13 December 2017

Kebiasaan Pagi Ini Berpotensi Bikin Bobot Naik

Kebiasaan Pagi Ini Berpotensi Bikin Bobot Naik

Halodoc, Jakarta - Memiliki berat badan yang ideal tak hanya penting untuk penampilan, namun juga kesehatan tubuh. Sebab saat seseorang mengalami kelebihan berat badan alias obesitas, maka penyakit  akan semakin mudah untuk menyerang. Maka dari itu, agar tetap sehat penting untuk menjaga berat badan tetap seimbang.

Meningkatnya berat badan nyatanya sangat berhubungan dengan kebiasaan harian seseorang. Termasuk aktivitas di pagi hari yang dilakukan setelah bangun tidur. Menurut seorang ahli dari Institute for Sustainable Weight Loss, Susan Peirce Thompson, Ph.D., aktivitas yang dilakukan setelah bangun tidur benar-benar berdampak pada apa yang akan seseorang lakukan sepanjang hari. Sehingga, memulai pagi dengan kebiasaan yang salah dapat mengacaukan program diet yang sedang dijalani.

Tak berhenti di situ, selain mengacaukan diet kebiasaan pagi yang salah malah bisa membuat bobot tubuh semakin naik. Enggak mau kan mengalaminya? Hindari 5 kebiasaan pagi berikut agar tubuh langsing dan sehat dapat segera terwujud!

1. Tidur Lagi

Kebiasaan yang satu ini mungkin pernah dilakukan oleh siapapun, apalagi saat sedang kurang tidur. Namun ternyata tidur lagi setelah bangun dari tidur di pagi hari bisa membuat berat badan malah bertambah, lho.

Dalam jurnal PLOS One disebutkan bahwa tidur lebih dari 10 jam dalama sehari dapat meningkatkan risiko obesitas. Namun sebaliknya , kurang tidur juga bisa memberi dampak yang kurang lebih sama. Sebab saat kurang tidur, terjadi peningkatan hormon kortisol dalam tubuh yang dapat merangsang nafsu makan menjadi lebih tinggi. Maka sebaiknya tidurlah dengan durasi yang direkomendasikan yaitu tujuh sampai dengan sembilan jam pada malam hari.

2. Menutup Rapat Jendela

Jendela dan ventilasi udara dalam kamar tak hanya berguna untuk pertukaran udara dalam ruangan. Lebih dari itu, lubang ventilasi dan jendela juga berfungsi untuk mengatur pencahayaan ruangan. Dan kebiasaan yang dapat membuat bobot naik lainnya adalah menutup rapat jendela, sehingga ruangan kurang cahaya di pagi hari.

Membiarkan jendela kamar tertutup rapat di pagi hari dapat menghilangkan kesempatan tubuh menerima manfaat dari sinar matahari. Padahal, sinar matahari penting untuk mengatur mood sepanjang hari. Peneliti juga menemukan bahwa orang yang sering terpapar sinar matahari pagi cenderung akan lebih cepat dalam menurunkan berat badan.

3. Meninggalkan Kasur Berantakan

Kebiasaan yang satu ini berpotensi untuk mengganggu ketenangan dan kenyamanan selama tidur. Saat tidur malam tak berkualitas dan terganggu, maka proses penurunan berat badan pun akan semakin terhambat.

Sebuah survei dari National Sleep Foundation menemukan bahwa orang yang rutin merapikan tempat tidur di pagi hari akan memiliki tidur yang lebih nyenyak. Tidur yang nyenyak serta berkualitas berhubungan langsung dengan proses penurunan berat badan.

4. Melupakan Timbangan

Menimbang berat badan saat pagi hari berguna untuk mengontrol dan menghindari berat badan melesaat. Sebab selalu menimbang berat badan dapat dijadikan acuan pola makan dan olahraga harian kamu. Kamu akan mengatahui berapa banyak kalori yang harus dibakar hari ini dan berapa banyak kalori yang boleh masuk ke dalam tubuh.

Sebuah riset yang dilakukan Universitas Cornell mengamati 162 wanita dan pria yang kelebihan berat badan selama dua tahun.Peneliti pun menemukan bahwa mereka yang terbiasa menimbang berat badan di pagi hari, cenderung lebih berhasil dalam menurunkan berat badan.

5. Tidak Sarapan

Sarapan adalah waktu makan paling penting dalam satu hari. Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa melewatkan sarapan dapat membuat seseorang rentan terkena penyakit seperti obesitas, diabetes hingga stroke.

Selain itu, rutin sarapan ternyata dapat membantu program penurunan berat badan. Pasalnya, orang yang sarapan dengan menu sehat setidaknya 600 kalori tidak akan mudah merasa lapar. Sehingga mencegah makan berlebihan yang bisa berujung dengan penimbunan lemak.

Selain mengubah kebiasaan, kamu juga bisa mencoba untuk meminta bantuan seorang yang ahli untuk mengatur jumlah kalori dan gizi yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga tidak membuat berat badan bertambah. Atau kamu bisa memanfaatkan aplikasi Halodoc untuk berbicara dengan dokter melalui Video/Voice Call dan Chat seputar menu makan sehat untuk menurunkan berat badan. Halodoc juga bisa membantu kamu dalam membeli produk kesehatan. Yuk, download sekarang!