30 May 2018

Ketahui Berat Badan Bayi Sesuai Usia

Ketahui Berat Badan Bayi Sesuai Usia

Halodoc, Jakarta - Sebagian orangtua merasa khawatir jika berat badan anaknya lebih kecil atau lebih besar dibanding yang lain. Jika penurunan berat badan terjadi di minggu awal kelahiran, ini adalah hal yang wajar. Karena setelah usia dua minggu, berat badan bayi akan kembali seperti saat lahir atau lebih besar dari itu.

Selama masa tumbuh kembang anak, orangtua perlu memastikan bahwa berat dan tinggi badannya sesuai dengan pertambahan usia. Caranya adalah dengan memenuhi asupan gizi penting yang dibutuhkannya. Lantas, bagaimana sih berat badan bayi sesuai usia? Cari tahu informasinya di sini, yuk.

Berat Badan Bayi Sesuai dengan Usia

Seiring pertambahan usia, berat badan Si Kecil seharusnya mengalami peningkatan. Berikut adalah informasi tentang berat badan bayi sesuai usia yang perlu ibu ketahui:

  1. Bayi baru lahir (1-4 minggu) normalnya akan mengalami penurunan berat badan beberapa ons setelah lahir. Tapi jangan khawatir, sebab berat badannya akan kembali naik menjelang usia dua minggu.
  2. Bayi berusia 1-6 bulan. Tinggi Si Kecil akan bertambah sekitar 2,5 sentimeter per bulan dan berat badannya akan meningkat sekitar 140-200 gram per minggu. Perlu diketahui, berat badanya akan terus bertambah selama pola dan kebiasaan makannya berlangsung dengan baik.
  3. Usia 2 bulan. Berat badan Si Kecil normalnya terus bertambah tiap minggu. Bila berat badannya tidak bertambah dengan semestinya, ibu perlu segera berbicara dengan dokter.
  4. Usia 3 bulan. Berat badan Si Kecil cenderung berkurang, yaitu sekitar 113 gram per minggu. Normalnya, kondisi ini akan berlangsung selama beberapa bulan ke depan sampai ia berusia tujuh bulan.
  5. Usia 4 bulan, kenaikan berat badan Si Kecil masih sama dengan bulan-bulan sebelumnya. Sedangkan di usia 5 bulan, berat badannya akan menjadi dua kali berat badan ketika ia lahir.
  6. Usia 6 bulan. Tinggi badan Si Kecil akan bertambah sekitar 1 sentimeter dan berat badannya meningkat sebanyak 85-140 gram. Pada usia ini, ibu sudah bisa memberikannya makanan pendamping ASI (MPASI).
  7. Usia 7 bulan. Berat badan Si Kecil akan bertambah sekitar 900 gram tiap bulan. Pantaulah berat badannya agar pertambahannya tidak kurang dari 900 gram atau lebih dari 2,7 kilogram per bulan. Jika kurang atau lebih, ibu bisa bertanya tentang penyebabnya ke dokter.
  8. Usia 8 bulan. Berat badan Si Kecil akan bertambah menjadi tiga kali lipat dari berat badannya ketika lahir. Memasuki usia 9 bulan, ibu bisa memberikannya makanan selingan di antara waktu makan pagi dan siang hari. Ini dilakukan untuk menjaga pertambahan berat badannya.
  9. Usia 9-10 bulan. Berat badan Si Kecil mungkin akan melambat karena ia sudah cukup aktif bergerak, seperti merangkak dan berdiri dengan bantuan perabot di sekitarnya. Gerakan tersebutlah yang bisa membakar banyak kalori Si Kecil, sehingga memengaruhi berat badannya.
  10. Usia 11-12 bulan. Berat badan Si Kecil bisa mencapai tiga kali lipat dari berat badannya ketika lahir.

Itulah informasi mengenai berat badan bayi sesuai usia yang ibu tahu. Kalau ibu punya pertanyaan lain seputar berat badan bayi normal,  gunakan aplikasi Halodoc saja. Sebab melalui aplikasi Halodoc, ibu bisa menghubungi dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play.

Baca juga: 4 Hal Ini Bisa Buat Si Kecil Terlahir dengan Badan Tinggi