• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini yang Perlu Diketahui tentang Golongan Darah dan Rhesus

Ini yang Perlu Diketahui tentang Golongan Darah dan Rhesus

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Sejauh ini, ada empat golongan darah utama (tipe darah) yang diketahui, yaitu A, B, AB dan O. Golongan darah biasanya ditentukan oleh gen yang diwariskan dari orangtua. Setiap kelompok juga dapat berupa RhD positif atau negatif RhD, artinya secara total ada 8 kelompok darah. Faktor Rhesus (Rh) merupakan protein turunan yang ditemukan pada permukaan sel darah merah. Jika darah mengandung protein, berarti kamu Rh positif. Sementara jika darah kekurangan protein, maka kamu memiliki Rh negatif.

Rh positif adalah jenis darah yang paling umum. Jika memiliki golongan darah Rh negatif bukan penyakit dan biasanya tidak memengaruhi kesehatan seseorang. Namun, hal tersebut bisa memengaruhi kehamilan kelak. Kehamilan memerlukan perawatan khusus jika kamu memiliki Rh negatif sementara bayi Rh positif (ketidakcocokan Rh). 

Baca juga: Ini yang Perlu Diketahui tentang Golongan Darah

Mengenal Antibodi dan Antigen

Darah terdiri dari sel darah merah, sel darah putih dan trombosit dalam cairan yang disebut plasma. Golongan darah diidentifikasi oleh antibodi dan antigen dalam darah. Antibodi adalah protein yang ditemukan dalam plasma. Mereka adalah bagian dari pertahanan alami tubuh. Mereka juga mengenali zat asing, seperti kuman, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk menghancurkan mereka. Sementara itu, antigen adalah molekul protein yang ditemukan di permukaan sel darah merah.

Nah, ada 4 golongan darah utama yang dilihat berdasarkan adanya antibodi dan antigen, yaitu: 

  • Golongan darah A - memiliki antigen A pada sel darah merah dengan antibodi anti-B dalam plasma

  • Golongan darah B - memiliki antigen B dengan antibodi anti-A dalam plasma

  • Golongan darah O - tidak memiliki antigen, tetapi keduanya antibodi anti-A dan anti-B dalam plasma

  • Golongan darah AB - memiliki antigen A dan B, tetapi tidak memiliki antibodi.

Pengelompokan golongan darah juga penting untuk mencegah ancaman saat melakukan transfusi darah. Misalnya, jika seseorang dengan darah kelompok B diberikan darah kelompok A, antibodi anti-A mereka akan menyerang sel-sel kelompok A.

Inilah sebabnya mengapa darah kelompok A tidak boleh diberikan kepada seseorang yang memiliki darah kelompok B dan sebaliknya. Alasannya, sel darah merah kelompok O tidak memiliki antigen A atau B, ia dapat dengan aman diberikan kepada kelompok lain.

Baca juga: 4 Fakta Menarik Golongan Darah

Sistem Rhesus

Jika dikombinasikan dengan sistem rhesus, maka ada 8 jenis golongan darah, yaitu:

  • A RhD positif (A +)

  • A RhD negative (A-)

  • B RhD positif (B +)

  • B RhD negatif (B-)

  • RhD positif (O +)

  • RhD negatif (O-)

  • AB RhD positif (AB +)

  • AB RhD negative (AB-)

Pada kebanyakan kasus, darah negatif O RhD (O-) dapat dengan aman diberikan kepada siapa pun. Ini sering digunakan dalam keadaan darurat medis ketika golongan darah tidak segera diketahui. Ini aman untuk sebagian besar penerima karena tidak memiliki antigen A, B atau RhD di permukaan sel, dan kompatibel dengan setiap golongan darah ABO dan RhD lainnya.

Tes Golongan Darah

Cara untuk mengetahui golongan darah adalah sel darah merah dicampur dengan larutan antibodi yang berbeda. Jika, misalnya, solusinya mengandung antibodi anti-B dan kamu memiliki antigen B pada sel-sel (kamu adalah golongan darah B), mereka akan menggumpal bersama.

Jika darah tidak bereaksi terhadap salah satu dari antibodi anti-A atau anti-B, maka itu adalah golongan darah O. Serangkaian tes dengan berbagai jenis antibodi dapat digunakan untuk mengidentifikasi golongan darah.

Jika kamu hendak melakukan transfusi darah, di mana darah diambil dari satu orang dan diberikan kepada orang lain, darah diuji terhadap sampel sel donor yang mengandung antigen ABO dan RhD. Jika tidak ada reaksi, darah donor dengan tipe ABO dan RhD yang sama dapat digunakan.

Baca juga: Inilah Kepribadian Menurut Golongan Darah

Kamu bisa cari tahu lebih dalam mengenai informasi golongan darah atau masalah kesehatan lain dengan menghubungi dokter di Halodoc. Dokter akan siaga 24 jam untuk menjawab semua keluhan dan masalah kesehatan yang kamu alami. Praktis, bukan? Download aplikasi Halodoc sekarang juga, ya!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Rh Factor Blood Test.
NHS UK. Diakses pada 2020. Blood Groups.