24 November 2018

Inilah 7 Jenis dan Fungsi Protein bagi Tubuh

Inilah 7 Jenis dan Fungsi Protein bagi Tubuh

Halodoc, Jakarta – Protein adalah salah satu asupan penting bagi tubuh. Protein membantu sistem kekebalan, serta menjadi bahan pembentukan sel dan jaringan tubuh. Kamu bisa mendapat asupan protein dengan mengonsumsi makanan laut (seperti ikan salmon), susu, keju, yoghurt, daging, telur, dan kacang-kacangan. Asupan protein harian yang dianjurkan adalah 56 - 59 gram per hari untuk perempuan dan 62 - 66 gram per hari untuk laki-laki.

Tujuh Jenis dan Fungsi Protein bagi Tubuh

Setiap jenis protein memiliki fungsi masing-masing bagi tubuh. Lantas, apa saja jenis dan fungsi protein penting bagi tubuh yang perlu diketahui?

1. Protein Hormon

Hormon protein bertugas mengatur tindakan dan fungsi hormon dalam tubuh. Hormon adalah sekresi yang berperan sebagai pembawa pesan kimia dalam tubuh melalui darah. Setiap hormon memengaruhi tiap satu sel tertentu untuk mengkoordinasikan proses metabolisme dalam tubuh. Misalnya organ pankreas yang menghasilkan hormon insulin untuk mengatur kadar gula dalam darah.

2. Protein Enzim

Bertugas sebagai pembentuk enzim, yakni zat yang mendukung terjadinya reaksi kimia dalam tubuh. Misalnya enzim yang dihasilkan untuk mengubah karbohidrat, protein, dan lemak ke dalam bentuk yang lebih sederhana agar mudah diserap tubuh.

3. Protein Struktural

Berfungsi untuk mempertahankan struktur dan membangun konstruksi tubuh dari tingkat sel. Misalnya protein kolagen yang menjadi komponen utama tendon, tulang rawan, dan kulit. Protein keratin juga berfungsi untuk membentuk struktur kulit, kuku, rambut, dan gigi.

4. Protein Antibodi

Disebut juga protein defensif, berfungsi melindungi tubuh dari serangan virus, bakteri, dan zat asing lainnya. Protein ini bertindak sebagai komponen pembentuk antibodi dalam tubuh. Misalnya fibrinogen dan trombin yang merupakan antibodi dan berfungsi membantu proses pembekuan darah, mencegah kehilangan darah setelah terjadinya cedera, serta mempercepat proses penyembuhan luka.

5. Protein Transport

Berfungsi sebagai pengantar molekul dan zat gizi dalam tubuh. Misalnya hemoglobin yang berfungsi untuk mengikat oksigen dan mengantarkannya ke jaringan tubuh yang membutuhkan. Contoh lainnya adalah lipoprotein yang membantu transportasi lipid atau lemak dalam tubuh.

6. Protein Pengikat

Berfungsi menyimpan asam amino dan ion logam yang dibutuhkan dalam tubuh. Protein ini juga bertindak sebagai cadangan makanan yang memberikan energi jika dibutuhkan oleh tubuh. Misalnya protein ferritin yang menyimpan dan mengontrol kadar zat besi dalam tubuh.

7. Protein Penggerak

Protein ini bertanggung jawab untuk pergerakan otot dalam tubuh, seperti mengatur kekuatan dan kecepatan jantung bergerak dan otot saat berkontraksi. Protein ini terlibat dalam transportasi nutrisi dalam sel, menyusun genetik, pembelahan sel, dan koordinasi otot. Misalnya miosin dan aktin untuk menghasilkan kontraksi otot dan relaksasi, seperti saat menekuk dan meluruskan lutut kaki.

Fungsi protein lainnya adalah mengatur keseimbangan cairan tubuh, mengendalikan pergerakan air, dan cairan dalam sel, serta melepaskan ion hidrogen untuk mempertahankan tingkat pH tubuh. Kalau kamu punya pertanyaan lain seputar protein, tanya dokter Halodoc untuk mendapat jawaban terpercaya. Kamu bisa menggunakan fitur Contact Doctor yang ada di aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca Juga: