22 June 2016

Konsumsi 3 Makanan Sehat Ini Saat Sahur & Buka Puasa

Sudah menjadi kewajiban bagi umat Islam untuk berpuasa selama satu bulan penuh pada bulan Ramadhan. Berbagai manfaat pun diberikan ketika Anda berpuasa, salah satunya yaitu memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh yang luar biasa sehingga tubuh tetap fit. Proses detoksifikasi atau proses pengeluaran zat sisa dari dalam tubuh juga sering dikaitkan pada kegiatan berpuasa.

Namun, sudahkah keluarga HaloDoc tahukah bahwa dibalik semua manfaat yang diberikan puasa bagi tubuh sangat dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi ketika sahur dan berbuka puasa? Yuk, mari simak 3 makanan sehat berikut:

1.Makanan Berkarbohidrat Kompleks

Karbohidrat kompleks dalam tubuh, melewati berbagai tahapan sebelum akhirnya diserap tubuh. Oleh karena itu, makanan dengan karbohidrat kompleks seperti roti gandum dan beras, akan di metabolisme secara lambat, sehingga akan menghasilkan energi secara perlahan. Hal ini memberikan Anda energi yang dapat bertahan dalam waktu yang lebih daripada biasanya. Sebaliknya, Anda dapat hindari makanan-makanan dengan gula sebagai sumber karbohidrat utama. Hal tersebut karena dapat mudah dicerna dan diserap tubuh, sehingga energi pun tidak akan bertahan lama.

2.Makanan Tinggi Serat

Serat merupakan zat yang tidak dicerna dalam tubuh, tetapi memiliki dampak yang sangat sehat dalam tubuh. Zat ini selain dapat membuat perasaan kenyang Anda menjadi lebih lama, juga dapat meringankan gejala konstipasi, juga dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung, stroke, hipertensi, diabetes dan obesitas. Makanan yang tinggi serat tersebut dapat Anda temukan pada sayur-sayuran seperti, brokoli dan wortel, serta pada buah-buahan seperti, buah apel dan pisang.

3.Buah Kurma

Buah kurma merupakan buah yang mempunyai banyak manfaat bagi tubuh Anda, seperti tingginya kandungan serat dan berbagai macam vitamin serta mineral. Mengkonsumsi buah kurma saat Anda berbuka puasa, memberikan dorongan energi setelah seharian menjalani ibadah puasa. Namun jangan berkecil hati, apabila Anda tidak memiliki buah kurma, maka mengonsumsi jus buah buatan rumah juga dapat dijadikan alternatif untuk menggantikan peranan lenergi yang dibutuhkan tubuh.

Demikian beberapa tips makanan sehat yang dapat keluarga HaloDoc konsumsi ketika sahur & berbuka puasa. Tetaplah mengonsumsi makanan yang sehat dan memenuhi cakupan gizi selama berpuasa agar ibada puasa pun maksimal. Selamat menunaikan puasa, keluarga HaloDoc.

Source: National Health Services