Perikoronitis

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Pengertian Perikoronitis

Perikoronitis adalah infeksi jaringan lunak sekitar mahkota gigi sebagian terimpaksi. Umumnya, perikoronitis disebabkan oleh flora normal dalam rongga mulut.

 

Gejala Perikoronitis

Gejala perikoronitis dapat berupa rasa sakit di regio, pembengkakan, bau mulut, dan pembengkakan limfonodi submandibular.

 

Penyebab dan Faktor Risiko Perikoronitis    

Perikoronitis dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti keseimbangan antara pertahanan host dan bakteri, perikoronitis pada bagian posterior mandibula dapat disebabkan oleh trauma minor dari gigi M3 maksila, sisa makanan terperangkap di bawah operkulum, bakteri-bakteri Streptococcus dan sejumlah besar bakteri anaerob yang bervariasi.

Diagnosis Perikoronitis

Diagnosis umumnya ditegakkan berdasarkan anamnesis dan pemeriksaan gigi, selain itu juga dapat dilakukan x-ray panoramic.

 

Pencegahan Perikoronitis

Melakukan pencabutan gigi impaksi pada waktu masih muda yaitu pasien di bawah usia 25-26 tahun menjaga kesehatan tubuh merupakan cara untuk mencegah terjadinya perikoronitis.

 

Penanganan Perikoronitis

Menghilangkan plak di sekitar gigi kemudian flap gingiva (operkulum) dibersihkan. Operkulektomi juga merupakan alternatif perawatan pada perikoronitis. Perawatan sistemik dapat dilakukan pada pengidap perikoronitis dengan pemberian antibiotik seperti metronidazole dan sefalosporin.

 

Kapan Harus ke Dokter?

Jika terdapat gejala seperti di atas, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Untuk melakukan pemeriksaan, bisa langsung membuat janji dengan dokter pilihan di rumah sakit sesuai domisili kamu di sini.