28 December 2017

Langkah Sederhana untuk Atasi Sakit Punggung

Langkah Sederhana untuk Atasi Sakit Punggung

Halodoc, Jakarta – Berdiri terlalu lama apalagi sambil membawa tas  yang terlalu  berat dapat menjadi penyebab sakit di sekitar punggung. Nyeri yang terasa saat sakit punggung tentunya bisa mengacaukan rencana liburan dan akan terasa sangat mengganggu. Rasa sakit pada punggung bisa jadi merupakan tanda tubuh kelelahan. Namun jika disertai gejala lain, bisa jadi sakit punggung merupakan tanda ada masalah dengan tulang belakang kamu.

Namun jika sakit  punggung tiba-tiba terasa di tengah perjalananmu, sebenarnya ada cara mudah yang dapat kamu terapkan untuk meredakannya. Kamu hanya membutuhkan es batu dan salep pereda nyeri. Pengobatan pun dapat dilakukan di tengah waktu beristirahat sebelum menuju ke tempat tujuan selanjutnya. Mau tahu bagaimana caranya?

Langkah awal

Saat nyeri punggung mulai terasa mengganggu, segera ambil secukupnya es batu. Es batu akan digunakan untuk mengompres punggung agar nyeri mereda. Bungkuslah es batu dengan kain bersih atau plastik. Kemudian tempatkan es di bagian punggung yang terasa nyeri.

Sambil mengompres, cobalah untuk melakukan pijatan sederhana di seputar punggung. Jika merasa kesulitan, kamu bisa meminta bantuan dari keluarga atau orang terdekat untuk meletakkan es batu di tempat yang terasa sakit. Diamkan kompres di punggung hingga sekitar 12 menit sambil terus  melakukan pijatan.

Es batu akan bekerja dengan cara memberi sensasi rasa dingin pada kulit. Rasa dingin tersebut nyatanya tidak hanya akan meredakan rasa sakit, tapi bisa mengurangi peradangan di dalam otot dan jaringan sekitarnya. Jika dirasa kurang, kamu bisa terus membiarkan kompres es batu setidaknya hingga meleleh. Namun pastikan untuk mengistirahatkan kulit setiap 20 menit sekali.

Langkah Kedua

Setelah menempelkan kompres es batu, nyeri di punggung juga bisa diredakan dengan mengoleskan salep. Ada beberapa produk salep yang memang dikhususkan untuk meredakan nyeri pada tubuh. Beberapa salep seperti ibuprofen atau acetaminophen sering diandalkan saat nyeri mulai terasa. Hal ini menjadikan jenis salep yang satu ini pantas untuk dibawa dalam kotak obat-obatan yang dibawa saat berlibur.

Pada beberapa rasa pegal, apalagi jika kejang yang terjadi tidak merobek ligamen, dapat diobati melalui pengolesan salep. Namun jika gejala semakin parah dan semakin mengganggu, segera lakukan pemeriksaan secara menyeluruh untuk mendeteksi penyakit sedini mungkin.

Langkah Ketiga

Beberapa gerakan memutar dan rangsangan lembut pada punggung dapat dilakukan untuk menambah kekebalan punggung bagian bawah. Gerakan-gerakan ini nyatanya dapat meringankan dan mencegah kram otot.

Untuk mulai melakukannya, berbaringlah di lantai, di tempat tidur atau di permukaan yang datar. Kemudian letakkan kedua lengan lurus ke bawah, tepat di samping tubuh. Lalu kencangkan otot perut dan tekanlah bagian punggung dengan lembut ke arah lantai. Pertahankan posisi tersebut selama 12 detik dan istirahatkan kembali punggung sebelum memulai gerakan itu lagi.

Langkah keempat

Setelah selesai melakukan seluruh gerakan di atas, kemudian lanjutkan dengan gerakan yang baru. Pada langkah ini, cobalah untuk mengangkat kedua kaki dan tangan ke arah atas. Angkat semua setinggi mungkin dan tahan posisi tersebut dalam beberapa saat. Namun jangan terlalu memaksa dan beristirahatlah jika dirasa perlu.

Yang pasti, agar liburan tetap sehat dan bebas dari nyeri punggung pastikan tidak membawa beban yang terlalu berat pada tubuh. Sediakan pula salep dan obat-obatan lain yang diperlukan. Kamu bisa melengkapi sediaan obat-obatan untuk liburan dengan membeli obat di aplikasi Halodoc.

Selain membeli obat, kamu pun bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Mudah bukan? Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.