Cantengan

Pengertian Cantengan

Saat sudut ujung jari membengkak, terasa sakit, dan berwarna kemerahan akibat pertumbuhan sisi kuku yang menjorok ke dalam melukai kulit, itulah yang disebut dengan cantengan. Kondisi ini lebih sering terjadi pada jempol kaki.

Gejala Cantengan

Sudut kaki akan bengkak, nyeri dan berwarna kemerahan pada kaki yang cantengan. Selain tiu ada pula penumpukan cairan (edema) dan keluar nanah. Luka ini dapat terinfeksi dan kulit di sekitarnya akan mengalami peradangan serta tumbuh tidak normal. Rasa sakit akan semakin parah apabila jari yang cantengan tersentuh atau tertekan sesuatu.

Penyebab Cantengan

Ada banyak fakto yang menyebabkan cantengan misalnya karena mengenakan kaos kaki atau sepatu yang sempit, memotong kuku terlalu pendek atau tidak rapi, bentuk kuku yang melengkung ke dalam atau karena cedera. Faktor yang meningkatkan risiko cantengan adalah usia, diabetes dan aliran darah yang buruk ke kaki.

Diagnosis Cantengan

Diagnosis pada cantengan dengan mudah dilakukan melalui pemeriksaan fisik pada jari kaki yang mengalami cantengan. Tapi pada beberapa kasus, pemindaian sinar-X terutama pada cantengan yang disebabkan oleh cedera pada jari kaki kadang diperlukan. Pemindaian sinar-X juga berguna untuk memberikan gambaran kedalaman kuku yang telah menembus kulit dan menyebabkan cantengan.

Pengobatan Cantengan

  • Menjaga kebersihan kulit dengan rutin mencuci dengan air hangat dan sabun. Lakukan empat kali sehari selama masing-masing 20 menit.
  • Jauhkan sisi kulit dengan ujung kuku dengan bantuan cotton bud. Jika perlu, bantu kuku tumbuh di atas kulit dengan mengganjal dengan kapas.
  • Memotong kuku yang menancap pada kulit dan menjaga kebersihan kaki. Ingat untuk tidak memakai alas kaki yang menekan permukaan kulit agar tidak menimbulkan nyeri.
  • Konsumsi obat pereda rasa sakit yang bisa dikonsumsi adalah ibuprofen dan acetaminophen, namun harus disesuaikan dengan usia, dosis, dan petunjuk yang tertera pada kemasan.
  • Oleskan krim antibiotik pada jari yang cantengan untuk mencegah infeksi lalu perban dengan kasa.

Pada kasus cantengan yang parah, prosedur pengangkatan kuku bisa dilakukan lewat jalan operasi. Operasi ini dibagi menjadi dua yaitu operasi pencabutan sebagian kuku dan operasi pencabutan seluruh kuku.

Pencegahan Cantengan

  • Potonglah kuku secara lurus dan tidak melengkung.
  • Jangan memotong kuku terlalu pendek.
  • Singkirkan kulit-kulit keras atau kulit mati di sekitar kuku dengan menggunakan kikir khusus kuku atau batu apung.
  • Gunakan kaos kaki atau sepatu yang nyaman dan tidak menekan jari kaki.
  • Jagalah selalu kebersihan kaki dan gunakan pelembap.
  • Jika perlu, kunjungilah dokter secara rutin untuk memeriksakan kesehatan kaki.

Kapan Harus ke Dokter? 

Apabila cantengan menunjukkan tanda-tanda infeksi, seperti keluar nanah, pendarahan, atau inflamasi parah maka harus segera menghubungi dokter. Terutama bagi pengidap diabetes, karena kondisi ini bisa berdampak pada proses penyembuhan luka.