17 October 2018

Inilah Sifat Ibu Hamil yang Mesti Diketahui Suami

Inilah Sifat Ibu Hamil yang Mesti Diketahui Suami

Halodoc, Jakarta - Setelah menikah, banyak pasangan suami istri menginginkan untuk segera memiliki momongan. Kabar tentang kehamilan pasti ditunggu-tunggu oleh mereka dan keluarga yang lain. Namun, sebelum istri positif hamil, ada baiknya para suami mengetahui segala informasi tentang kehamilan agar kelak dapat membantu istri melewati kehamilan hingga persalinan dengan baik.

Saat hamil, tidak hanya terjadi perubahan fisik yang signifikan, para suami harus mengantisipasi perubahan-perubahan emosional yang akan dilalui oleh istri. Para suami diharapkan memahami hal tersebut karena menjadi orang yang diandalkan selama masa kehamilan istri.

Berikut ini beberapa sifat ibu hamil yang muncul seiring pertumbuhan bayi di dalam kandungan yang suami harus pahami:

Sangat Sensitif

Tidak hanya rasa sensitif secara emosional karena telah dianugerahi buah hati, perubahan hormon yang terjadi saat trimester pertama memunculkan sifat ibu hamil yang sensitif terhadap rangsangan. Rangsangan tersebut dirasakan berlebihan oleh ibu hamil melalui hidung, seperti sedikit aroma yang tidak sedap dapat memicunya untuk merasakan mual dan muntah. Namun, tidak semua kadar kepekaan hidung ibu hamil sama. Setiap ibu hamil peka terhadap aroma yang berbeda-beda. Suami tidak perlu terlalu khawatir karena kepekaan hidung tersebut akan mereda ketika memasuki trimester dua.

Perubahan Sikap dan Emosi

Sifat ibu hamil yang akan muncul adalah perubahan sifat dan emosi yang berubah-ubah. Perubahan semacam terjadi ketika istri berharap agar pasangannya mengerti dan memahami kondisinya. Saat menjalani proses kehamilan penting agar suami sabar menghadapi perubahan emosi sang istri. Suami tidak perlu cemas karena hal ini wajar dan terjadi karena perubahan hormon ini.

Butuh Perhatian Lebih

Akibat perubahan sikap dan emosi yang terjadi membuat ibu hamil memiliki sifat baru yaitu ingin diperhatikan lebih oleh pasangan. Ibu hamil mengharapkan agar pasangan menjadi lebih perhatian, lebih sayang, dan lebih mencintai meski istri tidak memintanya. Memberikan perhatian akan membuat ibu merasa lebih kuat, sehat, dan bahagia dalam menjalani kehamilan. Hal ini tentu berpengaruh baik bagi kesehatannya dan bayi di dalam kandungan.

Cemas Akan Berat Badan

Seiring pertumbuhan bayi di dalam kandungan, maka berat badan ibu hamil akan terus naik. Kecemasan akan kenaikan berat badan ini menjadi sifat baru ibu hamil. Istri dapat merasa cemas karena berat badannya tidak kembali normal dengan cepat meski sudah melahirkan. Oleh karena itu, suami harus memahami dan membantunya mengontrol kenaikan berat badan agar tidak naik berlebihan. Perlu diingat, yang ibu hamil butuhkan adalah nilai gizi yang lebih banyak dalam makanan dan bukan jumlah atau porsi yang banyak namun tanpa nilai gizi. Oleh karena itu, bantu istri memenuhi nilai gizi hariannya dan pastikan mereka tidak mengonsumsi karbohidrat dan lemak jahat secara berlebihan.

Masa kehamilan adalah waktu yang indah dan dinantikan, maka suami harus bantu istrinya dalam melewati masa-masa ini. Sebaiknya ibu menikmati kehamilan dan perhatikan kondisi janin dan ibu agar selalu sehat sampai hari kelahiran nanti. Jika ibu memiliki masalah seputar psikologi atau kehamilan, ibu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk tanya langsung pada dokter. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: