06 August 2018

Kuku Anak Cantengan? Segera Atasi dengan 4 Cara Ini

atasi kuku cantengan, mengatasi kuku cantengan pada anak,cantengan,kuku cantengan

Halodoc, Jakarta - Orangtua mana yang tidak senang melihat anaknya tumbuh aktif dan sehat? Anak yang aktif sekali melakukan berbagai aktivitas akan mengalami perkembangan motorik yang baik, bahkan meningkatkan kecerdasan. Namun, ibu juga harus sadar akan resiko-risiko yang akan ia dapatkan dari aktivitasnya di luar rumah.

Nah, salah satu penyakit yang terjadi akibat cedera jari dan aktivitas menendang bola yang berulang adalah kuku cantengan. Meskipun sebetulnya sepatu yang kesempitan dan kebiasaan menggigit jari juga bisa menjadi penyebab kuku cantengan. Nah, mengatasi kuku cantengan dengan segera adalah hal yang wajib dilakukan agar anak tidak semakin rewel dan mengganggu aktivitasnya.

Kuku cantengan adalah kondisi kuku yang tertekan atau tumbuh ke dalam kulit. Meski umumnya terjadi di jari kaki, kuku cantengan juga bisa terjadi di jari tangan. Kuku yang cantengan akan mengalami bengkak dan kemerahan pada kulit pinggir kuku.

Apabila terkena gesekan kaus kaki atau sepatu, maka kuku cantengan akan terasa sangat sakit. Apabila kuku yang tumbuh ke dalam ini terkena infeksi, maka akan muncul nanah dan bakteri yang berbahaya. Kondisi bengkak dan kemerahan pun akan semakin parah saat kuku tumbuh menusuk kulit.

Nah, berikut ini terdapat cara mengatasi kuku cantengan pada anak yang dapat kamu coba:

  1. Rendam dengan Air Hangat

Cara pertama yang dapat ibu lakukan untuk mengatasi kuku cantengan pada anak adalah dengan menyuruhnya untuk merendam kakinya ke dalam air hangat. Cara ini sangat direkomendasikan saat cantengan baru tumbuh.

Ibu dapat mencampur air hangat dengan garam dan kemudian rendam jari yang terkena cantengan kira-kira selama 15 menit. Lakukan hal ini sebanyak dua hingga tiga kali sehari.

  1. Menggunakan Parutan Jahe

Tanaman herbal yang kerap kali menjadi obat alami penyembuh penyakit adalah jahe. Kamu dapat memarut jahe dan mencampurnya dengan minyak kelapa secukupnya. Setelah itu oleskanlah parutan tersebut ke daerah luja dan tutuplah dengan perban agar zatnya terserap maksimal ke dalam luka.

  1. Menggunakan Bawang Putih

Tidak hanya dapat digunakan sebagai pelengkap bumbu masakan, bawang putih yang selalu tersedia di dapur ini juga ampuh untuk menyembuhkan cantengan. Ibu hanya perlu menggiling bawang putih dengan dicampurkan minyak kelapa secukupnya. Sama seperti parutan jahe, gilingan bawang putih ini pun cukup dioleskan di bagian kuku yang terkena luka dan diperban menggunakan kasa. Lakukan 2 hingga 3 kali dalam sehari selama 3 hari berturut-turut.

  1. Oleskan Minyak Tea Tree

Minyak tea tree selain dikenal ampuh mengusir jerawat pada wajah juga ternyata ampuh mengatasi kuku cantengan. Hal ini disebabkan kandungan antiseptik yang dapat membantu meringankan rasa sakit dan mengurangi infeksi akibat kuku yang tumbuh ke dalam. Ibu bisa mengoleskan minyak tea tree, seperti minyak zaitun atau minyak kelapa ke kuku yang cantengan, lalu tutup dengan perban kasa.

Nah, selain dengan cara alami di atas, kamu juga dapat langsung pergi ke dokter untuk mengatasi kuku cantengan. Selain itu, kamu juga dapat menghubungi dokter melalui Video/Voice Call, dan Chat di aplikasi Halodoc untuk minta saran kesehatan kapan saja dan dimana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!