• Beranda
  • /
  • Kesehatan
  • /
  • Scar Treatment
  • Beranda
  • /
  • Kesehatan
  • /
  • Scar Treatment

Scar Treatment

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
scar-treatment-halodocscar-treatment-halodoc

Pengertian Scar Treatment

Kulit adalah organ tubuh terbesar yang memiliki fungsi utama sebagai pelindung organ dalam tubuh. Luka bakar, cedera, atau bentuk trauma lainnya, termasuk pembedahan dapat menyebabkan munculnya bekas luka pada kulit. 

Munculnya bekas luka atau jaringan parut sebenarnya merupakan bagian alami dari proses penyembuhan setelah mengalami cedera. Tampilan dan cara perawatannya tergantung pada banyak faktor. Beberapa faktornya termasuk lokasi, ukuran (besar atau kecil), kedalaman luka, dan penyebab terjadinya luka.

Sayangnya, bekas luka tidak bisa hilang sepenuhnya. Namun, ada beberapa metode perawatan bekas luka atau scar treatment yang bisa dilakukan untuk mengecilkan ukuran dan menyamarkan tampilannya. 

Tujuan Scar Treatment

Perawatan luka atau scar treatment memiliki tujuan utama untuk membantu menyamarkan bekas luka yang mengganggu pada permukaan kulit, sekaligus mengurangi ukurannya. Perawatan ini membantu meningkatkan rasa percaya diri pada seseorang yang memiliki bekas luka. 

Manfaat Scar Treatment

Apa pun penyebab terjadinya, menghilangkan bekas luka, terutama pada wajah, dapat mengembalikan penampilan. Perawatan bekas luka dapat membuat warna kulit lebih merata dan tekstur kulit yang lebih halus. Tak hanya itu, menghilangkan bekas luka juga dapat memberikan efek positif dengan membantu meningkatkan rasa percaya diri.

Kapan Harus Melakukan Scar Treatment

Kamu bisa melakukan perawatan bekas luka apabila merasa bekas luka mengganggu penampilan. Selain itu, perawatan harus dilakukan bila bekas luka justru menunjukkan gejala peradangan atau infeksi. 

Prosedur Scar Treatment

Beberapa prosedur scar treatment yang bisa dilakukan sesuai dengan jenis bekas luka yang dialami yaitu:

  1. Menggunakan Kosmetik

Cara paling mudah yang bisa dilakukan adalah menggunakan kosmetik, terutama untuk bekas luka yang muncul pada bagian wajah. Biasanya, bekas luka didapat karena cedera, trauma, atau bekas luka karena operasi. 

Beberapa negara telah memiliki prosedur layanan kosmetik untuk menutupi bekas luka secara medis, seperti Inggris dan Skotlandia. Pastinya, tindakan ini dilakukan langsung oleh tenaga yang ahli dan profesional. 

Dokter akan membantu menemukan warna yang cocok dengan warna kulit, dan mengajari kamu bagaimana cara merias wajah yang tepat untuk menutupi bekas luka. Kosmetika yang digunakan biasanya bersifat tahan air dan memiliki ketahanan selama 2 atau 3 hari.

  1. Menggunakan gel atau lembaran silikon

Gel atau lembaran silikon dapat digunakan pada kulit yang telah sembuh (bukan luka terbuka), untuk membantu melembutkan dan meratakan bekas luka. Prosedur ini juga dapat meredakan gatal dan ketidaknyamanan.

Agar lebih efektif, gel atau lembaran silikon harus ditempatkan di atas bekas luka selama 12 jam sehari selama minimal 3 bulan. Lembaran atau gel silikon dapat dicuci dan digunakan kembali.

  1. Steroid

Steroid tidak dapat menghilangkan bekas luka sepenuhnya, tetapi dapat memperbaiki penampilannya. Suntikan kortikosteroid dapat digunakan untuk mengobati beberapa bekas luka keloid dan hipertrofik.

Bekas luka disuntik beberapa kali untuk mengurangi pembengkakan dan membuatnya merata. Tergantung pada jenis bekas luka, suntikan mungkin perlu diulang.

Suntikan biasanya diberikan 3 kali dengan selang waktu 4 hingga 6 minggu untuk menilai respons tubuh. Perawatan dapat berlanjut selama beberapa bulan jika bekas luka membaik.

Plester yang mengandung steroid juga dapat digunakan untuk meratakan bekas luka keloid. Ini dapat digunakan selama 12 jam sehari.

  1. Terapi laser

Laser dapat mengurangi kemerahan pada bekas luka dengan menargetkan pembuluh darah di jaringan parut yang berlebih. Operasi laser (laser resurfacing) menjadi prosedur yang digunakan untuk membuat bekas luka lebih rata. Prosedur ini melibatkan penggunaan laser untuk menghilangkan lapisan atas kulit yang merangsang produksi kolagen di lapisan yang lebih dalam.

  1. Krioterapi

Nitrogen cair dapat digunakan untuk membekukan bekas luka keloid. Jika digunakan pada tahap awal, prosedur krioterapi mungkin akan meratakan bekas luka keloid dan menghentikannya tumbuh.

  1. Pembedahan

Pembedahan terkadang dapat digunakan untuk memperbaiki bekas luka dengan:

  • Membuatnya tampak lebih alami.
  • Membuatnya kurang terlihat (dengan menggunakan cangkok kulit).

Meski begitu, operasi pengurangan bekas luka adalah perawatan invasif yang mungkin tidak cocok untuk semua orang. Kamu perlu mempertimbangkan pro dan kontra sebelum memutuskan untuk menjalani operasi. Selain risiko normal dari operasi, ada juga kemungkinan membuat bekas luka menjadi lebih buruk.

Tempat Melakukan Scar Treatment

Scar treatment bisa dilakukan di klinik kecantikan maupun rumah sakit yang memiliki fasilitas penunjang yang lengkap. Pastikan prosedur hanya dilakukan oleh dokter spesialis kulit yang berpengalaman, sehingga bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan risiko terjadinya komplikasi bisa dikurangi. 

Buat janji untuk melakukan scar treatment di rumah sakit terdekat lebih mudah pakai aplikasi Halodoc. Kamu bisa download aplikasi Halodoc langsung melalui App Store maupun Play Store. 

Referensi:
New England Cosmetic Surgery & Laser Center. Diakses pada 2022. Benefits of Scar Removal.
Radiance by WebMD. Diakses pada 2022. Cosmetic Procedures: Scars.
NHS. Diakses pada 2022. Treatment-Scars.
American Society of Plastic Surgeons. Diakses pada 2022. Scar Treatment 101: What are the first steps?
American Society for Surgery of the Hand. Diakses pada 2022. Scar Treatment.