Buat yang Malas Mandi, Ini Manfaat Mandi Pagi

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Buat yang Malas Mandi, Ini Manfaat Mandi Pagi

Halodoc, Jakarta – Apakah kamu termasuk orang yang ogah-ogahan untuk mandi pagi? Setelah membaca informasi di artikel ini, kamu pasti akan berpikir dua kali dan mulai rajin mandi pagi. Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh Yale School of Medicine, ritual mandi pagi memiliki banyak manfaat.

Mandi pagi tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kebersihan, tetapi juga membuat kamu lebih “hidup” dan bersemangat menghadapi hari. Bahkan, mandi pagi bisa mempersiapkan diri untuk menerima tekanan yang dihadapi serta mengurangi peradangan kulit. Informasi selengkapnya mengenai manfaat mandi pagi bisa kamu peroleh di bawah ini!

Memperbaiki Suasana Hati dan Tingkatkan Imun Tubuh

Salah satu cara agar tubuh lebih segar dan bersemangat sepanjang hari adalah dengan mandi di pagi hari. Sayangnya, karena terburu-buru atau tidak menyukai air dingin, beberapa orang lebih memilih untuk melewatkan aktivitas mandi di pagi hari.

Padahal, seperti yang diungkapkan sebelumnya, mandi di pagi hari punya banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut ini rangkuman lengkapnya.

  1. Meningkatkan Energi

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal PLOS One, menyebutkan bahwa dorongan energi yang didapat saat mandi pagi hampir sama dengan energi yang didapat setelah mengonsumsi kafein. Ini dikarenakan, saat air dingin menyentuh kulit, tubuh akan meresponsnya dengan "bernapas" karena adanya asupan oksigen di dalam kulit. Alhasil, darah akan terpompa cepat ke seluruh tubuh dan detak jantung meningkat, sehingga membuat tubuh lebih berenergi sepanjang hari.

  1. Memperbaiki Suasana Hati

Mandi pagi tidak hanya dapat membersihkan tubuh, melainkan juga pikiran. Sejalan dengan informasi tersebut, hasil penelitian yang dilakukan Virginia Commonwealth University School of Medicine mengungkapkan kalau mandi pagi dapat menstimulasi titik biru di otak yang merupakan sumber noradrenalin; zat kimia organik dalam otak yang berfungsi untuk mengurangi tingkat stres dan depresi.

Baca juga: Pakai Spons Jaring untuk Mandi, Ketahui Hal Ini

Studi lain juga menyebutkan bahwa saat kulit kontak dengan air dingin saat mandi pagi, secara otomatis hormon endorfin akan diproduksi. Adanya hormon tersebut dapat mengurangi rasa sakit, memicu perasaan senang, tenang, dan bahagia.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Air dingin dapat memperbaiki sirkulasi dengan mendorong darah mengelilingi organ tubuh. Ini karena saat air dingin yang menyentuh tubuh dapat memacu kinerja arteri dalam memompa darah, sehingga meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Baca juga: Cara Simpel Kecilkan Perut Sebelum Tidur

Kondisi ini juga dapat memicu penurunan tekanan darah dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Selain itu, mandi dengan air dingin juga dapat meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh yang berperan dalam melawan berbagai virus dan bibit penyakit. Alhasil, saat produksi sel darah putih meningkat, daya tahan tubuh akan semakin kuat.

  1. Memperbaiki Kondisi Kulit dan Rambut

Jika kamu sering mengalami kulit kusam dan rambut rontok, kamu bisa coba untuk mandi pagi dengan air dingin. Ini karena mandi pagi dengan air dingin dapat melembapkan dan mengencangkan pori-pori, sehingga bisa mencegah kotoran masuk yang mengakibatkan tersumbatnya pori-pori kulit.

  1. Membantu Meningkatkan Fokus

Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh US National Library of Medicine disebutkan kalau mandi air dingin membantu melatih saraf untuk tahan terhadap stres dan meningkatkan fokus. Mandi air dingin dapat membuat kamu lebih tenang dan menstabilkan emosi.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai manfaat mandi pagi, bisa kamu tanyakan langsung saja di Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat kapan dan di mana saja.

Referensi:
US National Library of Medicine. Diakses pada 2020. Improved antioxidative protection in winter swimmers.
MSN.com. Diakses pada 2020. 12 Benefits Of Taking Cold Showers Every Day.
Menprovement. Diakses pada 2020. 16 Benefits of Cold Showers That Will Blow Your Mind.
Independent.co.uk. Diakses pada 2020. EXPERTS REVEAL WHEN THE BEST TIME TO SHOWER IS.