Kenali Masalah Keputihanmu, Ini Caranya!

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Kenali Masalah Keputihanmu, Ini Caranya!

Halodoc, Jakarta – Keputihan adalah kondisi ketika ada cairan putih yang keluar dari Miss V. Jangan langsung panik, karena tidak semua keputihan itu berbahaya. Keputihan terbagi atas keputihan normal dan abnormal. Keputihan normal biasanya terjadi setiap bulan sebelum atau sesudah menstruasi dan ketika masa subur.

Sedangkan yang tidak normal terjadi akibat infeksi akibat jamur, virus, dan parasit. Masalah keputihan ini juga merupakan salah satu penyakit yang sering menyerang wanita lho. Untuk mengatasinya, sebaiknya kamu kenali dulu masalah yang mengakibatkan keputihan dan memperhatikan hal-hal berikut ini.  

Mengapa Wanita Mengalami Masalah Keputihan?

Sekresi Miss V yang normal akan terlihat bening atau atau putih seperti susu. Lendir yang diproduksi oleh kelenjar vagina dan serviks ini keluar sambil membuang sel-sel mati dan bakteri. Jadi sebetulnya keputihan adalah cara Miss V untuk menjaganya bebas dari kuman yang tidak menguntungkan. Keputihan adalah proses sekresi alami, dan lendir hasil sekresi normalnya tidak berbau. Jika memang keputihan alami, kamu enggak perlu merasa khawatir kok.

(Baca juga: Kebiasaan Baik Ini Mencegah Kamu dari Keputihan)

Jenis Keputihan Berdasarkan Warna

Ada beberapa jenis keputihan. Jenis ini dikategorikan berdasarkan warna dan konsistensinya.

  • Cairan tebal dan putih, tanda infeksi jamur. Bisa juga disertai rasa gatal atau bengkak di sekitar vulva.
  • Putih, kuning, atau abu-abu, terutama jika disertai bau amis. Jenis ini kemungkinan merupakan tanda bakteri vaginosis. Bisa juga disertai rasa gatal dan bengkak.
  • Kuning atau hijau, terutama dengan tekstur kental, tebal, atau disertai bau busuk, tidak normal. Ini merupakan tanda infeksi trikomoniasis, yang umumnya menyebar melalui hubungan intim.
  • Coklat dengan bercak darah, ini bisa jadi akibat haid yang tidak teratur. Namun keputihan jenis ini bisa juga merupakan pertanda penyakit yang lebih serius seperti kanker serviks jika disertai nyeri panggul atau pendarahan Miss V.
  • Berwarna kuning berawan, terutama jika disertai nyeri pelvis, ini bisa jadi tanda gonore.

(Baca juga: 5 Penyakit Kelamin Berbahaya yang Perlu Diketahui)

Jika tanda-tanda keputihan yang tidak normal mulai kelihatan, kamu perlu berdiskusi dengan dokter. Kamu juga bisa bertanya kepada dokter melalui video/voice call atau chat di aplikasi Halodoc lho.

Faktor-faktor yang memengaruhi keputihan meliputi apa yang kamu makan, siklus menstruasi, apakah kamu mengonsumsi obat tertentu, pil kontrasepsi, menyusui, sedang hamil atau di bawah tekanan? Mengonsumsi antibiotik atau menggunakan produk pembersih Miss V juga bisa mengganggu keseimbangan pH alami Miss V.

Mau tau lebih banyak tentang keputihan dan penyakit yang sering menyerang wanita, yuk download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play. Di aplikasi Halodoc selain bisa berdiskusi dengan dokter ahli, kamu juga bisa membeli obat dan vitamin yang akan diantarkan langsung ke tempat tujuan dalam satu jam. Kamu juga bisa melakukan cek lab tanpa harus keluar rumah, lho.