12 December 2017

Lakukan Gerakan Peregangan Ini Sehabis Bangun Tidur

Lakukan Gerakan Peregangan Ini Sehabis Bangun Tidur

Halodoc, Jakarta – “Bangun tidur, ku terus…” Kegiatan apa yang biasanya kamu lakukan sehabis bangun tidur? Langsung mandi? Main handphone? Atau malah tidur lagi? Ungkapan "ngumpulin nyawa" juga sering diucapkan oleh banyak orang sebagai jawaban atas pertanyaan tersebut. Kebanyakan orang memang biasanya belum benar-benar mendapatkan kembali kesadaran mereka secara penuh setelah bangun tidur. Hal itu menyebabkan mereka terhuyung-huyung ketika ingin melakukan kegiatan lainnya setelah terbangun. Cara terbaik untuk "mengumpulkan nyawa" sebenarnya adalah dengan melakukan pemanasan. Pemanasan juga dapat menghilangkan sisa rasa kantuk dan badan pegal-pegal, lho. 

Setelah terbangun dari tidur dalam waktu yang cukup lama di malam hari, tubuh dan pikiran kamu membutuhkan waktu untuk dapat sadar sepenuhnya. Selain itu, tidur dengan posisi yang sama dalam waktu yang cukup lama di malam hari, dapat membuat otot di beberapa bagian tubuh menjadi kaku dan tegang saat terbangun. Karena itu, melakukan peregangan setelah bangun tidur sangat penting untuk dilakukan. Selain dapat mengembalikan kesadaran dan melemaskan otot-otot tubuhmu, peregangan juga dapat menghilangkan sisa rasa kantuk dan membuatmu lebih bersemangat di pagi hari.  Tidak perlu lama-lama, luangkan waktu sekitar 10-15 menit untuk melakukan gerakan peregengan berikut:

1. Meregangkan Tangan ke Atas

Mungkin tanpa sadar kamu juga sering melakukan gerakan ini ketika baru bangun tidur. Yaitu mengaitkan jari-jari kedua tangan dan mengangkatnya lurus ke atas kepala dengan telapak tangan menghadap ke atas. Kamu bisa melakukan gerakan ini dengan posisi duduk di atas kasur atau berdiri. Tahan selama 10 detik.

2. Melemaskan Otot Leher dan Bahu

Pernah mengalami sakit leher akibat "salah bantal"? Tertidur dengan posisi kepala yang salah bisa menyebabkan ketegangan pada otot leher, sehingga daerah leher sampai bahu terasa pegal bahkan sakit. Peregangan adalah cara yang paling efektif untuk melemaskan otot-otot leher yang terasa kaku. Kamu bisa menekuk leher menghadap ke bawah, ke samping kiri, ke samping kanan, dan ke atas, lalu buat gerakan memutar. Sedangkan untuk melemaskan otot bahu, putar bahu ke arah belakang, ke arah depan, lalu angkat bahu ke atas dan turunkan kembali. Lakukan setiap gerakan sebanyak tiga kali.

3. Gerakan Spinal Twists

Terkadang daerah punggung, terutama punggung bagian bawah bisa terasa pegal setelah bangun tidur. Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan gerakan spinal twist. Caranya, berbaring lah menyamping ke arah kiri, tekuk lutut kaki kanan ke samping, lalu putar badan ke arah sebaliknya dan tahan selama 30 detik. Ketika melakukan gerakan ini, sebaiknya ulurkan kedua tangan ke arah samping. Setelah itu, lakukan juga gerakan spinal twist ke arah kanan.

4. Meregangkan Paha

Kamu bisa melakukan gerakan peregangan paha ini dengan berbaring di atas kasur. Caranya adalah berbaringkah menghadap ke kiri, lalu tekuk tungkai kaki kanan ke belakang, tahan selama 30 detik sambil merasakan otot pahamu yang meregang. Lalu lakukan lah gerakan yang sama dengan posisi tubuh berbaring menghadap ke kanan.

5. Meregangkan Kaki

Gerakan ini juga bisa dilakukan sambil berbaring di atas kasur. Berbaringlah telentang, lalu angkat satu kaki lurus ke atas, sehingga membentuk sudut 90 derajat. Tahan selama 10 detik, lalu ganti dengan mengangkat kaki yang satunya lagi lurus ke atas.

Biasakan melakukan peregangan sederhana di atas tersebut sebelum kamu mulai melakukan aktivitas lainnya. Jika kamu merasakan nyeri otot pada bagian tubuh tertentu setelah bangun tidur dan tidak kunjung hilang, segera bicarakan kepada dokter.

Kamu kini bisa membicarakan masalah kesehatanmu kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter untuk meminta saran-saran kesehatan melalui Video/Voice Call dan Chat. Kamu juga bisa membeli vitamin atau produk kesehatan yang dibutuhkan tanpa perlu repot-repot keluar rumah. Tinggal order melalui Halodoc dan pesananmu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.