24 July 2018

Ketahui 4 Ciri Hamil Anggur

ciri hamil anggur

Halodoc, Jakarta – Merasakan tanda-tanda kehamilan pasti memberikan kebahagian bagi kamu yang memang sedang menanti-nantikan momongan. Namun, kebahagian tersebut langsung lenyap tatkala kamu tahu bahwa kehamilan tersebut adalah hamil anggur. Ketahui ciri-ciri hamil anggur berikut ini yang mirip dengan ciri-ciri hamil sungguhan.  

Hamil anggur atau dalam istilah medisnya disebut dengan mola hidatidosa merupakan kehamilan yang gagal. Sel telur yang sudah berhasil dibuahi seharusnya bertumbuh menjadi plasenta dan janin, namun seiring berjalannya waktu, sel telur gagal berkembang dan akhirnya malah membentuk sekumpulan kista yang bentuknya menyerupai anggur putih.

Tidak banyak ibu hamil yang mengalami kondisi kelainan ini. Namun, hamil anggur sebaiknya segera ditangani agar tidak berkembang menjadi penyakit yang serius, salah satunya penyakit trofoblastik gestasional yang hanya bisa disembuhkan dengan cara operasi atau kemoterapi.

Baca juga: 4 Macam Kelainan dalam Kehamilan

Penyebab Hamil Anggur

Hamil anggur disebabkan karena adanya ketidakseimbangan kromosom selama kehamilan. Berdasarkan penyebabnya, hamil anggur dibagi menjadi 2 jenis, yaitu:

  • Hamil Anggur Lengkap

Kondisi ini terjadi ketika sel telur yang tidak mengandung informasi genetika dibuahi oleh sperma dan gagal berkembang menjadi fetus, melainkan tumbuh menjadi sekumpulan jaringan abnormal yang disebut mola, yang lama kelamaan dapat memenuhi rahim.

  • Hamil Anggur Parsial

Kondisi ini terjadi bila satu sel telur dibuahi oleh dua sperma secara bersamaan. Akibatnya, jaringan plasenta akan berkembang secara tidak normal dan berubah menjadi mola, sedangkan jaringan fetus yang berhasil berkembang akan mengalami kecacatan atau kelainan yang serius.

Ciri-ciri Hamil Anggur

Awalnya, ciri-ciri yang ditimbulkan hamil anggur mirip seperti hamil sungguhan, sehingga sering membuat ibu salah paham. Namun, ada juga beberapa kasus hamil anggur yang baru terdeteksi setelah berusia 10-14 minggu pada saat pemeriksaan rutin dengan USG. Ini ciri-ciri hamil anggur:

  • Perdarahan dari Miss V berwarna coklat gelap hingga merah terang saat trimester pertama
  • Rasa mual dan muntah yang parah
  • Keluar kista berbentuk anggur dari Miss V
  • Nyeri pada tulang panggul

Baca juga: Selamat! 7 Tanda Ini Menandakan Kamu Positif Hamil

Bila ibu mengalami salah satu dari gejala-gejala di atas, sebaiknya segera temui dokter kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut. Biasanya dokter dapat menentukan apakah kelainan ini adalah hamil anggur dengan melihat ciri-cirinya seperti:

  • Ukuran rahim yang lebih besar dari usia kandungan yang seharusnya
  • Gejala anemia
  • Kista ovarium
  • Preeklamsia, yaitu meningkatnya tekanan darah serta protein dalam urine di usia kehamilan lebih dari 20 minggu
  • Hipertiroidisme
  • Nyeri pada tulang panggul

Penanganan Hamil Anggur

Bila ibu positif mengalami hamil anggur, dokter akan menganjurkan ibu untuk melakukan penanganan secepatnya agar tidak terjadi komplikasi. Langkah penanganan yang dilakukan adalah berupa operasi pengangkatan jaringan abnormal pada hamil anggur. Beberapa pilihan metode pengangkatan yang bisa dilakukan antara lain:

  • Kuret
  • Histerektomi atau pengangkatan rahim. Proses ini hanya dilakukan bila pengidap tidak berencana hamil lagi.

Baca juga: 3 Jenis Keguguran yang Perlu Diwaspadai

Setelah menjalani prosedur pengangkatan jaringan, dokter akan kembali memeriksa kadar HCG. Bagi ibu hamil yang memiliki kadar HCG yang tinggi, perlu mendapatkan penanganan lebih lanjut. Pemeriksaan HCG ini dilakukan tiap 2 minggu sekali, selama setengah hingga satu tahun untuk memastikan tidak ada sel-sel abnormal yang kembali tumbuh dan untuk memantau gejala-gejala dari penyakit trofoblastik.  Selama menjalani proses pemantauan ini, ibu yang baru saja mengalami hamil anggur dianjurkan untuk menunda kehamilan dulu.

Sekarang, ibu hamil juga bisa melakukan pemeriksaan kesehatan lewat aplikasi Halodoc, lho. Caranya sangat praktis, ibu tinggal pilih Lab Service yang terdapat pada aplikasi Halodoc, kemudian tentukan tanggal dan tempat pemeriksaan, lalu petugas lab akan datang menemuimu pada waktu yang sudah ditentukan. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.