Ketahui 4 Jenis Kanker Mesothelioma

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ketahui 4 Jenis Kanker Mesothelioma

Halodoc, Jakarta - Kanker menjadi penyakit yang dapat mematikan dan mengkhawatirkan bagi banyak orang. Tak mengherankan, karena pertumbuhan sel yang abnormal dapat berkembang menjadi sel kanker yang ganas, misalnya pada kanker mesothelioma

Mesothelioma adalah jenis kanker yang tidak menyerang organ tubuh, tetapi jaringan yang bertugas untuk melapisi organ-organ tersebut. Sayangnya, kanker ini bersifat ganas dan harus segera ditangani agar tidak menyebabkan komplikasi yang membahayakan nyawa. Kanker ganas ini sering menyerang organ paru-paru, tetapi bisa terjadi juga pada testis, perut, dan jantung. 

Meski belum diketahui dengan penyebab kanker ganas ini, paparan asbes atau asbestos diduga memainkan peran kuat terhadap pertumbuhan sel abnormal pada jaringan pelapis organ. Debu halus atau serat yang muncul ketika asbes dihancurkan bisa masuk ke paru-paru dengan mudah. Serat ini bisa tertelan dan menginfeksi rongga perut setelah terjadi endapan. 

Baca juga: 4 Penyakit Ini Memerlukan Terapi Radiasi

Jenis Mesothelioma

Terdapat empat jenis kanker mesothelioma yang dapat menyerang tubuh seseorang, yaitu:

  • Mesothelioma peritoneum, yang menyerang jaringan yang melapisi bagian rongga perut.

  • Mesothelioma testis, yang menyerang jaringan yang melapisi bagian testis pada pria.

  • Mesothelioma perikardium, yang menyerang jaringan yang melapisi bagian jantung.

  • Mesothelioma pleura, yang menyerang jaringan yang melapisi organ paru-paru.

Selain itu, ada juga jenis mesothelioma yang terdapat di bagian dada, disebut solitary fibrous tumor.

Sayangnya, gejala dari mesothelioma ini tidak teridentifikasi dengan jelas hingga jangka waktu 20 sampai 30 tahun setelah paparan terjadi. Setelahnya, gejala yang muncul bervariasi, bergantung lokasi kemunculan sel kanker tersebut. Namun, tanda dari mesothelioma ini seperti lelah berlebihan, demam, batuk yang diikuti rasa nyeri, sesak napas, nyeri pada dada, berat badan menurun, dan terjadi pembengkakan. 

Baca juga: Mutasi Genetik Bisa Sebabkan Dystonia di Usia Muda

Jika kanker mesothelioma terjadi pada perut, gejala yang terjadi bisa seperti berikut:

  • Diare.

  • Sembelit.

  • Penurunan berat badan.

  • Area perut membengkak.

  • Muncul masalah ketika buang air kecil atau buang air besar.

  • Munculnya benjolan di area perut.

  • Nafsu makan berkurang.

Dari keempat jenis kanker mesothelioma, jenis testis dan perikardium adalah dua yang paling jarang terjadi. Namun, gejala yang muncul untuk kasus mesothelioma perikardium adalah gangguan pernapasan dan nyeri pada dada, sementara mesothelioma pada testis ditandai dengan munculnya benjolan pada testis yang diikuti dengan pembengkakan. 

Bagaimana Pencegahannya?

Mesothelioma bisa dicegah dengan mengurangi paparan asbes yang masuk ke tubuh. Ini artinya, selalu gunakan masker jika kamu sedang berada di luar rumah, atau perhatikan aturan keselamatan yang dianjurkan jika kamu bekerja di tempat dengan paparan asbes yang tinggi. 

Baca juga: Ini 6 Cara Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Kamu harus tahu bahwa gejala dari kanker mesothelioma ini sifatnya tidak spesifik. Artinya, bisa juga gejalanya disebabkan oleh berbagai kondisi atau faktor lain yang memicu risikonya. Jika kamu merasakan adanya salah satu gejala di atas, segera bertanya pada dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat.

Kamu tidak perlu khawatir, sekarang bertanya pada dokter tidak perlu lagi mengantre di rumah sakit atau klinik. Kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di ponsel, bisa melalui tipe Android atau iOS. Di aplikasi Halodoc ini, bertanya pada dokter bisa kamu lakukan kapan saja dan di mana saja.