• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Liburan Natal, Saatnya Pilih Camilan Sehat Ini

Liburan Natal, Saatnya Pilih Camilan Sehat Ini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Liburan natal tidak lengkap rasanya bila tidak ada camilan khas natal yang menemani. Namun, jangan asal makan camilan. Kebanyakan camilan khas natal biasanya mengandung gula yang sangat tinggi yang bisa menaikkan berat badan kamu. Jadi, daripada ngemil yang manis-manis, berikut beberapa pilihan camilan sehat yang bisa memeriahkan momen natal kamu.

1. Healthy Yoghurt

Alih-alih nyamil semangkuk es krim yang tinggi akan lemak dan kalori, pilihlah yogurt yang sudah terbukti sehat dan tidak kalah menyegarkan. Sebagai makanan probiotik, yogurt juga sangat baik untuk kesehatan pencernaan kamu. Cara menyajikannya juga cukup mudah lagi. Tinggal campurkan buah-buahan yang sudah dipotong kecil-kecil, seperti stroberi dan kiwi ke dalam semangkuk yogurt, lalu tambahkan saus stroberi untuk membuatnya lebih manis. Semangkuk healthy yoghurt paling enak dinikmati saat menonton film-film bertema natal bersama keluarga.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Konsumsi Yogurt Bikin Pencernaan Sehat

2. Biskuit Speculoo Vegan

Pilihan camilan sehat khas natal selanjutnya ada biskuit-biskuit speculoos vegan. Berbeda dari biskuit pada umumnya, biskuit speculoos vegan ini menghilangkan bahan-bahan, seperti gula dan minyak olahan, tetapi menggantinya dengan rempah-rempah, misalnya biji rami dan kulit jeruk untuk camilan yang penuh rasa. Biskuit speculoos vegan ini tidak hanya menggemaskan, tetapi juga merupakan pasangan yang sempurna untuk disantap bersama dengan minuman yang hangat dan nyaman.

3. Apple and Peanut Butter Sandwiches

Satu lagi ide kreasi camilan sehat untuk natal, yaitu sandwich apel isi selai kacang! Terbuat dari dua iris apel yang diisi oleh selai kacang, camilan yang satu ini tidak hanya praktis, sehat, tetapi juga enak! Beri nuansa natal pada camilan kamu dengan membolongi bagian tengah apel dengan alat pembentuk biskuit, seperti snowman atau bintang.

4. Watermelon Christmas Trees

Bayangkan betapa cantiknya pohon natal yang terbuat dari semangka! Tidak hanya sehat, mereka juga adalah camilan yang sempurna saat cuaca sedang panas di bulan Desember. Selain semangka, kamu juga dapat membuat pohon natal dari kiwi. 

Baca juga: Kupas Tuntas, Manfaat Buah Semangka Bagi Tubuh

5. Banana Snowmen

Kreasi buah-buahan lainnya untuk camilan sehat saat natal adalah boneka salju yang terbuat dari pisang! Ibu juga bisa sekalian mengajak Si Kecil dalam proses pembuatannya sebagai aktivitas untuk mengisi liburan natal. Cara membuatnya juga sangat mudah kok. Ibu hanya perlu menusukkan 3 irisan buah pisang menjadi satu untuk membuat Snowman, lalu gunakan chocolate chips untuk mata dan kancing bajunya dan tambahkan potongan buah stroberi di atas kepalanya sebagai topi.

6. Cinnamon Apple Chips

Tidak ada camilan yang lebih sederhana, tetapi sehat dari keripik apel dengan bumbu kayu manis. Ya, hanya apel dan kayu manis saja tanpa gula sama sekali, dan hanya perlu waktu 5 menit untuk membuat camilan ini.

7. Gingerbread Rice Krispie 

Biskuit beras yang bebas gluten maupun gula olahan ini juga merupakan camilan sehat yang cocok dimakan saat libur natal. Ditambah lagi, resep gingerbread rice krispie yang kaya akan rasa ini mudah dibuat dan tidak perlu dipanggang. Jadi, ibu bisa mengajak Si Kecil dalam proses pembuatannya.

Baca juga: 6 Camilan Sehat untuk Lembur di Kantor

Nah, itulah beberapa pilihan camilan sehat yang bisa menemani kamu saat liburan natal nanti. Jangan lupa download juga Halodoc yang bisa menjadi teman penolong untuk membantu menjaga kesehatan kamu selama liburan natal. Kamu bisa menghubungi dokter Halodoc untuk minta saran kesehatan melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja.

Referensi:
Good Housekeeping. Diakses pada 2019. 10 Healthy Christmas Treats to Serve This Holiday Season.
Healthy Little Foodies. Diakses pada 2019. 18 HEALTHY CHRISTMAS SNACKS.