• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Khasiat Jahe untuk Pengidap Asam Lambung

Khasiat Jahe untuk Pengidap Asam Lambung

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Siapa yang tidak kenal dengan jahe. Tanaman rimpang yang satu ini sering sekali diolah menjadi minuman yang dapat menghangatkan tubuh. Enggak hanya itu saja, jahe juga cukup dikenal sebagai obat alami yang dapat menyembuhkan segala macam masalah perut, termasuk penyakit asam lambung. Yuk, simak khasiat jahe untuk mengobati asam lambung di bawah ini.

Penyakit asam lambung atau yang dikenal juga dengan gastroesophageal reflux disease (GERD) merupakan kondisi yang terjadi ketika asam lambung naik kembali ke kerongkongan dan menyebabkan sensasi terbakar di dada (heartburn). Kondisi ini tentu membuat pengidapnya merasa tidak nyaman, bahkan sampai menghambat aktivitas. Gejala asam lambung tersebut sebenarnya bisa diredakan dengan perubahan gaya hidup dan mengonsumsi obat-obatan. Namun, selain dengan obat medis, bahan alami seperti jahe juga berkhasiat dalam mengatasi asam lambung yang naik.

Manfaat Jahe Terhadap Asam Lambung

Jahe sudah lama digunakan sebagai bahan utama dalam pengobatan Cina. Rempah-rempah yang satu ini kaya akan antioksidan dan bahan kimia yang dapat memberikan sejumlah masalah kesehatan. Senyawa fenolatnya juga dikatakan dapat meredakan iritasi pada saluran cerna dan mengurangi kontraksi lambung. Dengan kata lain, jahe dapat mengurangi kemungkinan asam lambung mengalir dari perut kamu kembali ke kerongkongan.

Selain itu, dalam dosis kecil, jahe juga dapat bertindak sebagai anti-inflamasi yang baik untuk tubuh. Sebuah studi pada tahun 2011 yang lalu menemukan bahwa tanda-tanda peradangan dalam tubuh jadi berkurang setelah peserta mengonsumsi suplemen jahe selama satu bulan. Hal ini karena efek hangat dari jahe dapat membantu menenangkan tubuh sekaligus mengurangi produksi asam lambung. Tanaman herbal ini juga dapat mengurangi mual, mencegah nyeri otot, dan meredakan pembengkakan pada tubuh. 

Meskipun manfaat jahe untuk asam lambung sudah terbukti, tetapi penelitian lebih lanjut tetap masih diperlukan. Hal ini karena para ahli belum tahu pasti seberapa lama efektivitas jahe dapat bertahan dalam mencegah refluks asam lambung. Selain itu, jahe juga sebaiknya jangan dikonsumsi terlalu banyak, karena dapat memperburuk gejala asam lambung.

Baca juga: Ini Manfaat Jahe untuk Atasi Suara Serak

Cara Memanfaatkan Jahe untuk Meredakan Asam Lambung

Untuk memanfaatkan jahe sebagai obat asam lambung alami, kamu bisa mengolah jahe dengan berbagai cara, seperti dikupas, lalu diparut, diiris, dipotong dadu yang kemudian dimasak. Jahe juga bisa dimakan mentah, direndam dalam air panas untuk membuat teh jahe, atau ditambahkan ke dalam sup, tumis, salad atau makanan lainnya. Jahe sekarang ini juga sudah bisa ditemukan di pasaran dalam bentuk bubuk, kapsul, minyak, atau teh.

Hal paling penting yang perlu kamu ingat adalah konsumsi jahe secukupnya saja. Empat gram atau sekitar kurang dari seperdelapan cangkir saja sudah cukup untuk memberi kamu kelegaan dari gejala asam lambung yang mengganggu. Kamu juga dapat membagi takaran jahe tersebut menjadi beberapa kali konsumsi dalam sehari.

Baca juga: Sembuhkan Asam Lambung dengan 5 Makanan Ini

Efek Samping Jahe yang Perlu Diwaspadai

Ketika dikonsumsi dalam dosis kecil, jahe kemungkinan hanya akan menimbulkan efek samping yang tergolong ringan, seperti gas atau perut kembung. Namun, bila kamu memiliki penyakit asam lambung dan mengonsumsi lebih dari empat gram jahe dalam waktu satu hari, maka dapat menyebabkan efek samping tambahan berupa sensasi heartburn

Baca juga: Selain Jadi Bumbu Masak, Ini 4 Manfaat Jahe bagi Tubuh

Nah, itulah manfaat jahe yang baik untuk pengidap asam lambung. Untuk membeli obat-obatan yang kamu butuhkan, gunakan saja aplikasi Halodoc. Enggak usah repot-repot keluar rumah, tinggal order melalui aplikasi dan obat pesanan kamu akan diantarkan dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga ya di App Store dan Google Play.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. Can You Use Ginger to Treat Acid Reflux?