Kebiasaan Merokok dapat Merusak Kesehatan Jantung

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
 merokok, kesehatan jantung

Halodoc, Jakarta - Punya kebiasaan merokok? Atau susah menghilangkan kebiasaan yang enggak sehat ini? Merokok enggak hanya membuat uang kamu menjadi habis dengan sia-sia, tapi membuat pakaian yang kamu pakai jadi berbau, gigi dan kuku menjadi kekuningan, serta dapat merusak kesehatan jantung kamu. Merokok dapat meningkatkan risiko seseorang mengidap penyakit jantung menjadi empat kali lipat. Jadi, sebelum terlambat, lebih baik kamu melakukan pencegahan sekarang!

Baca juga: Alasan Pengidap Penyakit Jantung Membutuhkan Pemeriksaan Treadmill

Kebiasaan Merokok dapat Merusak Kesehatan Jantung

Merokok dapat merusak lapisan arteri, dinding arteri menebal, dan terhambatnya aliran darah di sepanjang arteri, karena adanya penumpukan lemak serta plak. Penumpukan lemak dalam arteri ini disebut dengan atherosclerosis. Arteri yang mengalami penyempitan akan membuat berkurangnya pasokan darah ke dalam jantung. Nah, penyempitan ini akan sangat membahayakan bagi seseorang yang menjalani aktivitas fisik, karena jantung akan dipaksa untuk bekerja memompa darah. Hal ini bisa saja menyebabkan nyeri dada, bahkan serangan jantung.

Perokok Pasif Terkena Penyakit Jantung, Apa Bisa?

Seberapa banyak kamu terpapar asap rokok akan menentukan kesehatan jantung kamu. Seorang perokok pasif yang sering terpapar asap rokok bahkan bisa mengalami peningkatan risiko terkena penyakit jantung. Karena sangat berbahayanya asap rokok, berhenti merokok tidak hanya mencegah penyakit jantung datang pada dirimu sendiri, tetapi pada orang-orang yang berada di sekitarmu. Bagi perokok pasif yang masih sering terpapar asap rokok, sebaiknya hindari lingkungan yang sering terpapar asap rokok, guna menjaga kesehatan jantung.

Baca juga: Cegah Serangan Penyakit Jantung dengan Kebiasaan Ini

Begini Langkah Pencegahan Penyakit Jantung

Jantung kamu akan baik-baik saja jika darah pada jantung mengalir dengan baik. Aliran darah yang baik dapat kamu dapatkan dengan diet sehat dan olahraga secara teratur. Namun, jika kamu adalah seorang perokok, melakukan diet sehat dan olahraga saja tidaklah cukup untuk menjaga jantung kamu tetap dalam kondisi baik. Sebaiknya, ambil langkah-langkah guna mencegah penyakit jantung datang dengan cara mengurangi konsumsi rokok, atau dengan berhenti merokok.

Mengurangi konsumsi rokok secara perlahan dan secara bertahap dapat menurunkan risiko terjadinya masalah pada jantung. Kamu bisa mencobanya dengan mengurangi konsumsi rokok setiap harinya. Setelah berhasil, tentukan kapan kamu harus berhenti merokok secara total. Bisa jadi dengan berhenti merokok, kamu akan merasa lebih baik, dan kemungkinan hidup kamu menjadi lebih lama.

Jika kamu merupakan perokok pasif yang terkena asap rokok secara terus-menerus, kamu dapat menurunkan risiko penyakit jantung dengan menjaga jarak dengan lingkungan saat orang lain sedang merokok. Penyakit jantung bukanlah takdir, karena penyakit ini dapat timbul dari gaya hidup tidak sehat yang kamu jalani. Kamu dapat bebas untuk memilih langkah pencegahan atau tidak sama sekali.

Baca juga: 6 Buah yang Berkhasiat untuk Pengidap Penyakit Jantung

Alangkah baiknya jika kamu menghindari rokok dan asap rokok, olahraga teratur, melakukan diet yang sehat, dan kurangi berat badan agar tetap ideal untuk mencegah terjadinya kerusakan pada jantung. Penyakit jantung tidak hanya dialami oleh mereka yang sudah berusia lanjut. Jadi, waspadai sejak dini, ya! Selain itu, kamu bisa melakukan check up rutin guna memonitor tingkat gula darah dan tekanan darah dalam dirimu. Dengan Halodoc, kamu bisa membuat janji dengan dokter di rumah sakit yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Jangan lupa untuk download aplikasi Halodoc segera!