27 June 2018

Inilah Hormon Jerawat dan Cara Mengatasinya

mengatasi hormon jerawat, hormon penyebab jerawat, mengatasi jerawat hormonal

Halodoc, Jakarta – Banyak hal yang dapat membuat jerawat timbul pada wajah dan juga tubuh kamu. Beberapa di antaranya adalah masalah penumpukan kotoran pada kulit dan juga masalah hormon. Meskipun begitu, setiap masalah jerawat memiliki penanganan yang berbeda. Jerawat yang ditimbulkan karena masalah hormonal seperti akan lebih sulit dihilangkan dengan menggunakan obat jerawat yang dijual di pasaran secara bebas. Jerawat karena masalah hormonal memiliki penanganan yang lebih khusus untuk diatasi.

Baca juga: 5 Fakta Tentang Jerawat yang Jarang Orang Tahu

Nyatanya, Wanita Lebih Sering Memiliki Jerawat Hormon

Pada saat seseorang mengalami masa pubertas biasanya menjadi saat seseorang akan mengalami munculnya jerawat hormonal pada tubuh maupun wajah mereka. Pada masa pubertas, biasanya seseorang akan memproduksi minyak lebih banyak dibandingkan hari-hari biasanya karena adanya peningkatan hormon testosteron yang dapat menyebabkan munculnya jerawat pada wajah atau tubuh.

Biasanya pada wanita, meningkatnya kadar hormon progesteron sebelum menstruasi dapat menyebabkan munculnya jerawat pada wajah. Tidak hanya itu, meningkatnya hormon testosteron setelah menstruasi membuat wajah memproduksi kelenjar minyak yang bisa mengakibatkan tersumbatnya pori-pori kulit, sehingga dapat menimbulkan jerawat. Inilah yang membuat terkadang jerawat muncul pada wajah saat menstruasi pada wanita.

Masalah jerawat yang ditimbulkan oleh hormon ini biasanya terjadi pada wanita dan tidak hanya pada saat masa pubertas saja. Namun, masa-masa lain seperti saat seorang wanita memasuki masa menopause, masa menstruasi, sindrom ovarium polikistik, dan tingginya kadar androgen pada tubuh wanita.

Biasanya, jerawat yang disebabkan oleh hormon akan tumbuh di beberapa bagian wajah. Biasanya pada daerah T wajah seperti dahi, hidung, dan dagu. Biasanya, pada orang dewasa juga banyak ditemukan jerawat hormonal ini muncul pada bagian rahang dan pipi.

Ciri-ciri Jerawat Hormonal

Kamu tentu harus bisa membedakan antara jerawat hormonal dengan jerawat yang disebabkan karena masalah kebersihan kulit kamu.

  1. Biasanya jerawat hormonal akan muncul pertama kali pada wanita yang masuk usia pubertas, yaitu sekitar usia 13 hingga 17 tahun.
  2. Jerawat juga akan muncul rutin saat kamu akan memasuki masa menstruasi atau selesai masa menstruasi. Tidak hanya itu, beberapa wanita hamil juga mengalami masalah jerawat karena perubahan hormon pada tubuhnya.
  3. Biasanya, jerawat yang disebabkan masalah hormonal akan lebih sulit dihilangkan dibandingkan dengan jerawat karena masalah kebersihan kulit. Kamu membutuhkan penanganan dokter untuk menghilangkan jerawat hormonal.

Cara Mengatasi Jerawat Hormonal

Kamu tidak perlu khawatir, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi masalah jerawat hormonal yang terjadi pada wajah kamu.

 

  • Hindari Makanan Junk Food

 

Junk food mengandung garam yang sangat tinggi, sehingga perlu dihindari bagi kamu yang memiliki masalah jerawat hormonal. Selain itu, minuman bersoda juga memicu masalah jerawat hormonal ini.

 

  • Mengonsumsi Probiotik

 

Probiotik mengandung bakteri baik yang membantu tubuh untuk menyerap nutrisi, sehingga memenuhi asupan yang dibutuhkan oleh tubuh dan menghindarkan kamu dari masalah jerawat hormonal.

 

  • Pencegahan Melalui Diri Sendiri

 

Meskipun termasuk dalam jerawat hormonal, sebaiknya kamu tetap memperhatikan kebersihan diri kamu sendiri agar terhindar dari masalah jerawat pada wajah maupun tubuh kamu.

Baca juga: Cegah Jerawat dengan Mengonsumsi Makanan Sehat

Selain melakukan beberapa cara di atas, kamu juga bisa bertanya pada dokter ahli mengenai masalah jerawat kamu menggunakan aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!