Ketahui Cara Tepat Atasi Perut Kembung

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ketahui Cara Tepat Atasi Perut Kembung

Halodoc, Jakarta - Seperti namanya, perut kembung adalah kondisi ketika perut terasa tidak nyaman, penuh, dan kencang, seperti terisi banyak sekali gas. Kondisi ini cukup umum dan dapat terjadi pada siapa saja, baik orang dewasa maupun anak-anak. Ketika mengalami perut kembung, pengidapnya juga dapat mengeluhkan rasa nyeri dan kram perut, disertai dengan rasa sesak atau begah.

Perut kembung sering kali muncul sebagai salah satu gejala dari penyakit pada saluran pencernaan, seperti:

Penyebab dari perut kembung dapat bermacam-macam, beberapa di antaranya adalah:

  • Menelan udara saat makan maupun minum.

  • Terlalu banyak mengonsumsi minuman bersoda.

  • Makan dengan durasi terlalu cepat.

  • Sembelit.

  • Merokok.

  • Hormon yang tidak stabil terutama pada wanita dalam fase pre-menstrual.

  • Infeksi saluran pencernaan (diare akibat infeksi bakteri, parasit, maupun virus).

Baca juga: 5 Makanan Penyebab Perut Kembung

Orang-orang yang memiliki risiko lebih tinggi sering mengalami perut kembung adalah:

  • Punya hobi minum minuman bersoda atau beralkohol.

  • Sering makan terlalu cepat.

  • Mengonsumsi makanan yang tidak bersih sehingga mudah terpapar infeksi.

  • Memiliki alergi terhadap jenis makanan tertentu.

  • Sering mengonsumsi fast food dan junk food.

Bagaimana Mengatasinya?

Perut kembung pasti memunculkan rasa tidak nyaman saat beraktivitas. Sebenarnya tidak perlu terlalu khawatir, karena kebanyakan kasus perut kembung tidak berbahaya dan dapat mereda sendiri seiring waktu. Namun, kamu juga bisa mempercepat kesembuhannya dengan melakukan berbagai cara berikut:

1. Sengajakan Kentut atau Sendawa

Agar perut tidak lagi kembung, kentut atau sendawa sebaiknya jangan ditahan. Kentut dan sendawa adalah cara alami tubuh untuk mengeluarkan kelebihan gas di dalam perut. Maka ketika perut sudah terasa tidak nyaman, cepat-cepat cari kesempatan untuk menjauhkan diri dari orang sekitar untuk buang gas. Kamu juga bisa mengeluarkan gas yang terperangkap dengan buang air besar. Gas yang keluar bersamaan dengan feses akan membuat perut lebih lega.

2. Kompres Perut dengan Air Hangat

Cara lain yang dapat dilakukan untuk meredakan rasa tidak nyaman akibat perut kembung adalah mengompresnya dengan air hangat. Rendam handuk kecil bersih dalam wadah berisi air panas, peras kelebihan airnya, lalu tempelkan di atas perut selama 10-15 menit. Selain handuk, kamu juga bisa menggunakan botol plastik yang diisi dengan air panas, balut dengan kain, lalu tempelkan di perut.

Baca juga: Perut Sering Kembung, Hati-Hati Gastritis

Lakukan ini sembari berbaring santai dan merilekskan pikiran. Suhu hangat dari kompresan dapat melebarkan pembuluh darah, sehingga aliran darah beroksigen lebih cepat membantu otot-otot perut rileks. Nyeri dan kram perut yang terjadi pun akan berkurang.

3. Bergerak

Ketika perut kembung menyerang, kita tentu merasa lemas dan hanya ingin berdiam diri saja. Padahal, melakukan gerakan ringan seperti berjalan santai selama 10-15 menit, atau olahraga ringan lainnya dapat membantu mengendurkan otot-otot usus. Hal ini dapat membantu memperlancar gerakan usus untuk mengalirkan kelebihan gas yang terperangkap di perut.

4. Minum Teh Herbal

Teh herbal dari campuran jahe atau peppermint dapat cepat mengatasi perut kembung. Jika begah juga disertai sembelit, tambahkan adas manis yang dapat membantu mencairkan feses supaya BAB jadi lebih lancar. Pilihan teh herbal lain yang juga cocok diminum saat perut kembung adalah teh chamomile. Selain populer sebagai teh yang membantu tidur lebih nyenyak, teh chamomile juga dapat membantu mengatasi perut kembung dan mual.

Baca juga: Ketahui 7 Makanan yang Ampuh Usir Perut Kembung

5. Minum Obat

Jika cara-cara tadi tidak cukup ampuh untuk mengusir perut kembung, kamu bisa coba mengonsumsi obat untuk mengatasi perut kembung yang dijual di apotik. Diskusikan dengan dokter jika perut kembung tak kunjung membaik.

Dapatkan informasi lebih lanjut soal perut kembung dan gangguan kesehatan lainnya dengan berkonsultasi pada dokter di aplikasi Halodoc, lewat fitur Talk to a Doctor, ya. Mudah kok, diskusi dengan dokter spesialis yang kamu inginkan pun dapat dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Dapatkan juga kemudahan membeli obat menggunakan aplikasi Halodoc, kapan dan di mana saja, obatmu akan langsung diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di Apps Store atau Google Play Store!