27 September 2018

Lebih Dekat dengan 5 Manfaat Teh Rosella

Teh rosella, manfaat Teh Rosella, bunga rosella

Halodoc, Jakarta - Sebelum mengetahui lebih dekat dengan manfaat-manfaat teh rosella dan kandungan yang ada di dalamnya, kamu perlu mengetahui apa itu teh rosella. Teh rosella adalah teh yang terbuat dari bunga rosella. Bunga rosella itu sendiri adalah bunga berwarna merah yang termasuk jenis tanaman perdu yang dapat dijadikan teh herbal yang menyehatkan tubuh.

Bunga rosella yang dijadikan teh memiliki kemampuan menyembuhkan 4 kali lebih besar daripada daun kumis kucing. Teh rosella juga mempunyai antioksidan yang kuat, sehingga baik memelihara kesehatan organ tubuh manusia. Di dalam teh rosella terkandung zat istimewa di antaranya senyawa fenolik, glukosa hibiscin, dan antosianin. Berikut ini adalah manfaat teh rosella untuk kesehatan serta kecantikan tubuh.

1. Sebagai Antioksidan Bagi Tubuh

Senyawa fenolik yang terkandung dalam teh rosella berperan sebagai antioksidan dan sangat baik untuk kesehatan serta kecantikan tubuh. Antioksidan berguna untuk mencegah berbagai penyakit masuk ke dalam tubuh, serta dapat melawan bakteri dan virus yang ada dalam tubuh. Selain itu, antioksidan dapat membantu menjaga tubuh dari penuaan dini dan kerusakan sel-sel tubuh.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Mungkin kamu merasakan kalau akhir-akhir ini semakin banyak penyakit yang muncul dan mengancam kesehatan, terlebih lagi karena faktor perubahan cuaca yang tak menentu. Untuk melindungi diri dari berbagai penyakit, tubuh kita memerlukan peningkatan kekebalan tubuh. Kamu dapat melakukan upaya perlindungan tersebut dengan rajin mengkonsumsi teh rosella, karena teh ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Membantu Proses Diet

Bagi kamu yang sedang menjalani proses diet sehat, meminum teh rosella pada pagi dan malam hari akan sangat membantu. Karena teh rosella mengandung vitamin C tinggi yang dapat membantu tubuh meluruhkan lemak-lemak jahat. Selain itu, mengkonsumsi teh rosella membuat tubuh melakukan metabolisme dengan baik, sehingga makanan yang masuk cepat diolah menjadi energi, bukan lemak. Teh rosella juga dapat menghambat kerja enzim amilase, yaitu enzim yang menyerap banyak karbohidrat, sehingga berat badan bisa naik.

4. Meremajakan Kulit

Ancaman radikal bebas dan sinar UV sangat berbahaya bagi kesehatan kulit dan wajah. Namun jangan khawatir, karena dengan mengkonsumsi teh rosella secara rutin kamu dapat melindungi kulit dan wajah. Teh rosella mengandung protein esensial, asam amino, dan vitamin C yang dapat menjadikan kulit dan wajah kamu lebih sehat dan cerah.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat lainnya dari teh rosella adalah dapat membantu menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit lain, seperti gangguan ginjal dan serangan stroke. Ekstrak kelopak bunga rosella dapat memberikan efek captopril. Captopril adalah obat yang masuk ke dalam kelompok penghambat enzim pengubah angiotensin (ACE inhibitors).

Fungsi utama captopril adalah untuk mengobati hipertensi dan gagal jantung. Maka dari itu, mengonsumsi teh rosella baik untuk pengidap tekanan darah tinggi. Mengkonsumsi teh rosella secara rutin, sekitar kurang lebih 12 hari, dapat menurunkan tekanan darah hingga 11 persen.

Itulah beberapa manfaat teh rosella yang berguna untuk kesehatan serta kecantikan tubuh. Mengkonsumsi teh rosella secara rutin akan memberikan efek yang luar biasa untuk tubuh kamu. Namun perlu diingat, agar tidak mengkonsumsinya secara berlebihan, ya. Karena bagaimana pun segala sesuatu yang berlebihan tidak akan memberikan efek yang baik.

Jika kamu ingin berdiskusi langsung dengan dokter ahlinya mengenai kesehatan serta kecantikan tubuh kamu, kamu bisa ngobrol langsung di Halodoc. Kamu tidak hanya dapat berdiskusi langsung, kamu juga dapat membeli obat dengan layanan Apotek Antar dari Halodoc. Yuk, download aplikasinya segera di App Store atau Google play!

Baca juga: