Ketahui 5 Cara Alami Meredakan Sakit Gigi di Rumah

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ketahui 5 Cara Alami Meredakan Sakit Gigi di Rumah

Halodoc, Jakarta - Kecil dan sering luput dari perhatian, tapi sakit gigi jelas turut membuat kamu menjadi tidak nyaman sepanjang hari, bahkan untuk beraktivitas. Sakit gigi terjadi karena gigi atau pulp mengalami peradangan atau iritasi. Pulp gigi memiliki ujung saraf yang sifatnya sensitif. Terjadinya peradangan pada bagian ini bisa disebabkan karena banyak hal, seperti gigi retak, berlubang, infeksi, hingga sakit pada gusi.

Mengunjungi dokter gigi mungkin menjadi solusi terbaik yang kamu lakukan ketika mengalami sakit gigi. Meski begitu, dokter hanya meresepkan obat-obatan yang membantu mengurangi rasa sakit sebelum melanjutkan pemeriksaan. Pasalnya, gigi yang ngilu tidak bisa diperlakukan dengan asal, karena bisa mengakibatkan infeksi.

Mungkin, kamu bisa mencoba beberapa cara meredakan sakit gigi secara alami berikut ini untuk meredakan rasa sakit yang mengganggu.

  • Lemon

Siapa sangka, ternyata buah berwarna kuning dengan rasa yang cukup asam ini efektif untuk meredakan sakit gigi. Buah satu ini mengandung antiseptik dan agen antibakteri yang sangat kuat. Tidak hanya itu, lemon juga bersifat sebagai alkali alami, meski rasanya masam. Sifat ini membantu menstabilkan pH tubuh.

Sebagai obat sakit gigi, kamu bisa langsung memeras lemon dan membiarkan tetesannya menyentuh bagian gigi yang sakit. Kamu bisa mencampurkan perasan buah ini dengan sedikit air, dan menggunakan kapas untuk menotolkan pada gigi yang sakit.

  • Paduan Merica dan Garam

Dua bahan ini pasti bisa kamu temukan dengan mudah di dapur. Selain untuk menciptakan rasa lezat pada masakan, kedua bumbu dapur ini ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan. Sifat analgesik, antiradang, dan antibakteri yang dimiliki membantu meredakan rasa sakit pada gigi.

Lalu, bagaimana caranya meracik obat alami pereda sakit gigi ini? Mudah saja, cukup campurkan garam dan merica secukupnya. Haluskan dengan tambahan sedikit air hingga membentuk adonan lengket. Lalu, oleskan adonan langsung pada bagian gigi yang sakit dan diamkan hingga beberapa menit.

  • Daun Jambu

Sama halnya dengan campuran garam dan merica, daun jambu bersifat analgesik, antiradang sekaligus sebagai antimikroba. Jadi, tidak perlu bingung ketika kamu mengalami sakit gigi, kunyah saja satu atau dua lembar daun jambu merah hingga ekstraknya keluar. Selanjutnya, oleskan ekstrak daun pada bagian gigi yang sakit menggunakan lidah.

Jika kamu kurang yakin, kamu bisa menggunakan cara alternatif, dengan merebus lima lembar daun jambu. Setelah mendidih, diamkan rebusan tadi sampai suhunya menghangat, lalu tambahkan sedikit garam. Selanjutnya, pakai rebusan tersebut untuk berkumur.

  • Cuka

Cara meredakan sakit gigi selanjutnya adalah menggunakan cuka apel atau cuka dapur. Bahan alami ini mengandung senyawa antimikroba dan antibakteri yang efektif untuk meredakan sakit gigi yang kamu alami. Kamu bisa menggunakan bahan ini dengan berkumur setidaknya selama 30 detik dan tahan pada bagian yang sakit atau menotolnya dengan kapas.

  • Minyak Cengkeh

Minyak satu ini telah dikenal turun-temurun sebagai obat alami pereda sakit gigi. Kandungan eugenol di dalamnya bersifat sebagai anestesi alami untuk mematikan saraf. Pastikan kamu berhati-hati saat menggunakannya, karena tetesan minyak cengkeh yang mengenai lidah atau gusi yang sensitif menimbulkan rasa nyeri yang parah. Sebaiknya, gunakan kapas yang sudah ditetesi minyak ini.

Nah, itu tadi 5 cara meredakan sakit gigi secara alami yang bisa kamu coba di rumah. Kalau kamu butuh saran dokter untuk mengatasi sakit gigi, pakai aplikasi Halodoc saja. Yuk, download aplikasi Halodoc!

Baca juga: