25 September 2018

Jangan Malas Naik Tangga di Kantor, Ini Manfaatnya!

manfaat naik tangga, olahraga ringan,malas naik tangga

Halodoc, Jakarta – Semakin berkembangnya teknologi, nampaknya orang-orang mulai meninggalkan kebiasaan menaiki tangga karena saat ini sudah banyak tersedia eskalator atau lift dimana-mana. Bahkan dikantor sekalipun, banyak orang yang memilih menggunakan lift untuk mempersingkat waktu atau menghemat energi tubuh untuk bekerja.

Padahal, memilih naik atau turun menggunakan tangga nyatanya memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kamu. Jika kamu salah satu tipe pekerja keras yang cukup sulit menemukan waktu untuk berolahraga, sebaiknya pilihlah penggunaan tangga untuk naik maupun turun dalam jarak yang cukup baik. Hal itu kamu akan merasakan manfaatnya untuk kesehatan kamu.

Berikut adalah manfaat naik tangga yang bisa kamu rasakan jika menggunakan tangga untuk naik maupun turun di sela-sela waktu bekerja di kantor.

1. Membakar Kalori

Sebuah penelitian mengatakan bahwa menaiki tangga nyatanya dapat membakar kalori lebih banyak daripada melakukan jogging. Setiap menggunakan tangga untuk naik ataupun turun, nyatanya dapat memberikan manfaat yang sama untuk membakar kalori. Namun, pada saat kamu menggunakan tangga untuk naik, kalori yang terbakar akan lebih cepat. Hal ini karena tekanan yang diberikan tubuh pada saat kamu menaiki tangga lebih besar dibandingkan saat kamu menuruni anak tangga. Bagi kamu yang memiliki masalah kelebihan berat badan, sepertinya penggunaan tangga di kantor atau di pusat keramaian lainnya sangat bermanfaat untuk mengembalikan berat badan sesuai dengan yang kamu inginkan.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Nyatanya, penggunaan tangga dapat meningkatkan kesehatan jantung. Dengan menggunakan tangga untuk naik maupun turun, kamu bisa melancarkan aliran darah yang membawa oksigen menuju jantung. Dengan tercukupinya kebutuhan oksigen pada jantung, membuat jantung lebih sehat sehingga kamu bisa terhindar dari risiko penyakit jantung. Bahkan, sebuah penelitian pada Journal Circulation di tahun 2015, mengungkapkan bahwa dengan rajin menggunakan tangga kamu bisa menurunkan risiko kematian sebesar 38 persen. Bahkan jika kamu rajin menggunakan tangga dan aerobik, kamu bisa memperpanjang usia hingga 3 tahun lamanya.

3. Menguatkan Otot Tubuh Khususnya Bagian Otot Kaki

Ketika kamu menggunakan tangga untuk naik maupun turun, ini membuat otot  dan tulang di seluruh tubuh kamu aktif bergerak, khususnya bagian kaki kamu. Semakin banyak otot dan tulang yang bergerak akan membuat kamu terhindar dari penyakit osteoporosis. Tidak hanya itu, tulang kamu juga akan semakin padat.

4. Mencegah Penyakit Diabetes

Saat kamu menggunakan tangga untuk naik ataupun turun, bagian otot skeletal kamu akan ikut aktif bergerak. Dengan pergerakan bagian otot skeletal secara dinamis, nyatanya bermanfaat untuk mengendalikan gula darah menjadi stabil. Hal ini membuat gula darah dalam tubuh tidak meningkat secara cepat dan tubuh kamu akan menjadi lebih sehat.

5. Meningkatkan Produktivitas Kerja

Zaman serba canggih seperti ini terkadang membuat semuanya terlihat serba praktis. Termasuk mengganti penggunaan tangga dengan eskalator atau lift. Padahal, dengan menggunakan tangga saat di kantor akan membuat kamu menjadi lebih semangat untuk bekerja dan menjauhkan kamu dari rasa ngantuk. Tidak hanya itu, penggunaan tangga nyatanya bisa meningkatkan energi dan stamina tubuh sehingga kamu selalu bersemangat untuk bekerja.

Tidak ada salahnya untuk menggunakan tangga jika kamu hanya akan naik atau turun 2 hingga 3 lantai saja. Dengan rutin menggunakan tangga, kamu bisa menghemat pengeluaran kamu untuk mengurangi pergi ke tempat gym atau tempat olahraga lainnya, bukan? Banyak olahraga ringan yang bisa kamu lakukan di kantor saat waktu kosong. Gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya ke dokter manfaat rutin melakukan olahraga ringan di kantor. Yuk download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

 

Baca juga: