Liburan Natal, Ini Tips Mengatur Jam Tidur Si Kecil

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
liburan-natal-ini-tips-mengatur-jam-tidur-si-kecil-halodoc

Halodoc, Jakarta – Mengatur waktu tidur Si Kecil saat liburan bisa menjadi gampang-gampang susah.  Padahal, anak tetap membutuhkan waktu istirahat yang cukup agar tetap sehat dan dapat bertumbuh dengan optimal. 

Hari Raya Natal sebentar lagi tiba. Itu berarti Si Kecil akan memasuki liburan sekolah yang panjang. Bagi keluarga yang memutuskan untuk pergi berlibur ke luar negeri, jet lagged atau perbedaan waktu antara negara tujuan dengan waktu di Indonesia bisa memberi pengaruh besar terhadap jam tidur Si Kecil. Sedangkan bagi keluarga yang tidak ke mana-mana selama liburan, kebanyakan orangtua tentu saja tergoda untuk memperpanjang waktu bermain Si Kecil, sehingga hal ini pun bisa membuat waktu tidurnya terganggu. Nah, agar Si Kecil tetap bisa beristirahat dengan baik, perhatikan tips mengatur jam tidur anak saat liburan berikut ini:

Baca juga: Enggak Hanya Menyenangkan, Ini 5 Manfaat Berlibur Bagi Anak

1. Buat Jadwal yang Rutin

Anak-anak berkembang dengan hal-hal yang rutin. Dengan menerapkan rutinitas pada anak, ia akan belajar dan membiasakan diri dengan aktivitas tersebut. Hal ini juga termasuk rutinitas tidur. Cobalah untuk tidak mengubah jam tidur Si Kecil yang sudah dilakukan secara rutin, tidak terkecuali saat liburan.

2. Tidur Siang

Namun, tentunya ada saat-saat di mana orangtua tidak bisa memaksa anak untuk tidur pada jam yang sama seperti biasanya. Misalnya, bila harus melakukan Misa Natal sampai malam atau saat menunggu acara kembang api di Disneyland yang biasanya diadakan cukup malam. Hal ini berarti ibu perlu melanggar rutinitas tidur anak. Ini sangat wajar, namanya juga liburan. Namun, agar waktu tidur anak tetap terpenuhi, ibu bisa mendorong anak untuk tidur sebentar di stroller pada siang harinya, sehingga ia tidak menjadi cranky pada malam harinya karena kelelahan.

3. Pesan Kamar Tidur yang Nyaman

Bagi keluarga yang pergi ke luar kota atau luar negeri saat libur natal nanti, memilih akomodasi dengan tempat tidur yang nyaman sangat penting. Hal ini bisa memudahkan anak untuk tidur pada waktunya selama liburan nanti.

4. Bersiaplah untuk Melakukan “Tarian Zona Waktu”

Khusus bagi keluarga yang pergi berlibur ke luar negeri, perjalanan lintas waktu bisa memengaruhi jam tidur Si Kecil. Bila perbedaan waktunya hanya satu jam, mungkin tidak jadi masalah. Namun, bila lebih dari tiga jam, bersiaplah untuk melakukan “tarian zona waktu”. Hal ini berarti ayah dan ibu perlu mengajak Si Kecil untuk terus beraktivitas agar ia tidak tertidur sebelum waktunya. Ayah dan ibu bisa mengajak Si Kecil bermain, menari, menyanyi, menggambar, dan lain-lain.

Baca juga: Agar Mudik Lancar, Ini 5 Kegiatan Seru Bersama Si Kecil

5. Bawa Barang-barang Kesukaan Si Kecil dari Rumah

Bila ingin pergi berlibur, ibu perlu mengemas barang-barang anak dengan saksama. Jangan lupa untuk membawa barang-barang favorit anak saat tidur, seperti piyama favorit, beberapa buku pengantar tidur, atau boneka kesayangannya. Hal ini juga termasuk bagian dari rutinitas tidur anak. Dengan membawa barang-barang yang biasa ia gunakan saat tidur, Si Kecil pun bisa merasakan suasana yang nyaman, seperti di rumah yang membantu ia untuk cepat tertidur.

Baca juga: Traveling Sehat dengan Si Kecil, Bawa 5 Benda Ini

Nah, itulah tips-tips mengatur jam tidur anak yang bisa ibu praktikkan saat libur natal nanti. Bila ibu ingin tahu lebih lanjut tips-tips seputar mendidik dan mengasuh anak, gunakan saja aplikasi Halodoc. Ibu bisa berdiskusi dengan dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
The Baby Sleep Site. Diakses pada 2019. Vacation With Baby/Toddler: How To Preserve Sleep AND Have Fun!