereka sedang mengenakan bikini. Bikini wax pun kemudian sering disebut dengan Brazilian Wax.

Seiring perkembangan tren, Brazilian wax telah menjadi salah satu rangkaian perawatan untuk menjaga kecantikan dan kebersihan area intim. Rambut kemaluan yang terlihat di sekitar area selangkangan celana renang secara luas ditolak oleh beberapa budaya dan umumnya dianggap tidak diinginkan, sehingga perlu dicukur dan dilenyapkan.

Baca juga: 6 Penyebab Miss V Gatal

Manfaat Mencukur Bulu Kemaluan

Memiliki area bikini yang dibersihkan dengan metode waxing oleh orang yang berkompeten akan menjadi momen memanjakan diri yang diinginkan oleh banyak wanita urban. Sebagian besar wanita merasa lebih puas dengan hasil waxing dibandingkan dengan opsi penghilangan rambut lain seperti shaving, epilation, atau mencukur menggunakan krim penghilang rambut. Nah, manfaat utama waxing, antara lain:

  1. Menyehatkan dan Melembutkan Kulit

Proses waxing tidak hanya menghilangkan rambut, tapi juga mengelupas dan menghilangkan sel kulit mati. Efeknya, kulitmu akan semakin sehat dan terasa lembut. Sehingga, ini mengartikan bahwa kamu telah menerima perawatan rambut dan perawatan kulit semuanya dalam satu kali proses.

  1. Rambut Akan Lebih Tipis

Setelah melakukan waxing, bulu pun akan lebih lama untuk tumbuh kembali. Selain itu, saat rambut telah tumbuh kembali, rambut yang tumbuh tersebut akan menjadi lebih tipis dan pastinya lebih bagus.

  1. Meminimalisir Iritasi

Banyak orang mengatakan bahwa metode pengangkatan rambut seperti  shaving, epilation, atau mencukur menggunakan krim penghilang rambut akan menyebabkan iritasi pada kulit. Namun, metode Brazilian waxing akan sangat jarang menyebabkan masalah asalkan kamu memilih tempat yang berlisensi dengan tenaga profesional.

Persiapan Sebelum Melakukan Brazilian Wax

Sebelum melakukan waxing, kamu harus mencukur rambut kemaluan tersebut setidaknya ¼ inci atau sekitar panjang butiran beras. Hal ini dilakukan agar lilin dapat menggenggam rambut lebih kuat. Apabila hal ini adalah kali pertama kamu melakukan waxing, maka jangan bercukur selama setidaknya dua minggu sebelum tanggal kamu pergi ke perawatan tersebut. Setelah wax pertama pun, kamu dianjurkan untuk wax setiap tiga sampai empat minggu sekali.

Melakukan bikini wax memang akan menyebabkan rasa sakit dan akan terasa lebih sakit lagi bila kamu melakukan Full Brazilian Wax. Namun, biasanya ada beberapa tempat waxing yang menyediakan obat penahan sakit dan obat tersebut harus diminum satu jam sebelum melakukan waxing. Setelah melakukan bikini wax, kulit akan memerah dan menjadi lebih sensitif. Namun, itu semua normal. Ada beberapa produk yang bisa digunakan untuk merawat kulit yang merah akibat waxing. Gunakan bedak, losion, krim, pelembap, atau gel yang mengandung ekstra chamomile dan aloe vera.

Baca juga: Jangan Sembarangan, Ini Tips Cukur Bulu Ketiak yang Tepat

Asalkan dilakukan oleh tenaga profesional dan di tempat yang berlisensi, maka Brazilian Wax yang kamu lakukan akan memberikan hasil yang maksimal. Namun, jika kamu masih ragu akan hal tersebut, kamu dapat menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu dapat berbicara langsung melalui Video/Voice Call dan Chat dengan dokter-dokter tepercaya dan selalu stand by 24 jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!