26 August 2016

Kenali Tandanya, Ini 4 Cara Mudah Atasi Stress

HaloDoc, Jakarta. Seringkali dianggap masalah sepele, stres yang biasa disebut beban pikiran pun bisa berdampak negatif pada kesehatan. Pada rentang usia produktif, orang-orang cenderung sering bekerja dan mengabaikan tekanan yang dialami sehari-hari. Padahal jika tidak diatasi dengan benar, beban pikiran bisa mempengaruhi emosi serta kinerja Anda, lho.

Tanpa disadari, rutinitas sehari-hari yang dikerjakan telah banyak membebani pikiran. Untuk itu, yuk cari tahu apa saja tanda, bahaya, serta cara mengatasinya berikut ini.

Kenali Tandanya

Cara paling mudah mengenali tanda Anda mengalami beban pikiran berat adalah sakit kepala, sakit pinggang, sakit leher, sakit ulu hati, otot tegang, selalu merasa lelah, tidur terganggu, mudah marah, tidak sabar, pelupa, hingga depresi. Jika mengalami satu atau bahkan lebih dari tanda-tanda itu, Anda patut waspada, ya.

Cari Tahu Bahayanya

Tanpa disadari, beban pikiran berat dapat meningkatkan perilaku tidak sehat seperti merokok, minum alkohol, makan terlalu banyak, hingga malas berolahraga. Inilah yang menimbulkan gangguan kesehatan seperti naiknya tekanan darah dan kadar kolesterol darah. Efek terburuknya adalah peningkatan risiko terkena penyakit jantung.

Cara Mengatasinya?

Inilah empat cara mudah untuk mengatasi beban pikiran. Pertama adalah selalu berpikiran positif. Daripada berpikir, Saya tidak bisa melakukan ini lebih baik berpikir Saya akan mencoba yang terbaik.

Kedua, selalu lakukan kebiasaan baik seperti perbaiki pola hidup sehat dengan tidur teratur, makan makanan sehat, dan rutin berolahraga. Hindari rokok dan alkohol saat Anda merasa tertekan.

Ketiga, lakukan teknik bernafas ini di sela jam kerja dan waktu luang Anda. Mulailah berhitung hingga 10 sebelum bicara. Lalu atur nafas panjang sebanyak 3-5 kali untuk menenangkan pikiran saat jeda bekerja. Di sela jam kerja, sisihkan waktu untuk berjalan santai agar pikiran lebih rileks. Terakhir, adalah meditasi. Anda bisa mencoba pagi hari sebelum mulai beraktivitas atau usai bekerja seharian di rumah.

Keempat, sisihkan waktu 15 menit setiap hari dan satu hari dalam seminggu untuk melakukan kegiatan yang Anda suka. Anda bisa menonton film favorit, jalan-jalan bersama orang terkasih, olahraga dan masih banyak yang lainnya adalah kegiatan yang membuat Anda lebih rileks.

Nah, tidak sulit bukan untuk mengatasi beban pikiran Anda?