Nyeri Pergelangan Tangan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Pengertian Nyeri Pergelangan Tangan

Nyeri pergelangan tangan merupakan rasa sakit yang timbul akibat adanya peradangan pada ligamen atau otot, tulang, maupun persyarafan pada tangan.

 

Gejala Nyeri Pergelangan Tangan

Gejala yang umumnya timbul adanya nyeri saat pergelangan tangan digerakkan, namun hal ini juga tergantung dari struktur tangan yang terkena.

Jika mengenai persyarafan, maka bukan saja rasa nyeri yang muncul namun juga rasa baal dan kesemutan juga dapat muncul. Sedangkan jika bagian otot umumnya dapat terlihat adanya bengkak, kemerahan, dan riwayat cedera.

 

Penyebab dan Faktor Risiko Nyeri Pergelangan Tangan

Penyebab nyeri pada pergelangan tangan bervariasi, mulai dari artritis, gout, hingga Carpal Tunnel Syndrome (CTS). CTS merupakan kondisi yang cukup sering terjadi akibat aktivitas sehari-hari.

Hal ini terjadi akibat penekanan saraf medianus pada pergelangan tangan yang menimbulkan rasa nyeri, paresthesia, numbness, dan kelemahan sepanjang perjalan saraf medianus.

 

Diagnosis Nyeri Pergelangan Tangan

Selain dari gejala, diagnosis dapat ditegakkan melalui beberapa metode pemeriksaan laboratorium untuk pemeriksaan rheumatoid factor serta asam urat. Selain itu X-ray atau CT-scan hingga MRI juga dibutuhkan, EMG dilakukan sesuai indikasi terutama untuk CTS.

 

Pencegahan Nyeri Pergelangan Tangan

Pencegahan yang dapat dilakukan adalah mengistirahatkan tangan jika terdapat riwayat cedera, lakukan imobilisasi sementara, jangan lakukan aktivasi berat hanya menggunakan satu pergelangan tangan. Hindari untuk mengetik atau menulis dengan posisi yang tidak ergonomis.

 

Penanganan Nyeri Pergelangan Tangan

Penanganan awal dapat dilakukan dengan imobilisasi pergelangan tangan, kompres dingin, konsumsi obat antiinflamasi seperti ibuprofen atau natrium diklofenak untuk pereda nyeri.

 

Kapan Harus ke Dokter?

Jika terdapat gejala seperti di atas terutama kesemutan dan baal, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Untuk melakukan pemeriksaan, bisa langsung membuat janji dengan dokter pilihan di rumah sakit sesuai domisili kamu di sini.