Jangan Dikurangi, Ini 5 Alasan Tubuh Perlu Antioksidan saat Puasa

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Jangan Dikurangi, Ini 5 Alasan Tubuh Perlu Antioksidan saat Puasa

Halodoc, Jakarta - Ibadah puasa Ramadan kira-kira akan berlangsung beberapa hari lagi. Ibadah yang menjadi kewajiban umat muslim ini memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Mulai dari memperbaiki fungsi otak, mengatasi resistensi insulin, hingga meningkatkan daya tahan tubuh.

Menariknya, puasa juga bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Hasil studi  dari ahli kardiovaskular dan epidemiologi genetik dari Intermountain Medical Center Heart Institute, Amerika Serikat, mengatakan, seseorang yang berpuasa secara teratur bisa mengurangi faktor risiko penyakit jantung. Misalnya, akibat kadar trigliserida, berat badan, dan kadar gula darah yang berlebihan.

Baca juga: Jangan Khawatir Sakit, 6 Manfaat Berpuasa

Tidak hanya itu saja, puasa juga bisa meningkatkan human growth hormone (HGH). HGH atau hormon pertumbuhan ini punya peran untuk melindungi otot dan keseimbangan metabolisme seseorang. Keistimewaan puasa enggak hanya itu saja, untuk pengidap maag, puasa bisa membuat pola makan pengidap maag jadi lebih teratur. Nah, keteraturan inilah yang bisa membuat pengidap maag bisa sembuh.

Nah, meski menyimpan banyak manfaat bagi tubuh, namun bukan berarti kamu enggak membutuhkan persiapan untuk menjalani ibadah puasa. Sebab, tubuh mesti dalam kondisi fit dan sehat agar ibadah puasa bisa berjalan dengan lancar. Jangan salah, kondisi tubuh yang lemah pastinya membuat seseorang merasa kewalahan dalam menjalankan ibadah puasa.

Agar kondisi tubuh senantiasa sehat selama puasa, cobalah cukupi kebutuhan nutrisi dengan mengonsumsi menu bergizi seimbang serta antioksidan. Mengapa antioksidan penting saat puasa? Ini adalah sederet alasan kamu memenuhi asupan antioksidan saat puasa!

1. Melindungi Kulit

Kurangnya cairan tubuh, nutrisi, dan waktu beristirahat selama berpuasa bisa menimbulkan masalah pada kulit. Misalnya, kulit tampak jadi kering dan kusam. Nah, di sini peran antioksidan dibutuhkan. Antioksidan melindungi kulit dari radikal bebas dan meningkatkan produksi kolagen. Kolagen ini yang bertugas memelihara elastisitas kulit dan kekuatannya agar tampak kenyal dan muda.

2. Menguatkan Sistem Imun

Ada sebagian yang jatuh sakit karena sistem imun yang lemah saat menjalani ibadah puasa. Nah, di sini antioksidan dapat membantu sistem imun untuk mencegah dan melawan infeksi yang disebabkan bakteri dan virus. Contohnya, bila tubuh mengidap penyakit, seperti flu saat berpuasa, antioksidan membantu meringankan gejala dan mempercepat pemulihannya

Baca juga: Penting, Antioksidan untuk Menangkal Radikal Bebas pada Makanan

3. Meningkatkan Energi

Kita tentu membutuhkan energi agar tetap bisa produktif meski sedang berpuasa. Jangan salah, kegiatan yang super sibuk ditambah enggak adanya asupan yang masuk ke dalam tubuh bisa memengaruhi konsentrasi dan performa sehari-hari. Karena itu, asupan antioksidan amat membantu kita dengan meningkatkan energi dan daya tahan tubuh, sehingga bisa melalui hari demi hari dengan baik.

4. Sumber Nutrisi dan Menjaga Sistem Pencernaan

Di sini, antioksidan akan membantu tubuh untuk meningkatkan penyerapan kalsium di usus. Selain itu, antioksidan juga akan menyerap zat besi yang bersumber dari sayuran yang berguna bagi tubuh. Tidak kalah pentingnya, antioksidan membantu meningkatkan penyerapan nutrisi dari makanan dan menjaga kesehatan sistem pencernaan. Ingat, selama bulan puasa enggak sedikit orang yang mengalami masalah pencernaan, terutama sembelit.

Baca juga: Jangan Kalah oleh Radikal Bebas, Cegah dengan Astaxanthin

5. Memperbaiki Fungsi Otak

Merasa kurang fokus bekerja saat menjalani ibadah puasa? Kamu tidak sendirian, kok! Nah, enggak ada salahnya untuk mengonsumsi antioksidan, sebab nutrisi ini bisa membantu kita meningkatkan daya ingat, kemampuan kognitif, dan memperlambat penuaan otak.

Untuk mendapatkan asupan antioksidan yang tepat, kamu bisa mengonsumsi suplemen Astria. Astaxanthin sebagai antioksidan terkuat terdapat pada suplemen Astria untuk membantu tubuh tetap sehat dan terhindar dari bahaya radikal bebas terutama saat berpuasa.

Dengan kandungan antioksidan alami 110 kali lipat lebih besar dari vitamin E, dan 6.000 kali lipat lebih besar dari vitamin C, suplemen Astria bisa menemani kamu saat menjalankan ibadah puasa. Yuk, dapatkan suplemen Astria melalui aplikasi Halodoc, tanpa perlu repot-repot keluar rumah langsung diantar ke tempat tujuan kamu!