• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kucing Cacingan, Ini Cara Mengenali Tandanya

Kucing Cacingan, Ini Cara Mengenali Tandanya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Kucing Cacingan, Ini Cara Mengenali Tandanya

Halodoc, Jakarta - Ciri kucing cacingan terkadang tidak tampak, sehingga gejala kerap disadari saat kucing sudah memasuki masa kritis. Saat memasuki masa kritis, maka cacingan akan memengaruhi bentuk fisik dan kesehatan tubuh kucing secara keseluruhan. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui ciri kucing cacingan, agar kondisinya dapat diatasi sebelum bertambah parah. Berikut ini ciri kucing cacingan yang perlu kamu waspadai:

Baca juga: Begini Cara Menghilangkan Kutu Anjing yang Mengganggu

1.Badan Mengurus, Perut Membuncit

Kucing cacingan memiliki badan kurus dan perut yang buncit. Badan kurus dan perut yang membuncit menjadi gejala fisik yang tampak dan sangat mudah terlihat saat kucing mengalami cacingan. 

2.Sering Haus, Minum Berlebihan

Jika kucing terlihat sering minum, tetapi tidak mau makan, kondisi tersebut bisa menjadi gejala cacingan. Waspadai pula gejala lainnya yang muncul secara bersamaan.

3.Perubahan Warna Kotoran

Feses atau kotoran kucing yang berwarna putih menjadi pertanda jika ia tengah mengidap cacingan. Jika terjadi hal ini, segera diskusikan dengan dokter, ya.

4.Muntah-Muntah

Kucing yang mengalami muntah-muntah dan memiliki perut yang buncit menjadi salah satu ciri adanya cacing di saluran pencernaan. Hal tersebut membuat usus tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

5.Adanya Cacing pada Feses

Jika kamu melihat ciri yang satu ini, sebaiknya lakukan pertolongan awal dengan memberikan obat cacing pada peliharaan, ya. Obat cacing dapat dibeli dan dijual bebas di petshop.

6.Penurunan Nafsu Makan

Penurunan nafsu makan terjadi saat cacing di dalam usus melukai bagian usus, menginfeksi perut, serta memicu sembelit pada kucing. Cacing yang mengambil nutrisi dari makanan akan membuat kucing merasa lemas dan malas untuk makan.

7.Gusi Memutih

Gusi kucing yang memutih menjadi ciri kucing cacingan selanjutnya. Kondisi ini disebabkan oleh kurangnya nutrisi yang masuk ke dalam tubuh akibat dimakan oleh cacing.

8.Bulu Rontok, Tampak Kusam

Ciri kucing cacingan yang terakhir ini terjadi saat nutrisi pada makanan tidak tersalurkan dengan baik. Jika kucing mengalami perubahan warna bulu menjadi lebih kusam, bisa jadi kucing tengah terinfeksi cacing. Jadi, atasi sebelum bulu rontok hingga botak, ya.

Baca juga: Apa Penyebab Anjing Tidak Mau Menggonggong?

Apa Saja Jenis Cacing yang Umum Menyerang Kucing?

Sejumlah ciri kucing cacingan tersebut muncul saat tubuh kucing terinfeksi cacing. Berikut ini jenis cacing yang umum menyerang kucing:

1.Nematoda

Nematoda merupakan jenis cacing gelang. Cacing ini dapat beradaptasi di air tawar, tanah, bahkan suhu yang panas. Cacing gelang dan telurnya keluar bersamaan dengan feses dan bisa bertahan hidup di tanah dalam waktu berbulan-bulan. 

2.Cestoda

Cacing ini berbentuk pipih seperti pita. Jenis cacing ini biasanya berada dalam saluran pencernaan dan menempel pada usus. Saat keluar, bentuknya menyerupai butiran beras. Cacing ini masuk ke tubuh kucing saat ia tidak sengaja memakan feses kucing yang telah terinfeksi ataupun terbawa dari kutu.

3.Trematoda

Jenis cacing ini dikenal dengan sebutan cacing isap. Cacing ini tergolong sangat jarang ditemukan pada kucing dan lebih sering ditemukan di hewan ternak, seperti sapi.

Baca juga: 6 Kebiasaan yang Membuat Usia Anjing Lebih Panjang

Untuk mencegah munculnya sejumlah gejala tersebut, kamu perlu melakukan perawatan rutin sejak kucing menginjak usia 3 bulan pertamanya. Sebagai langkah pencegahan, kamu dapat memberikannya obat cacing. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kapan waktu yang tepat, dan berapa dosis yang dibutuhkan, kamu bisa bertanya langsung dengan dokter hewan di aplikasi Halodoc, ya.

Referensi:
Proplan.co.id. Diakses pada 2020. Kucing Cacingan, Apa yang Harus PetLovers Lakukan?
My Pet and I. Diakses pada 2020. Symptoms of worms in cats and kittens to be aware of.