Kunyit Ampuh untuk Usir Biduran, Apa Kata Dokter?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Kunyit Ampuh untuk Usir Biduran, Apa Kata Dokter?

Halodoc, Jakarta - Kulit beberapa orang terbilang sensitif ketika menyentuh suatu benda tertentu. Bagian tersebut mungkin mengalami warna kemerahan dan kerap terasa gatal yang mungkin bersamaan dengan bentol. Jika itu terjadi, berarti kamu mengalami biduran. Hal ini mungkin tidak akan hilang setelah beberapa minggu.

Dikarenakan membutuhkan waktu lama untuk hilang sendiri, kamu butuh pengobatan yang efektif. Disebutkan kunyit dapat digunakan untuk biduran yang menyerang. Kandungan yang berada di dalam kunyit terbilang ampuh untuk mengatasi gangguan yang terjadi pada kulit. Berikut manfaat kunyit untuk menyembuhkan biduran!

Baca juga: Ini Cara Alami Mengobati Biduran Tanpa Obat

Memanfaatkan Kunyit untuk Atasi Biduran

Biduran adalah gangguan yang terjadi pada kulit, sehingga menyebabkan timbulnya ruam kemerahan disertai rasa gatal dan bentol. Gangguan ini terbilang umum terjadi dan banyak faktor yang dapat menyebabkannya, seperti stres, efek samping obat, suhu di sekeliling, mengalami infeksi, hingga gigitan serangga.

Banyak pengobatan yang dilakukan untuk mengatasi biduran, walaupun biasanya dokter akan memberikan obat-obatan. Beberapa obat yang umum dikonsumsi, seperti antihistamin, kortikosteroid, hingga injeksi epinephrine. Walau begitu, kamu juga dapat memilih obat alami untuk mengatasi gangguan kulit tersebut.

Salah satu yang pengobatan alami yang dapat dilakukan adalah memanfaatkan kunyit. Dengan menggunakan kunyit untuk mengatasi biduran, kamu dapat mengatasi gangguan tersebut lebih cepat. Lalu, mengapa kunyit dapat efektif untuk mengatasi penyakit pada kulit? Berikut manfaat kunyit untuk atasi biduran:

Alergi pada kulit, termasuk juga biduran, dapat dipicu oleh banyak faktor. Ketika zat-zat yang menyebabkan alergi tersebut masuk ke tubuh, maka sistem imun akan melepaskan histamin dalam aliran darah yang dapat mempercepat produksi lendir. Hal ini juga akan menimbulkan gejala alergi umum, seperti ruam kulit, iritasi, dan lainnya.

Baca juga: 4 Cara Ampuh Atasi Gatal Biduran

Kunyit ternyata efektif untuk atasi biduran yang biasanya digunakan sebagai rempah dan ramuan obat. Kandungan warna kuning di dalamnya mengandung senyawa curcumin yang terbilang sangat penting untuk atasi alergi. Hal ini adalah senyawa anti-inflamasi yang kuat dan anti-bakteri, serta sangat kuat untuk mengatasi masalah kulit.

Hal ini juga memiliki sifat antihistamin alami yang dapat membatasi pelepasan histamin di dalam darah dan dapat mengurangi reaksi alergi. Kandungan curcumin yang terkandung di dalamnya dapat bertindak sebagai dekongestan dan efektif untuk mengatasi berbagai macam gejala alergi yang dapat timbul.

Kamu juga dapat bertanya tentang cara memanfaatkan kunyit untuk biduran pada dokter dari Halodoc. Caranya terbilang mudah, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan! Selain itu, kamu juga dapat membeli obat tanpa perlu ke luar rumah dengan aplikasi ini.

Baca juga: Adakah Makanan yang Harus Dihindari Saat Biduran?

Kamu dapat mengolah kunyit tersebut menjadi beberapa hal yang diinginkan. Kamu dapat mengolahnya menjadi susu, teh, dan mencampurnya dengan cuka apel. Dengan begitu, rasa yang ditimbulkan menjadi lebih nikmat untuk dikonsumsi setiap saat. Berikut cara mengolahnya menjadi beberapa hal tersebut:

  1. Susu Kunyit

Kamu dapat memanfaatkan kunyit untuk atasi biduran dengan mengonsumsinya menggunakan campuran susu. Caranya mudah, kamu hanya perlu mencampur bubuk kunyit di dalam susu mendidih. Setelah itu, kamu dapat memanfaatkan madu juga sebagai campuran agar lebih nikmat. Pastikan cairan tersebut sudah dingin saat ingin diminum dan cobalah untuk mengonsumsinya setiap hari sebelum tidur.

  1. Teh Kunyit

Olahan lainnya menggunakan kunyit untuk atasi biduran adalah dengan mencampurnya dengan teh. Pertama-tama, kamu dapat memanaskan air di dalam wajah dan tambahkan bubuk kunyit ke dalamnya. Aduk rata dan tuangkan cairan tersebut ke dalam gelas. Cobalah untuk menikmatinya dua hari sekali agar gejala alergi cepat hilang.

Referensi:

Style Craze. Diakses pada 2019. How To Use Turmeric To Treat Allergies
Times of India. Diakses pada 2019. Here is how you should use TURMERIC to cure your allergies