• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kerutan di Bawah Mata Mengganggu? Ini Cara Mengatasinya

Kerutan di Bawah Mata Mengganggu? Ini Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta - Selain jerawat dan kulit berminyak, kerutan pada mata sering kali membuat para wanita jadi enggak percaya diri. Alasannya jelas, kerutan mata tersebut membuat diri mereka jadi terlihat lebih tua.

Berbicara soal kerutan mata ini, banyak faktor yang bisa menyebabkannya. Mulai dari genetik, merokok, hingga paparan sinar UV. Nah, pertanyaannya simpel. Bagaimana cara mengatasi kerutan mata? Enggak usah bingung, simak tips berikut untuk mengatasi kerutan di bawah mata.

1. Minyak Kelapa

Kerutan bawah mata dapat diatasi dengan menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa mengandung vitamin E dan antioksidan untuk mengurangi kerutan di bawah mata. Cara menggunakannya mudah saja, oleskanlah minyak tersebut di bawah mata dan pijatlah bagian tersebut. Lakukan setiap malam sebelum tidur.

Cara lainnya yaitu dengan menggunakan masker yang terbuat dari minyak kelapa dan kunyit. Campurkan 1 sendok minyak kelapa dan sejumput kunyit. Oleskan hasil tersebut pada kerutan di bawah mata dan diamkan selama 20 menit lalu cucilah hingga bersih dengan air biasa.

Baca juga: 10 Trik Makeup Sembunyikan Keriput

2. Madu

Madu merupakan bahan lainnya yang bisa digunakan untuk mengatasi kerutan bawah mata. Kandungan dalam madu dapat membantu mengencangkan kulit dan juga mencerahkan kulit. Cara menggunakannya sederhana saja.

Oleskan madu mentah di bawah mata atau campurkan dengan tepung beras untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Tepung beras mengandung antioksidan yang mampu menghidrasi kulit dengan baik.

3. Minyak Zaitun

Selain dua bahan di atas, cara mengatasi kerutan bawah mata lainnya yaitu dengan penggunaan minyak zaitun. Vitamin E dan C pada kandungan minyak zaitun dapat menghilangkan keriput di sekitar mata. Untuk hasil yang maksimal, gunakan minyak zaitun setiap hari untuk mengobati keriput di sekitar mata.

Caranya yaitu dengan mencampur 1 sendok minyak zaitun dan 1 sendok teh jus lemon segar. Lalu, oleskan di bagian bawah mata dan diamkan selama 15 menit. Kemudian, cuci dengan air hangat. Ulangi hal tersebut pada hari-hari tertentu untuk hasil yang kamu inginkan.

4. Yogurt

Kamu juga dapat memanfaatkan yoghurt untuk mengatasi kerutan bawah mata. Asam laktat pada kandungan yoghurt membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan membuat kulit menjadi kencang. Bagaimana cara menggunakan yoghurt untuk mengatasi kerutan mata?

Caranya dengan mencampurkan 1 sendok yoghurt, 1 sendok madu, dan beberapa tetes air mawar di dalam mangkuk. Campur semua bahan dan oleskan pada keriput di bawah mata. Lalu diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilaslah dengan air bersih. Agar hasilnya maksimal, buatlah perawatan wajah ini menjadi rutinitas.

Baca juga: 6 Cara Menghilangkan Kerutan di Dahi

  1. Obat-obatan

Cara mengatasi kerutan mata bisa melalui obat-obatan. Misalnya, dengan menggunakan krim mata yang diresepkan oleh dokter. Krim ini biasanya mengandung bahan antipenuaan yang lembut untuk kulit.

Krim mata juga mengandung bahan-bahan seperti retinoid, vitamin c, zat pelembap, dan peptida. Nah, bahan-bahan ini yang berperan untuk mengisi kerutan yang ada di sekitar mata.

Sebaiknya, sebelum memakai jenis obat-obatan tersebut, kamu bisa berdiskusi dengan dokter tentang jenis obat yang tepat untuk dipakai. Kini kamu bisa menghubungi dokter kulit melalui aplikasi Halodoc. Lebih praktis, kan?

  1. Gunakan Tabir Surya

Ada studi menarik mengenai hubungan sinar UV dan kesehatan kulit, termasuk kulit wajah. Nah, di dalam National Center for Biotechnology - Environmental Influences on Skin Aging disebutkan, proses penuaan kulit akibat sinar UV sebenarnya kompleks. Salah satunya bisa mengurangi sintesis kolagen padahal kolagen berperan penting bagi kulit.

Kolagen merupakan protein yang ada kulit. Di dalam kulit, kolagen memengaruhi kekuatan dan kekenyalan kulit. Ringkasnya, kolagen berperan besar untuk membuat kulit terlihat awet muda, kenyal, dan bebas keriput. Namun, kekuatan kolagen ini bisa rusak akibat paparan sinar UV yang berlebihan.

Oleh sebab itu, gunakan krim tabir surya sebelum melakukan aktivitas di luar. Tujuannya jelas, untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV sehingga bisa mengurangi kerutan pada mata.

Baca juga: 6 Cara Mudah Hilangkan Mata Panda

  1. Berhenti atau Jangan Merokok

Masih merujuk pada studi di atas, rokok juga bisa menimbulkan kerutan kulit, termasuk kerutan mata. Studi di atas mengatakan, perokok cenderung terlihat lebih tua daripada mereka yang tidak merokok. Kok bisa? Alasannya jelas, rokok mengandung zat-zat beracun yang bisa memecah kolagen dan merusak elastisitas kulit. Oleh karena itu, berhentilah merokok untuk mengurangi kerutan pada mata.

  1. Hindari Polusi Udara

Ingat, polusi udara enggak cuma menyoal paru-paru atau masalah kardiovaskular saja. Menurut studi National Center for Biotechnology di atas, masalah kulit seperti kerutan bawah mata bisa disebabkan oleh polusi udara. Kulit merupakan penghalang terluar tubuh dengan berbagai polutan udara. Makanya jangan heran kalau kulit akan bermasalah ketika sering terpapar polutan.

Nah, itulah cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah kerutan pada mata. Ingat, perawatan kulit dari luar itu penting, namun perawatan dari dalam juga tidak kalah pentingnya, ya.

Referensi:
NCBI. Diakses pada 2019. Environmental Influences on Skin Aging and Ethnic-Specific Manifestations. Dermato-Endocrinology.
Web MD. Diakses pada 2019.  23 Ways to Reduce Wrinkles.