14 September 2018

Ketahui 5 Jenis Masker dan Fungsinya untuk Wajah

jenis masker, fungsi masker wajah

Halodoc, Jakarta – Setelah kamu menguasai riasan wajah kamu dengan produk makeup, ada baiknya kamu juga menjalani perawatan kulit. Hal ini dilakukan untuk memelihara kulit agar tampak sehat dan cerah, serta demi menangkal radikal bebas efek dari penggunaan kosmetik. Caranya adalah menggunakan masker wajah setidaknya seminggu sekali atau dua kali, tergantung pada kebutuhan kulit kamu.

Ada banyak formula yang diramu berbeda untuk setiap masker wajah yang tersedia di pasaran saat ini. Berbagai jenis masker ini dibuat dengan alasan tersendiri untuk memenuhi kebutuhan jenis kulit manusia yang berbeda. Jadi, apakah jenis kulit kamu termasuk berminyak, kering, normal, atau kombinasi, selalu ada masker wajah di luar sana yang sesuai untuk kamu.

1. Kulit Normal

Kamu patut berbahagia jika memiliki jenis kulit ini, karena pada dasarnya kamu cocok menggunakan masker jenis apapun yang ada di pasaran. Mulai dari clay mask, sheet mask, hingga masker krim.

Masker krim mungkin adalah jenis yang paling direkomendasikan untuk kulit normal. Masker krim mengandung emolien yang menghaluskan kulit. Masker jenis ini juga ideal bagi kamu yang ingin meremajakan kulit wajah, karena masker krim menyimpan banyak kelembapan ekstra.

2. Kulit Berminyak/Kombinasi Berjerawat

Masker Clay atau charcoal mask akan bekerja optimal bagi pemilik kulit wajah berminyak atau kombinasi. Clay mask berbahan dasar tanah liat alami yang mampu membersihkan secara mendalam. Caranya adalah dengan menarik segala kotoran dan minyak yang menyumbat pori saat masker tersebut mengering dan mengencang, tanpa benar-benar mengeringkan wajah kamu.

Tipe kulit wajah ini juga cocok menggunakan sheet mask dan masker alami, karena kandungan sheet mask berbahan dasar air berfungsi untuk melembapkan kulit. Sedangkan, buah dan sayuran segar tertentu mengandung agen anti-bakteri yang mampu meredakan minyak berlebih dan jerawat.

3. Kulit Kering

Pemilik kulit kering perlu memilih masker wajah yang menyediakan kelembapan ekstra, seperti masker peel-off, krim, sheet mask, firming mask, atau masker alami buatan sendiri dari buah-buahan. Masker peel-off berfungsi mengencangkan kulit dan menstimulasi peredaran darah agar lebih lancar, sementara masker exfoliate yang mengandung glycolic acid akan mengangkat sel-sel kulit mati dan menyingkirkan garis halus dan keriput. Tipsnya, gunakan masker exfoliator terlebih dahulu, lalu aplikasikan masker pelembap.

Kamu bisa juga memilih masker minyak hangat. Masker minyak hangat umumnya ditemukan di tempat-tempat spa. Kegunaannya adalah untuk menghaluskan dan meremajakan kulit dengan cara menstimulasi peredaran darah.

4. Kulit Sensitif

Bagi kamu yang memiliki kulit wajah sensitif, biasanya sangat mudah mengalami kemerahan. Sebaiknya kamu menggunakan masker krim yang mengandung mineral alami untuk menenangkan efek iritasi tersebut. Sebagai alternatif lainnya, kamu bisa juga menggunakan masker berbahan dasar teh. Seperti Kombucha atau teh hijau, atau purifying mask yang menyediakan agen pembersih alami untuk menyingkirkan kemerahan pada kulit.

5. Kulit Kusam

Masker exfoliate atau radiance mask ampuh mengatasi kulit kusam. Exfoliator yang terkandung dalam masker kamu akan mengangkat sel-sel kulit mati dan menstimulasi pertumbuhan jaringan kulit baru. Sementara itu, radiance mask mengandung agen pemutih yang mampu mencerahkan warna kulit wajah.

Itulah beberapa jenis masker yang direkomendasikan untuk berbagai jenis kulitmu. Jika kamu memiliki masalah kulit wajah lainnya, kamu juga bisa mendiskusikannya pada dokter di Halodoc. Berdiskusi dengan dokter lebih praktis melalui aplikasi Halodoc, sebab kamu bisa berkomunikasi via Chat atau Voice Call/Video Call kapan pun dan di mana pun. Segera download aplikasi Halodoc di Google Play atau App Store, ya!

Baca juga: