Lakukan 3 Hal Ini Sebelum Lakukan Nasal Endoskopi

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Lakukan 3 Hal Ini Sebelum Lakukan Nasal Endoskopi

Halodoc, Jakarta - Pernah mendengar atau menjalani pemeriksaan endoskopi? Endoskopi merupakan pemeriksaan penunjang untuk melihat kondisi organ tubuh tertentu secara visual dengan alat khusus yang disebut endoskop. Nah, endoskopi ini terdiri dari berbagai macam, salah satunya nasal endoskopi. 

Nasal endoskopi atau rhinoskopi dilakukan oleh seorang otolaringologi atau ahli THT. Prosedur ini dilakukan dengan menggunakan alat berupa tabung tipis dan kaku dengan serat kabel optik. Alat ini terhubung dengan kamera video dan sumber cahaya yang kemudian akan menampilkan gambar pada layar.

Melalui endoskopi hidung, dokter spesialis THT bisa melihat lebih jelas kondisi hidung, saluran sinus, laring, faring, dan struktur disekelilingnya melalui gambar yang jelas dan diperbesar. 

Umumnya nasal endoskopi menggunakan endoskop yang lentur atau kaku dan dimasukkan ke dalam saluran hidung. Andaikan dilakukan oleh dokter spesialis yang berpengalaman, nasal endoskopi dapat ditoleransi dengan baik setelah dokter memberikan anestesi lokal pada pasien. 

Lalu, hal-hal apa saja sih yang mesti diperhatikan atau dilakukan sebelum melakukan nasal endoskopi?

Baca juga: Kapan Seseorang Perlu Melakukan Pemeriksaan Nasal Endoskopi?

Obat-obatan dan Instruksi Dokter

Sebenarnya tak ada persiapan khusus untuk menjalani nasal endoskopi. Namun, setidaknya ada beberapa hal yang mesti pasien lakukan sebelum menjalani prosedur nasal endoskopi. Nah, berikut ini beberapa hal atau kondisi yang mesti diperhatikan:

  1. Tanyakan obat-obatan. Bila sedang mengonsumsi obat-obatan, tanyakan pada dokter atau penyedia layanan kesehatan apakah kita harus berhenti mengonsumsi obat-obatan tertentu, seperti obat pengencer darah (bila mengonsumsinya). 

  2. Makan dan minum. Makan dan minum seperti biasanya sebelum melakukan nasal endoskopi.

  3. Perhatikan instruksi. Dokter mungkin memberi lebih banyak instruksi mengenai apa yang harus dilakukan sebelum tes.

Sebelum memasukan endoskop kedalam hidung, dokter akan memberikan dekongestan topikal dapat disemprotkan ke hidung kita. Tujuannya untuk  mengurangi pembengkakan dan memungkinkan endoskop melewati rongga hidung dan sinus dengan mudah. 

Hidung pasien juga bisa disemprot dengan obat bius yang akan membuat hidung mati rasa. Namun, dokter mungkin perlu menghindari obat-obatan ini dalam keadaan khusus. Dalam kasus-kasus tertentu, pasien mungkin juga memerlukan suntikan anestesi.

Baca juga: Adakah Komplikasi yang Diakibatkan Nasal Endoskopi?

Prosedur Nasal Endoskopi

Setelah memberikan anestesi pada pasien, dokter akan memasukan endoskop ke dalam lubang hidung. Di sini pasien mungkin akan merasakan sedikit ketidaknyamanan. Bila rasa nyaman atau sakit tidak bisa ditahan, beritahukan kepada dokter. Mungkin saja pasien membutuhkan lebih banyak anestesi lokal atau ukuran alat endoskopi yang lebih kecil.

Setelah itu, alat akan didorong lebih ke dalam untuk melihat bagian rongga hidung dan sinus dan mengulangi pemeriksaan yang sama untuk lubang hidung lainnya. Jika diperlukan, dokter mungkin akan melakukan biopsi atau pengambilan sampel jaringan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. 

Setelah prosedur dilakukan, tak jarang pasien akan mengalami mimisan. Namun, segera cek kembali ke dokter jika ternyata mimisan tidak kunjung berhenti. Jangan lupa tanyakan pada dokter apakah ada instruksi spesifik yang harus diikuti, termasuk apa yang harus dilakukan dan harus dihindari saat beraktivitas sehari-hari. 

Ikuti pula saran dokter terkait dengan obat-obatan yang harus dikonsumsi setelah prosedur dilakukan. Pada beberapa kasus, dokter menyarankan untuk melakukan nasal endoskopi ulang untuk melihat perkembangan kesehatan pasien setelah metode pertama dilakukan. 

Mau tahu lebih jauh mengenai prosedur nasal endoskopi? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa kapan dan di mana saja mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Referensi:
Medscape. Diakses pada 2019. Nasal Endoscopy.
Johns Hopkins Medicine. Diakses pada November 2019. Nasal Endoscopy.