01 October 2018

Kerutan Bawah Mata Mengganggu? Ini Cara Mengatasinya

Kerutan Bawah Mata Mengganggu? Ini Cara Mengatasinya

Halodoc, Jakarta - Kerutan di bawah mata bisa menjadi hal yang menjengkelkan ketika kamu dituntut untuk tampil cantik. Jika kamu masih belia, tetapi sudah mendapati kerutan di bawah mata, hal ini dapat menjadi masalah serius. Keriput di bagian bawah mata juga dapat membuat seseorang menjadi tampak lebih tua.

Faktor risiko munculnya kerutan di bawah mata seharusnya dapat dikontrol dengan mengurangi kebiasaan merokok dan menghindari paparan sinar ultraviolet secara berlebihan. Selain itu, faktor yang tidak dapat dikontrol yaitu faktor usia dan keturunan genetik.

Merokok diperkirakan dapat membuat proses penuaan pada kulit menjadi lebih cepat dibandingkan dengan yang tidak. Hal tersebut karena zat racun pada rokok dapat merusak kulit secara langsung dan mengurangi suplai darah ke kulit. Dampak polusi udara juga menyebabkan hal serupa.

Sinar ultraviolet yang terkena kulit dapat memecah jaringan ikat pada kulit. Tanpa jaringan-jaringan tersebut, kulit akan kehilangan elastisitas, sehingga muncul kerutan dini. Faktor usia juga dapat mengurangi elastisitas kulit secara alami, karena menurunnya produksi jaringan ikat dan minyak kulit.

Lantas bagaimanakah cara untuk mengatasi kerutan bawah mata? Berikut adalah cara alami untuk atasi hal tersebut.

1. Madu

Madu adalah salah satu bahan yang bisa digunakan untuk mengatasi kerutan bawah mata. Kandungan dalam madu dapat membantu mengencangkan kulit dan juga mencerahkan kulit. Kamu bisa memakainya dengan cara mengoleskan madu mentah di bawah mata atau mencampurnya dengan tepung beras untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Tepung beras mengandung antioksidan yang dapat menghidrasi kulit

Caranya yaitu campurkan 1 sendok tepung beras dengan 1 sendok madu. Jika dirasa hasilnya terlalu lengket, kamu dapat menambahkan lebih banyak madu ke dalam campurannya. Oleskan masker pada keriput di bawah mata kamu dan biarkan cairan tersebut mengering lalu bersihkan. Lakukan cara ini dua kali seminggu.

2. Minyak Kelapa

Kerutan bawah mata juga dapat diatasi dengan menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa mengandung vitamin E dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi kerutan di bawah mata. Oleskanlah minyak tersebut di bawah mata dan pijatlah bagian tersebut. Lakukan setiap malam sebelum tidur.

Cara lainnya yaitu dengan menggunakan masker yang terbuat dari minyak kelapa dan kunyit. Campurkan 1 sendok minyak kelapa dan sejumput kunyit. Oleskan hasil tersebut pada kerutan di bawah mata dan diamkan selama 20 menit lalu cucilah hingga bersih dengan air biasa.

3. Yogurt

Salah satu cara untuk mengatasi kerutan bawah mata yaitu dengan penggunaan yogurt. Asam laktat pada kandungan yoghurt dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan membuat kulit menjadi kencang. Kamu harus membuat hal tersebut menjadi rutinitas agar mendapat hasil yang maksimal.

Caranya yaitu dengan mencampurkan 1 sendok yoghurt, 1 sendok madu, dan beberapa tetes air mawar di dalam mangkuk. Campur semua bahan dan oleskan pada keriput di bawah mata, lalu diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilaslah dengan air bersih.

4. Minyak Zaitun

Cara mengatasi kerutan bawah mata lainnya yaitu dengan penggunaan minyak zaitun. Vitamin E dan C pada kandungan minyak zaitun dapat menghilangkan keriput di sekitar mata. Kamu harus menggunakan minyak zaitun setiap hari untuk mengobati keriput di sekitar mata.

Caranya yaitu dengan mencampur 1 sendok minyak zaitun dan 1 sendok teh jus lemon segar. Lalu, oleskan di bagian bawah mata dan diamkan selama 15 menit. Kemudian, cuci dengan air hangat. Ulangi hal tersebut pada hari-hari tertentu untuk hasil yang kamu inginkan.

Berikut adalah cara mengatasi kerutan bawah mata. Jika kamu mempunyai masalah kerutan bawah mata, kamu dapat diskusikan dengan dokter di Halodoc. Diskusi dengan dokter dapat dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Ayo, download aplikasinya sekarang di App Store atau Google Play!

Baca juga: