Otoacoustic Emissions (OAE)

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Apa itu Otoacoustic Emissions?

Otoacoustic Emission (OAE) adalah gelombang yang dihasilkan oleh sel rambut halus bagian luar dari rumah siput, setelah diberi stimulus. Munculnya gelombang ini mengindikasikan bahwa rumah siput bekerja dengan baik, yang berhubungan langsung dengan fungsi pendengaran.

Pemeriksaan OAE banyak dilakukan di rumah sakit pada bayi yang baru lahir, sebagai screening awal adanya gangguan pendengaran atau tidak. Di banyak negara maju, screening bayi sudah menjadi keharusan tanpa kecuali, dan dikenal dengan istilah Universal Newborn Screening.

Ada 2 jenis pemeriksaan otoacoustic emissions yang biasa dilakukan dalam dunia medis, yaitu:

1. Transient Otoacoustic Emissions (TOAEs). Dalam pemeriksaan ini, suara yang dipancarkan merupakan respons terhadap rangsangan akustik, dan dipaparkan dengan durasi yang sangat singkat. Suara bisa berupa nada ‘klik’, tetapi bisa menjadi nada semburan.

2. Distortion Product Otoacoustic Emission (DPOAEs). Dalam pemeriksaan ini, suara dipancarkan sebagai respons terhadap 2 nada simultan dari frekuensi yang berbeda.

 

Bagaimana Melakukan Otoacoustic Emissions?

Pemeriksaan otoacoustic emissions dilakukan dengan menempelkan sumbat kecil ke telinga bayi/anak selama beberapa detik (mirip dengan pemeriksaan Timpanometri). OAE screener biasanya dilengkapi dengan speaker dan mikrofon mini yang dibalut dengan sumbat dari bahan lembut (eartip). Speaker akan menghantarkan stimulus ke dalam liang telinga, dan akan di respons oleh koklea. Kemudian, hantarannya akan dideteksi oleh mikrofon dan diukur oleh screener.

Unsur-unsur dalam telinga yang terlibat dalam pemeriksaan OAE termasuk sumber suara, gendang telinga, rantai tulang pendengaran, telinga bagian dalam, dan sel-sel rambut luar. Struktur yang sama mentransmisikan suara yang keluar dari sel-sel rambut luar. Jika dalam pemeriksaan ada resonansi atau filter antara sumber suara dan mikrofon, ini akan menyebabkan spektrum frekuensi OAEs berubah. Dengan demikian, OAEs dapat dikatakan "mencerminkan" kombinasi telinga dalam dan fungsi telinga luar atau tengah.

Individu dengan saluran telinga kecil (seperti bayi) berbeda dari orang dewasa, karena perbedaan ukuran telinga eksternal dan tengah. Itulah mengapa pemeriksaan ini kerap dilakukan pada bayi yang baru lahir.

Dalam praktiknya, ada 2 jenis metode dalam pemeriksaan OAE, yaitu:

1. Sweep OAE

Dalam pemeriksaan ini, perangkat yang digunakan akan memindai seluruh spektrum OAE, untuk menemukan area drop-out yang mungkin tidak terdeteksi. Pemeriksaan OAE jenis ini biasanya dilakukan ketika mengalami gejala tinnitus (telinga berdengung).

2. Contralateral Suppression

Jenis pemeriksaan OAE ini dilakukan dengan menghadirkan suara lain untuk telinga yang berlawanan atau yang sedang tidak diperiksa. Pemeriksaan ini dilakukan dengan mengurangi amplitudo TOAE di telinga yang berlawanan dengan suara masking. Efek ini kemudian dikaitkan dengan perubahan mikromekanik koklea melalui neuron kompleks olivary superior medial. Namun, hasil pemeriksaan OAE jenis ini belum cukup diandalkan untuk penggunaan klinis. Diperlukan serangkaian tes lain.

 

Kenapa Melakukan Otoacoustic Emissions?

Pemeriksaan otoacoustic emissions dilakukan untuk mendeteksi adanya gangguan pendengaran atau tidak. Pemeriksaan ini umumnya dilakukan pada bayi baru lahir. Sebab, jika pada usia ini ditemukan adanya gangguan pendengaran, penanganan medis lanjutan dapat segera dilakukan, untuk mencegah gangguan pendengaran permanen atau masalah kesehatan lainnya.

 

Kapan Melakukan Otoacoustic Emissions?

Seperti telah disebutkan sebelumnya, pemeriksaan otoacoustic emission perlu dilakukan sedini mungkin. Bahkan ketika baru lahir. Sebab, pemeriksaan ini bertujuan untuk mendeteksi secara dini gejala atau tanda adanya gangguan pendengaran pada anak.

 

Di Mana Melakukan Otoacoustic Emissions?

Pemeriksaan otoacoustic emissions dapat dilakukan di rumah sakit, yang menyediakan layanan atau peralatan yang memadai.

Kamu bisa memilih dokter yang sesuai dengan kebutuhan kamu, di rumah sakit pilihan kamu di sini.