• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Rawat Rambut Kering dengan Cara Ini

Rawat Rambut Kering dengan Cara Ini

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Hampir sama seperti kulit, rambut juga ada beberapa jenis. Salah satu jenis rambut yang sulit diatur adalah rambut kering. Kesulitan tersebut terjadi karena kelembapan rambut yang berkurang. Hal ini terjadi karena kulit kepala tidak mampu memproduksi minyak yang cukup, sehingga membuat rambut menjadi kering. 

Sebagai seseorang yang suka menjaga penampilan, pastinya menginginkan rambut yang bagus dan indah. Rambut sehat tentu bisa kamu dapatkan jika rajin merawat rambut. Inilah beberapa cara merawat rambut kering yang dapat kamu lakukan untuk menjadikan rambut kering jadi lebih sehat dan indah:

1. Potong Ujung Rambut

Jika rambut terlalu kering, mungkin perlu diatur ulang dalam bentuk potongan baru. Ujung rambut yang bercabang dapat membuat rambut sulit untuk ditata dan berkontribusi untuk membuatnya terasa kering atau kasar. 

Kunjungi salon terdekat dan potong rambut yang tidak sehat dan mengurangi pertumbuhan rambut segar. Saat di salon, tanyakan pada hairstylist apakah mereka juga memiliki tips untuk jenis rambut yang kamu miliki.

Baca juga: Lebih Sehat Mana Rambut Kering atau Berminyak

2. Beri Vitamin Rambut

Supaya sehat, tubuh membutuhkan vitamin tertentu. Selain itu, vitamin yang kamu konsumsi juga berdampak langsung pada kesehatan rambut dan kuku. Vitamin A, vitamin C, dan zat besi mineral semuanya akan berkontribusi pada rambut yang terlihat lebih sehat. 

3. Konsumsi Omega-3 dan Antioksidan

Protein laut dapat menjaga rambut agar tidak tipis dan membuat rambut terlihat lebih berkilau. Untuk mendapatkan hasil yang sama tanpa mengonsumsi suplemen, cobalah untuk meningkatkan jumlah protein laut dalam makanan. Di antaranya:

  • Ikan Salmon.
  • Tiram.
  • Ikan Kembung.
  • Tuna.
  • Ikan Sarden.

Sumber makanan ini kaya akan peptida dan omega-3 yang dapat membuat rambut lebih bersinar. Selain itu, kamu juga perlu membertimbangkan makan lebih banyak antioksidan untuk melawan stres oksidatif yang membuat rambut terlihat tidak segar. Beberapa makanan yang kaya akan antioksidan termasuk:

  • Kacang kenari.
  • Kacang merah.
  • Bluberi.
  • Brokoli.
  • Tomat.

Baca juga: Rambut Banyak Rontok? Ini Cara Mengatasi Rambut Rontok

4. Hindari Mencuci Rambut Setiap Hari

Sampo dapat menghilangkan kotoran dan keringat dari rambut, tapi juga dapat menghilangkan minyak rambut. Sebum adalah minyak alami yang membuat rambut lebih mudah dirawat. 

Jika kamu tidak bisa mencuci rambut dengan cara selang-seling, setidaknya gunakan sampo khusus untuk rambut kering atau bahkan coba gunakan shampo bayi. Keduanya dapat membersihkan tanpa mengikis minyak alami kulit kepala.

5. Mandi dengan Air Dingin

Mandi dengan air dingin memiliki beberapa manfaat kesehatan, termasuk untuk rambut. Salah satu manfaat yang dapat rambut rasakan adalah percepatan pertumbuhannya.

Setelah kamu keramas dan mengaplikasikan kondisioner, bilas rambut di bawah suhu air yang lebih dingin selama satu atau dua menit. Gunanya adalah untuk merevitalisasi rambut dan menyegarkan kulit kepala. 

6. Gunakan Minyak Esensial

Minyak argan dan minyak kelapa cukup populer untuk mengatasi rambut kering. Menggunakan beberapa tetes minyak esensial di ujung rambut juga dapat memberikan penampilan yang lebih sempurna dan berkilau. Minyak esensial lainnya, seperti minyak peppermint dan lavender, juga dapat membantu menghentikan kerontokan rambut dan mencegah kerusakan. 

Baca juga: 6 Cara Ampuh Mengatasi Rambut Rontok

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk merawat rambut kering. Jika sudah melakukan cara-cara tersebut tetapi rambut kering tidak kunjung teratasi, maka itulah saatnya kamu perlu membicarakannya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasinya sekarang!

 

Referensi:
Health Line. Diakses pada 2020. Home Remedies for Dry Hair
Medical News Today. Diakses pada 2020. How do I stop my hair from being dry?