Jangan Bawa Kerjaan Saat Liburan, Ini Penjelasannya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
jangan-bawa-kerjaan-saat-liburan-ini-penjelasannya-halodoc

Halodoc, Jakarta – Libur natal dan tahun baru sebentar lagi tiba. Kebanyakan orang mungkin sudah punya rencana untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga dan orang tercinta.  Namun, tidak sedikit juga orang yang masih dibayang-bayangi tuntutan pekerjaan saat liburan, lho. Apakah kamu termasuk salah satu orang yang masih suka membalas email pekerjaan atau mengangkat telepon dari klien saat sedang liburan? Hati-hati, ada banyak alasan mengapa kamu sebaiknya tidak mengurusi pekerjaan saat liburan. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Baca juga: Enggak Liburan, Pekerja Wanita Lebih Rentan Kena Stres

1. Mengorbankan Liburan untuk Ambisi Pekerjaan adalah Pengorbanan yang Tidak Layak

Ketika kamu sedang libur dan tidak mengerjakan apa-apa, kamu mungkin tergoda untuk mencuri start untuk bekerja. Dengan bekerja saat libur, kamu berharap ketika masuk kantor nanti, akan selangkah lebih di depan dibanding rekan-rekan kerja kamu. Namun, tahukah kamu bahwa pekerjaan tidak akan pernah habis untuk dikerjakan. Seberapa banyaknya pekerjaan yang kamu selesaikan, pasti akan ada pekerjaan baru lainnya yang akan muncul. 

Jadi, mengorbankan liburan untuk bekerja adalah pengorbanan yang tidak layak. Satu-satunya cara untuk maju lebih terdepan adalah dengan mencatat daftar tugas-tugas apa saja yang akan kamu lakukan begitu masuk kantor nanti dan nikmatilah liburan kamu sebaik-baiknya. Dengan demikian, kamu dapat kembali ke kantor dengan tubuh yang lebih rileks, pikiran yang segar dan semangat 45 untuk mengerjakan semua daftar pekerjaan tersebut.

2. Kamu Butuh Istirahat

Di dunia yang selalu hidup ini, sesekali kamu perlu menarik diri sebentar untuk beristirahat dan merasakan ketenangan. Pikiran kamu membutuhkan stimulasi lebih dari sekadar melihat spread sheet, dan tubuh kamu perlu berolahraga bukan hanya bertengger di depan komputer. Meskipun tidak apa-apa untuk memeriksa kotak masuk email selama satu dua jam, tetapi biasanya kamu akan menjadi lebih tergoda untuk bekerja setelahnya. Jadi, tinggalkanlah semua pekerjaan kamu di belakang dan beristirahatlah.

3. Keseimbangan antara Kehidupan dan Pekerjaan Menjadi Kabur

Banyak orang mengabaikan keseimbangan antara kehidupan dan pekerjaan dengan harapan karier mereka dapat menjadi lebih baik dan membuat kehidupan mereka bermakna. Hal tersebut sah-sah saja dan baik bila kamu menyukai pekerjaan kamu. Namun, bila tidak, kamu tidak perlu memberi tekanan pada diri sendiri terlalu keras. Memisahkan kehidupan dengan pekerjaan adalah sebuah kebutuhan, setidaknya selama beberapa minggu setiap tahun. Ada alasan mengapa kamu diberikan jatah libur oleh kantor. Jadi, gunakanlah waktu tersebut.

Baca juga: Bantu Atasi Jenuh, Ini Manfaat Lain Cuti Kerja

4. Keluarga atau Pasangan Akan Terkena Imbasnya

Bekerja saat liburan tidak hanya akan mengganggu diri kamu sendiri, melainkan juga pasangan, anak-anak atau kerabat yang bersama dengan kamu. Anak-anak kamu mungkin sudah tidak sabar untuk melihat berbagai macam binatang di kebun binatang, bermain di taman bermain, dan lain-lain. Menunggu kamu menyelesaikan beberapa pekerjaan kantor hanya akan merusak suasana hati dan semangat liburan mereka. Jadi, cobalah menikmati kebersamaan dengan orang-orang yang kamu cintai. Mereka jauh lebih hangat dibandingkan laptop kamu.

Baca juga: Jangan Melulu ke Mal, Ini 6 Cara Didik Anak Sambil Liburan

5. Kamu Bisa Mendapatkan Inspirasi Baru

Inspirasi dan penyegaran otak yang berlimpah bisa datang ketika kamu berada di tempat yang baru dan bertemu dengan orang-orang baru. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk pergi dan menjelajahi kota atau negara tertentu, berjemur di bawah matahari di pantai Thailand, dan lain-lain. Dengan demikian, kreativitas dan ide-ide akan mengalir dalam pikiran kamu yang mungkin saja diperlukan untuk kebutuhan pekerjaan nanti.

Nah, itulah penjelasannya mengapa kamu sebaiknya tidak membawa pekerjaan saat liburan. Terakhir, yang tidak kalah penting, jangan sampai liburan kamu terganggu karena sakit. Download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play yang bisa menjadi teman penolong untuk membantu menjaga kesehatan kamu selama liburan. Kamu bisa menghubungi dokter Halodoc untuk minta saran kesehatan melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja.

Referensi:
US News. Diakses pada 2019. 10 Reasons Why You Shouldn't Work on Vacation.