Jangan Asal, Ketahui Ini Tips Memilih Sekolah untuk Anak

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Jangan Asal, Ketahui Ini Tips Memilih Sekolah untuk Anak

Halodoc, Jakarta – Keputusan tentang sekolah mana yang tepat buat anak memang sangat personal sekaligus memberikan kecemasan. Bagi sebagian orang tua, keputusannya sederhana. Anak-anak mereka pergi ke sekolah umum setempat. 

Namun, ada juga orang tua yang menilai sekolah tidak hanya sekadar “bangunannya” melainkan sistem pendidikannya. Ingin tahu bagaimana cara memilih sekolah yang tepat, berikut ini pertimbangannya:

Mengapa memilih sekolah anak harus serius?

Memilih sekolah yang tepat untuk anak akan memastikan bahwa mereka berada di lingkungan yang tepat untuk dapat berkembang. Berikut ini beberapa faktor yang perlu diperhatikan ketika memilih sekolah yang tepat untuk anak:

  1. Buat Daftar Apa yang Diharapkan Ada di Sekolah

Tuliskan semua hal yang orang tua cari di sekolah. Fokuslah pada para guru terlebih dahulu karena mereka benar-benar adalah elemen paling penting dalam karier akademik yang sukses. Selanjutnya, fokuskan pada fasilitas yang tersedia dan apakah lingkungan sekolah adalah yang sesuai dengan gaya belajar anak. 

Apakah anak membutuhkan lingkungan yang sangat terstruktur atau mereka lebih suka lingkungan yang lebih terbuka dan fleksibel? Orang tua juga harus fokus pada jenis dukungan apa yang dibutuhkan anak dan bagaimana sekolah menghadapi masalah sosial dan emosional. 

Baca juga: Ini Trik yang Perlu Dilakukan Supaya Anak Enggak Takut ke Sekolah

Kegiatan ekstrakurikuler juga penting, jadi pastikan bahwa sekolah menawarkan kegiatan yang akan dinikmati anak. Bagaimana keterlibatan orang tua dalam kegiatan sekolah dan sejauh mana perjalanan? Periksalah apakah kebijakan dan nilai sekolah selaras dengan kebijakan keluarga.

  1. Sekolah Negeri atau Swasta

Ada sekolah yang bagus, buruk, dan biasa-biasa saja dan ini tidak tergantung pada apakah sekolah tersebut negeri atau swasta. Orang tua perlu mempertimbangkan semua opsi yang layak dan sesuai dengan kebutuhan untuk memenuhi daftar keinginan dan harapan dari sebuah sekolah.

Saat memilih sekolah, pertimbangkan untuk pergi ke orientasi dan pameran sekolah setempat untuk mendapatkan gambaran tentang jenis fasilitas yang ditawarkan sekolah di wilayahmu. Orang tua bisa mendapatkan gambaran tentang demografi dan nilai para siswa dengan meneliti sekolah tersebut di websitenya. 

Berbicaralah dengan teman-teman dan anggota keluarga yang telah menyekolahkan anaknya di tempat yang sedang orang tua sasar.

Jika orang tua mempertimbangkan sekolah di luar sekolah negeri, pikirkan apa yang terbaik untuk kepribadian, kekuatan, kebutuhan, dan minat anak. Orang tua juga perlu mempertimbangkan bagaimana budaya dan nilai sekolah yang berbeda sesuai dengan nilai keluarga dan kehidupan keluarga.

Baca juga: 5 Cara Agar Anak Suka Berhitung dan Matematika

Selain hal-hal yang sudah diuraikan di atas, berikut ini pertanyaan yang semestinya bisa diajukan orang tua ke  diri sendiri untuk acuan sekolah anak:

  1. Apakah perlu mengirim anak ke sekolah asrama atau orang tua tertarik dalam pendidikan jarak jauh atau mendidik anak di rumah?

  2. Apakah orang tua tertarik pada filosofi pengajaran tertentu, misalnya Steiner atau Montessori?

  3. Bagaimana hal-hal seperti lokasi sekolah, biaya, atau kesulitan perjalanan ke dan dari sekolah, dan opsi transportasi umum mempengaruhi finansial?

  4. Apakah sekolah itu kecil atau besar? Ukuran apa yang paling cocok untuk anak?

  5. Fasilitas apa yang dimiliki sekolah untuk mendukung pembelajaran anak, apakah taman bermain, perpustakaan, program musik, klub dan tim olahraga?

  6. Apakah sekolah meningkatkan hasil akademisnya selama beberapa tahun terakhir? Bagaimana dengan kinerjanya di bidang lain seperti seni, olahraga, atau keterlibatan masyarakat?

  7. Seberapa baik sekolah mendukung anak-anak dengan kebutuhan tambahan, jika anak memiliki cacat, keterlambatan perkembangan, gangguan spektrum autisme atau kebutuhan lainnya?

  8. Peluang apa yang ada untuk keterlibatan orang tua dan keluarga dengan sekolah, dan bagaimana komunikasi antara rumah dan sekolah dikelola?

Jika butuh saran psikolog terkait perkembangan anak, tanyakan langsung ke Halodoc.  Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untuk orang tua. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor orang tua bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Referensi:
Raising Children.net.au. Diakses pada 2019. Choosing a school for your child.
Tutor Doctor. Diakses pada 2019. How To Pick The Right Elementary School For Your Child.