25 September 2018

Kenali Serangan Heat Stroke saat Lari

serangan heat stroke, heat stroke saat lari, apa itu heat stroke, mencegah heat stroke, gejala heat stroke,heat stroke

Halodoc, Jakarta – Olahraga lari kini sedang menjadi olahraga yang populer di berbagai belahan dunia. Bukan hanya sekedar untuk gaya hidup saja, nyatanya olahraga lari juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan kamu. Meskipun kedengarannya sederhana, tetapi kamu perlu melakukan beberapa persiapan sebelum memulai olahraga lari.

Tidak hanya mempersiapkan peralatan, seperti pakaian dan sepatu yang nyaman untuk digunakan dalam olahraga lari, kamu juga perlu mengetahui cara berlari yang baik agar terhindar dari cedera atau kemungkinan buruk lainnya. Terlalu banyak beraktivitas fisik di bawah sengatan sinar matahari atau lingkungan yang bersuhu tinggi ternyata dapat memberikan dampak yang buruk. Tidak hanya sunburn, kamu juga bisa terkena serangan heat stroke.

Mengenal Heat Stroke

Kondisi heat stroke terjadi ketika tubuh kamu mengalami peningkatan suhu tubuh secara drastis dalam waktu yang sangat cepat. Dengan begitu, tubuh kamu tidak bisa mendinginkan suhu tubuh dengan cepat agar kembali normal. Heat stroke juga bisa terjadi disaat kamu berada di bawah sinar matahari yang cukup tinggi dengan kondisi fisik kelelahan.

Heat stroke bisa terjadi saat kamu sedang olahraga lari dengan jarak yang cukup jauh di bawah sinar matahari secara langsung. Saat berlari, usahakan agar tubuh tidak dehidrasi agar kamu terhindar dari heat stroke saat berlari.

Gejala Heat Stroke

Banyak tanda-tanda atau gejala yang akan kamu rasakan jika kamu mengalami heat stroke. Sebaiknya, hindari penggunaan jaket saat akan berlari pada siang hari untuk menghindari terkena heat stroke.

1. Mual dan Muntah

Saat kamu mengalami heat stroke, kamu akan merasakan mual dan muntah. Sebaiknya, kamu segera beristirahat jika kamu mengalami mual dan muntah saat sedang berlari.

2. Berkeringat Deras

Selain mual dan muntah, kamu akan mengalami keringat yang cukup deras saat mengalami heat stroke. Sebaiknya, segera berhenti dan mengonsumsi air yang cukup untuk menggantikan cairan yang hilang akibat keluarnya keringat dengan deras.

3. Kulit Memerah

Gejala yang muncul juga akan terlihat pada kulit kamu. Biasanya kulit akan memerah dan terasa cukup panas.

4. Sakit Kepala

Pada fase sakit kepala, biasanya kamu akan merasakan kepala yang terasa sangat ringan. Tidak hanya itu, kamu akan merasakan pusing dengan sensasi berkunang-kunang dan membuat rasa tidak nyaman pada tubuh kamu.

5. Pernapasan Cepat

Kamu juga akan merasakan napas yang menjadi lebih cepat dari biasanya. Tidak hanya itu, biasanya akan diikuti dengan lonjakan denyut jantung yang mendadak cepat.

6. Pingsan

Pingsan adalah gejala yang paling parah terjadi pada kamu jika mengalami mengalami heat stroke.

Pertolongan Pertama Saat Terjadi Serangan Heat Stroke

Banyak cara yang bisa kamu lakukan saat terjadi serangan heat stroke ketika berlari. Beberapa adalah:

  • Konsumsi air putih dingin saat kamu mengalami heat stroke untuk mengembalikan suhu tubuh menjadi normal.
  • Kamu bisa beristirahat di ruangan dengan suhu yang cukup dingin atau ruangan yang memiliki pendingin ruangan didalamnya.
  • Rendam tubuh dalam air yang dingin. Tidak ada salahnya juga, menyiramkan air dingin ke tubuh saat kamu merasa mengalami heat stroke saat berlari.

Mencegah Heat Stroke Saat Berlari

Saat kamu akan melakukan olahraga lari, sebaiknya hindari pada siang hari dengan terik sinar matahari yang cukup tinggi. Tidak hanya itu, gunakan pakaian yang tipis dan nyaman saat akan berlari. Jangan gunakan jaket ketika berlari karena itu bisa menjadi salah satu penyebab serangan heat stroke saat berlari. Hal yang terakhir, jangan lupa untuk mengonsumsi cairan yang cukup sebelum beraktivitas dan membawa air dingin yang cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan yang keluar melalui keringat.

Jangan lupa untuk konsultasikan kesehatan kamu ke dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

 

Baca juga: