• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Manfaat Hubungan Intim untuk Kesehatan

Inilah Manfaat Hubungan Intim untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Hubungan intim memperkuat ikatan antara dua orang dan memupuk kedekatan, cinta, dan kasih sayang di antara pasangan. Ini adalah pengikat utama yang membantu pasangan mengatasi perbedaan di antara mereka. Hubungan intim juga dapat membangun hubungan yang lebih kuat antara dua orang dengan mengurangi segala negatif yang ada. 

Oksitosin, hormon, dan neurotransmitter, yang dilepaskan selama momen intim antara pasangan, meningkatkan kepercayaan dan rasa persahabatan yang lebih kuat antara pasangan. Berhubungan intim antar pasangan lebih dari sekedar bersenang-senang di ranjang, tapi juga membawa manfaat kesehatan lainnya. 

1. Membantu Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Orang yang aktif secara seksual membutuhkan lebih sedikit hari sakit. Orang yang melakukan hubungan intim memiliki tingkat imunitas yang lebih tinggi. Terutama pada orang yang melakukan hubungan intim sekali atau dua kali seminggu, maka akan memiliki tingkat antibodi tertentu yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang kurang sering berhubungan intim. 

Baca juga: 7 Hal Ini Terjadi Pada Tubuh Saat Hubungan Intim

2. Mengurangi Stres

Berhubungan intim secara fisik dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi respons stres di otak. Bentuk lain dari keintiman fisik, seperti berpelukan atau berpegangan tangan, dapat memicu pelepasan oksitosin. Hormon ini kemudian akan memicu pusat kebahagiaan di otak yang menurunkan perasaan cemas dan stres.

3. Membakar Kalori

Enggak cuma olahraga saja yang bisa membakar kalori tubuh. Hubungan intim juga dapat membakar kalori dan lemak. Jika seseorang melakukan hubungan intim selama 20 menit, setidaknya tubuh akan membakar 96 kalori. Bisa dibilang hubungan intim merupakan bentuk olahraga yang menyenangkan. 

Selain dapat membakar lima kalori permenit, hubungan intim juga dapat membuat berbagai otot tubuh lebih aktif. Di samping itu, denyut jantung manusia saat orgasme setara dengan olahraga ringan, seperti berjalan kaki.

4. Meningkatkan Libido

Berhubungan intim akan membuat hubungan intim lebih baik dan akan meningkatkan libido. Bagi wanita, berhubungan intim dapat meningkatkan pelumasan Miss V, aliran darah, dan elastisitas. Semuanya membuat hubungan intim terasa lebih baik dan membantu kamu lebih membutuhkannya. 

Baca juga: Berhubungan Intim yang Ideal Itu Berapa Kali Seminggu Sih?

5. Meningkatkan Kontrol Kandung Kemih

Dasar panggul yang kuat penting untuk menghindari inkontinensia, sesuatu yang akan memengaruhi sekitar 30 persen wanita di beberapa titik dalam kehidupan. Hubungan intim yang baik seperti latihan untuk otot-otot dasar panggul. Saat kamu mengalami orgasme, itu akan menyebabkan kontraksi pada otot-otot itu yang akan memperkuat kontrol kandung kemih. 

6. Menurunkan Tekanan Darah

Terdapat hubungan antara hubungan intim dan tekanan darah rendah. Hubungan intim secara khusus (bukan masturbasi) dapat menurunkan tekanan darah sistolik.

7. Terlihat Lebih Muda

Hubungan intim ternyata juga dapat membuat kamu lebih awet muda. Alasannya, hubungan intim dapat mengurangi stres, meningkatan rasa senang, dan membuat tidur lebih nyenyak. Ketiga hal tersebut bisa membuat kamu tampak lebih muda dan sehat. 

8. Kualitas Tidur Membaik

Daripada harus menenggak pil tidur saat insomnia menyerang, lebih baik berhubungan intim dengan pasangan. Karena manfaat hubungan intim juga dapat meningkatkan kualitas tidur. Saat berhubungan intim tubuh akan melepaskan hormon prolaktin yang membuat tubuh lebih rileks dan mengantuk. Itulah sebabnya seseorang akan lebih mudah mengantuk dan tidur ketika usai berhubungan intim. 

Baca juga: Intip Mafaat Hubungan Intim di Pagi Hari

9. Panjang Umur

Bisa dibilang, panjang umur juga merupakan manfaat yang dapat diraih dari hubungan intim terhadap kesehatan yang paling istimewa. Risiko kematian pada pria berhubungan intim dua kali atau lebih dalam seminggu, lebih rendah 50 persen dibandingkan dengan pria yang berhubungan intim sekali dalam sebulan. 

Itulah manfaat kesehatan dari berhubungan intim yang dapat kamu rasakan. Jika kamu mengalami masalah atau kendala mengenai kesehatan atau aktivitas seksual lainnya, kamu dapat membicarakannya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Komunikasi dengan dokter kini lebih mudah hanya dalam satu aplikasi dan dapat digunakan kapan saja dan dimana saja. Yuk, download aplikasinya sekarang!

 

Referensi:
Marriage. Diakses pada 2020. 10 Benefits of Physical Intimacy in Your Relationship