Banyak Macamnya, Ketahui 4 Jenis Osteoporosis Ini

Banyak Macamnya, Ketahui 4 Jenis Osteoporosis Ini

Halodoc, Jakarta - Tulang adalah anggota tubuh yang rentan terserang gangguan. Pasalnya, hampir setiap waktu mengandalkan anggota tubuh ini untuk beraktivitas. Salah satu gangguan tulang yang sering terjadi adalah osteoporosis atau disebut pengeroposan tulang. Jenis osteoporosis cukup banyak dan kondisi ini menyebabkan tulang mengalami penurunan kepadatan massa tulang secara berkelanjutan sehingga perlu pencegahan sejak dini.

Mungkin banyak yang mengira bahwa osteoporosis hanya terjadi pada mereka yang lanjut usia. Namun, beberapa faktor risiko menyebabkan penyakit ini muncul. Jadi, tua atau muda, laki-laki atau perempuan semuanya memiliki risiko yang sama terserang penyakit ini.

Baca Juga: Ini Perbedaan Osteoporosis dan Osteoarthritis

Berikut ini adalah jenis osteoporosis yang perlu kamu tahu:

  • Osteoporosis pada Anak

Kebanyakan pasti tidak mengira bahwa osteoporosis bisa menyerang anak. Meski jarang, anak-anak mengalami pengeroposan tulang pada tulang belakang. Kondisi ini biasanya muncul pada usia pra pubertas hingga berlangsungnya pubertas. Selain itu anak laki-laki lebih rentan mengalaminya. Penyebab osteoporosis pada anak hingga kini belum banyak diketahui. Selain itu, kondisi ini juga jarang terjadi sehingga tidak banyak dokter mengetahuinya. Umumnya, pengeroposan tulang adalah penyakit yang sering tidak terdeteksi dan tidak diketahui hingga tulang tersebut patah. Jadi, sebaiknya anak selalu melindungi anggota gerak tubuhnya dan tidak beraktivitas berat terlalu sering.

  • Osteoporosis Pasca Menopause

Jenis osteoporosis ini hanya terjadi pada wanita. Wanita yang memasuki masa menopause mengalami penurunan kepadatan tulang akibat berkurangnya asupan kalsium di dalam tubuh. Kondisi ini dipengaruhi oleh kadar estrogen di dalam tubuh yang terus berkurang seiring berhentinya fungsi ovarium. Wanita dengan usia 55 tahun ke atas disarankan untuk tetap konsumsi susu dengan kadar kalsium tinggi demi mencegah terjadinya pengeroposan tulang terlalu masif.

  • Osteoporosis Senilis

Jika pada jenis osteoporosis sebelumnya dialami wanita osteoporosis jenis ini dialami oleh pria, tepatnya mereka yang berusia 70 tahun ke atas. Hal ini terjadi karena kepadatan tulang terus menurun akibat kurangnya asupan kalsium sementara tubuh masih membutuhkannya dalam jumlah banyak.  Jenis osteoporosis ini disebabkan juga oleh menurunnya testosteron di dalam tubuh. Semakin rendah kadar hormon seksual pada pria, peluang terjadi pengeroposan tulang belakang semakin tinggi.

Baca Juga: Cegah Keropos Tulang untuk Perempuan, Lakukan Hal Ini

  • Osteoporosis Akibat Pengobatan

Jenis osteoporosis ini terjadi akibat pengobatan yang tengah dilakukan. Pengeroposan tulang jenis ini pun bisa terjadi pada siapa saja, baik pada pria, wanita, dan anak-anak. Penyakit yang menyebabkan kondisi ini adalah gangguan tiroid, gagal ginjal, kebiasaan minum alkohol, rokok, dan konsumsi obat tertentu seperti kortikosteroid.

Mencegah Osteoporosis

Karena  digolongkan sebagai silent disease, penyakit ini memerlukan pencegahan. Pencegahannya pun tidaklah sulit. Kamu perlu aktif berolahraga, menjaga pola makan, memperbanyak asupan sayuran, buah, dan makanan tinggi kalsium, serta menghentikan kebiasaan buruk seperti merokok, minum alkohol. Dengan menerapkan pola hidup sehat ini, niscaya kamu bisa terbebas dari jenis osteoporosis apa pun.

Baca Juga: Yuk, Kenalan Dengan Olahraga Pencegah Osteoporosis

Itulah beberapa jenis osteoporosis yang mungkin terjadi. Jika ada pertanyaan lain seputar osteoporosis, jangan ragu bertanya ke dokter  Halodoc. Kamu bisa menggunakan fitur Talk to A Doctor yang ada di aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera  download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!