02 August 2018

Lakukan 5 Hal Ini Agar Pencernaan Lancar

pencernaan,pencernaan lancar,masalah pencernaan

Halodoc, Jakarta – Susah buang air besar alias sembelit berkaitan erat dengan tidak lancarnya sistem pencernaan. Kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja dan sangat membuat tidak nyaman. Sebab sembelit bisa membuat perut terasa penuh karena “isinya” tidak keluar untuk waktu yang lama.

Seseorang dikatakan mengalami sembelit jika sudah tidak bisa BAB lebih dari tiga hari. Jika hal itu terjadi, artinya ada yang salah dengan sistem pencernaan dan harus segera ditangani. Sebab kondisi tersebut bisa saja memicu terjadinya gangguan lain yang lebih serius. Nah, sebaik-baiknya mengobati, lebih baik lagi mencegah. Kalau kamu berisiko mengalami sembelit, coba lakukan 5 cara ini untuk membuat pencernaan lebih lancar. Apa saja?

Baca juga: 5 Tips untuk Mencegah Sembelit

1. Lebih Banyak Air Putih

 

 

Saat susah buang air besar, jangan buru-buru memutuskan untuk mengonsumsi obat pencahar. Cobalah untuk mengubah gaya hidup terlebih dahulu. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan menambah jumlah asupan air putih. Sebab dehidrasi alias kekurangan asupan cairan pada tubuh bisa menjadi salah satu penyebab utama sembelit.

Saat tubuh mengalami dehidrasi, bisa terjadi penyerapan air pada usus besar, sehingga feses menjadi keras, kering, dan sulit dikeluarkan. Normalnya, orang dewasa dianjurkan untuk mengonsumsi delapan gelas air minum setiap hari.

2. Konsumsi Serat

 

 

Selain air, asupan serat yang cukup juga bisa membantu melancarkan sistem pencernaan. Agar BAB lebih lancar, biasakanlah untuk mengonsumsi serat setidaknya 25 hingga 50 gram dalam satu hari. Kamu bisa mendapatkan asupan serat dengan mengonsumsi roti gandum utuh, buah, dan sayur-sayuran.

Serat berfungsi untuk melunakkan feses sehingga lebih mudah keluar dari tubuh. Selain serat, melancarkan sistem pencernaan juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung bakteri baik alami, seperti yogurt.

3. Aktif Bergerak

 

 

Kurang bergerak dan kurang olahraga ternyata juga bisa menjadi pemicu sembelit. Nah, untuk mengatasinya, cobalah untuk rutin berolahraga setidaknya jogging, lari-lari kecil, atau senam agar pencernaan jadi lebih lancar. Banyak bergerak disebut dapat membantu merangsang usus dan pada kesempatannya, hal itu berguna untuk mengatasi sembelit.

Pilihlah jenis olahraga yang sesuai dan bisa memberi dampak baik bagi kesehatan pencernaan. Tapi ingat, pastikan untuk tidak melakukan olahraga secara berlebihan karena malah bisa menyebabkan terjadinya gangguan kesehatan lain yang lebih berbahaya.

Baca juga: Olahraga Bisa Lancarkan BAB, Kok Bisa?

4. Posisi Duduk saat di Toilet

 

 

Ternyata posisi duduk saat di toilet juga berkaitan dengan kelancaran sistem pencernaan. Agar BAB lebih lancar, dianjurkan untuk duduk dengan mengarahkan tubuh ke depan saat sedang buang air besar. Kemudian, lemaskan bagian lengan dan paha, dan angkat sedikit tumit kaki. Teknik ini membuat tubuh menjadi condong mengikuti gravitasi sehingga feses lebih mudah keluar.

5. Atur Waktu BAB

 

 

Salah satu cara membuat pencernaan lebih lancar adalah dengan mengatur jadwal buang air besar. Bagi sebagian besar orang, pagi hari adalah waktu terbaik untuk buang air besar. Namun tentu hal itu berbeda-beda pada setiap orang. Cara untuk mengatur waktu buang air besar adalah dengan makan teratur pada jam yang sama, sehingga pencernaan akan memiliki ritme yang lebih teratur dan BAB jadi lebih lancar.

Baca juga: Sakit saat Buang Air Kecil, Mungkin 4 Hal Ini Penyebabnya

Jika sembelit yang terjadi berkepanjangan, jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Sebab bisa saja masalah BAB terjadi sebagai gejala penyakit tertentu. Bisa juga menyampaikan masalah pencernaan pada dokter di aplikasi Halodoc. Dapatkan tips mengatasi sembelit dari dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Yuk, segera download di App Store dan Google Play!