• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Alami dan Mudah Redakan Sakit Gigi

Cara Alami dan Mudah Redakan Sakit Gigi

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh Journal Pharmaceutical Biology disebutkan kalau ada banyak tanaman natural yang digunakan untuk mengobati sakit gigi. Pengobatan herbal terbukti lebih efektif dan lebih minim efek samping.

Beberapa bahan natural yang direkomendasikan tersebut adalah cuka sari apel, soda kue, kayu manis, minyak kelapa, cabai rawit, ekstrak vanili, teh hijau, madu, kantong teh, minyak oregano, garam, minyak pohon teh, dan minyak esensial lainnya. Simak selengkapnya mengenai bahan natural untuk sakit gigi di bawah ini!

Penggunaan Bahan Natural untuk Sakit Gigi

Tadi sudah dijelaskan sebelumnya kalau ada banyak bahan natural yang sejatinya kerap digunakan sebagai obat sakit gigi. Lantas, bagaimana penggunaannya? Berikut uraian lebih lengkapnya.

  1. Lemon

Lemon ternyata tidak hanya baik untuk sistem imun saja. Keasaman buah ini dinilai cukup efektif untuk meredakan sakit gigi. Lemon kaya akan antiseptik dan antibakteri. Cara menggunakan lemon untuk meredakan sakit gigi sederhana kok.

Peraslah lemon dan biarkan tetesannya menyentuh bagian gigi yang terasa sakit. Bisa pula mencampurkan sedikit perasan buah lemon dengan sedikit air dan gunakan kapas, lalu aplikasikan pada gigi yang sakit.  

  1. Berkumur Air Garam

Cara yang satu ini terbilang klasik, tetapi cukup efektif untuk sebagian kasus sakit gigi. Cara mengatasi sakit gigi dengan air garam cukup simpel. Pertama, larutkan satu sendok teh garam di air mendidih. Kemudian, berkumurlah selama kurang lebih 30 detik sebelum membuang air itu dari mulut. Awas, jangan sampai airnya tertelan.

Berkumur air garam mampu membersihkan daerah sekitar gigi dan menarik keluar cairan yang menyebabkan pembengkakan. Menariknya lagi, air garam juga bisa membersihkan sisa-sisa makanan yang berada di sekitar gigi.

Baca juga: Orang Tua Perlu Tahu Abses Gigi Anak

  1. Cuka Apel

Selain dua hal di atas, cuka apel juga bisa dimanfaat untuk meredakan sakit gigi. Kok bisa? Cuka apel mengandung senyawa antimikroba dan antibakteri yang efektif untuk meredakan sakit gigi. Caranya juga mudah, gunakan cuka apel dan berkumurlah setidaknya selama 30 detik.

  1. Daun Jambu

Daun jambu bersifat analgesik, antiradang sekaligus sebagai antimikroba. Cara menggunakannya kunyahlah daun jambu merah yang bersih sebanyak satu atau dua lembar hingga ekstraknya keluar. Selanjutnya, oleskan ekstrak daun pada bagian gigi yang sakit menggunakan lidah.

Selain itu, bisa juga dengan merebus lima lembar daun jambu. Setelah mendidih, diamkan rebusan tadi sampai suhunya menghangat, lalu tambahkan sedikit garam. Selanjutnya, pakai rebusan tersebut untuk berkumur.

  1. Minyak Cengkeh

Cengkeh sendiri banyak digunakan dalam pengobatan tradisional China dan India sejak berabad-abad lamanya. Cengkeh atau minyak cengkeh memiliki sifat penghilang rasa sakit dan antibakteri alami. Minyak cengkeh ini mengandung eugenol yang bertindak, seperti anestesi alami untuk mematikan saraf.

Hal yang perlu diingat, hati-hatilah ketika menggunakan minyak cengkeh. Sebab, ketika tetesan minyak ini mengenai lidah atau gusi yang sensitif, maka bisa menimbulkan rasa nyeri. Alternatifnya, gunakanlah kapas yang sudah ditetesi minyak cengkeh dan olesi pada gigi yang sakit.

Baca juga: 6 Penyebab Gusi Bengkak Bisa Bikin Susah Gerak

  1. Kompres dengan Es

Cara meredakan sakit gigi di rumah juga bisa memanfaatkan es. Caranya cukup simpel. Masukan es ke dalam kantong plastik, lalu bungkus dengan kain tipis. Kemudian, tempelkan es yang sudah terbungkus pada area gigi yang terasa sakit.

Sensasi dingin dari es ini bisa “mematikan” saraf gigi yang terasa sakit. Selain menempelkan es, kita juga bisa sembari memijat daerah gigi yang terasa sakit dengan jari.

  1. Teh

Teh peppermint juga bisa membantu untuk meredakan sakit gigi. Cobalah rebus dauh teh ini hingga mendidih. Setelah dingin, berkumurlah dengan air ini. Air kumur tersebut boleh ditelah atau dibuang. Teh peppermint mengandung zat tannin yang membantu untuk meredam rasa sakit gigi dan mengurangi pembengkakan.

Nah, bagaimana tertarik untuk mencoba cara di atas? Bila sakit gigi tidak kunjung mereda, tanyakan langsung saja di Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat kapan dan di mana saja.

Referensi:
WebMD. Diakses pada November 2019. Home Remedies for Toothache.
Healthline. Diakses pada November 2019. 10 Home and Natural Remedies for Toothache Pain.
Everyday Health. Diakses pada November 2019. 7 Natural Toothache Remedies.
Reader's Digest. Diakses pada November 2019. 11 Home Remedies for a Toothache.

Journal Pharmaceutical Biology. Diakses pada 2020. Traditional herbal medicine as an alternative in dental treatment.