22 September 2017

Lakukan 4 Cara Ini untuk Merawat Rambut yang Kering

Lakukan 4 Cara Ini untuk Merawat Rambut yang Kering

Halodoc, Jakarta - Sama seperti kulit, rambut juga memiliki beberapa jenis. Salah satu jenis rambut yang agak sulit diatur adalah rambut dengan jenis kering. Penyebab rambut kering dikarenakan kelembapan rambut yang berkurang. Terdapat dua faktor yang bisa menjadi penyebab rambut kering. Pertama yaitu kulit kepala tidak mampu memproduksi minyak yang cukup sehingga membuat rambut menjadi kering. Kurangnya produksi minyak pada rambut disebabkan karena faktor usia. Semakin bertambah umur, rambut kamu akan memproduksi minyak yang lebih sedikit.

Penyebab lainnya adalah rusaknya kutikula yang merupakan lapisan pelindung rambut. Kutikula rambut bisa rusak karena kamu terlalu sering menata rambut dengan pengering rambut atau catok, mengubah tampilan rambut seperti mengeriting, meluruskan, atau mengecatnya. Bila kutikula sudah rusak, kutikula akan mengelupas dari rambut dan membuat kemampuan kutikula untuk menahan kelembapan rambut terganggu.

Tentunya sebagai wanita, selalu menginginkan rambut yang bagus dan indah. Rambut sehat seperti yang dimiliki oleh para model tentunya bisa kamu dapatkan, jika telaten merawat rambut. Berikut ini ada 4 cara merawat rambut kering yang bisa kamu ikuti untuk menjadikan rambut kering menjadi sehat dan indah.

Pilih Produk Rambut yang Tepat
Cara merawat rambut kering bisa dimulai dengan memilih produk rambut seperti sampo, kondisioner, gel, atau produk rambut lainnya khusus untuk rambut kering. Produk yang dipilih untuk rambut kering sebaiknya yang memiliki kadar pH rendah agar bisa menjaga kelembapan rambut. Produk rambut yang memiliki kandungan minyak bergizi bisa kamu pilih untuk merawat rambut kering, seperti minyak zaitun, minyak avokado, atau minyak argan. Sementara untuk produk kondisioner, kamu bisa memilih produk yang memiliki kandungan seperti sodium PCA, sodium lactate, propylene glycol, glycerin, atau glyceryl stearate.

Cuci Rambut Dua Hari Sekali
Bisa jadi rambut menjadi kering karena kamu keseringan mencuci rambut setiap hari. Sebenarnya kebiasaan kamu mencuci rambut setiap hari bisa menjadikan kelembapan rambutmu berkurang. Bila kamu merasa kondisi rambut masih normal dan tidak terlalu berminyak, maka kamu tidak perlu mencucinya terlalu sering. Harap diingat jangan menggosok-gosok rambut kamu ya, tetapi gosoklah kulit kepala kamu.

Potong Ujung Rambut
Salah satu ciri dari rambut kering yakni memiliki ujung rambut yang rusak, seperti kering atau bercabang. Cara merawat rambut kering bisa juga dengan memotong ujung rambut secara rutin. Metode ini bisa membuat tampilan rambut menjadi lebih sehat. Sebaiknya lakukan hal ini tiap dua hingga tiga bulan sekali di salon. Jangan memaksakan diri untuk memangkas ujung rambut sendiri di rumah. Pemakaian gunting tumpul dan tidak didesain khusus untuk rambut justru bisa memperburuk kondisi rambut kamu.

Biarkan Rambut Bersentuhan dengan Bahan Alami
Cara merawat rambut kering bisa disiasati dengan memakai masker yang kamu buat sendiri. Kamu bisa membuat masker rambut alami di rumah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami berprotein, seperti telur yang dicampur minyak zaitun murni. Kamu bisa mengoleskan masker pada rambut selama 30 menit sebelum mencucinya dengan air hangat. Merawat rambut kering juga bisa dengan mengoleskan setengah sendok teh minyak kelapa pada pertengahan hingga ujung rambut. Kemudian sisir dan diamkan rambut  selama 30 menit sebelum dibilas. Cara merawat rambut kering ini berguna untuk meningkatkan kelembapan pada rambut kering.

Sebenarnya tidak sulit untuk merawat rambut, kuncinya adalah selalu melakukan rutinitas perawatan rambut yang cocok dengan kebutuhan rambutmu. Penting juga untuk mengenali rambut dan masalahnya untuk menentukan jenis perawatan yang tepat. Tak perlu ragu meminta saran dari dokter estetika kapan saja, dimana saja. Rawat juga rambut kamu dengan menggunakan conditioner dan shampo yang bisa dibeli dengan cepat, aman dan nyaman di Halodoc dengan layanan Pharmacy Delivery. Gunakan aplikasi Halodoc untuk bicara langsung dengan dokter. Yuk, download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang.

BACA JUGA: 5 RAHASIA MERAWAT KULIT DARI BERBAGAI NEGARA